Thursday, January 19, 2012

BEBO NORMAN: IWAN FALS-NYA CCM


BEBO NORMAN:
IWAN FALS-NYA CCM
Rasanya gak berlebihan kalo nyebut Bebo Norman sebagai Iwan Fals-nya CCM. Soalnya antara Bebo en Bang Iwan emang ada beberapa kesamaan. Dua-duanya sama-sama punya fans fanatik yang kebanyakan itu orang-orang kelas menengah ke bawah. Dua-duanya juga sama-sama punya fans club fanatik. Kalo Bang Iwan punya OI (Orang Indonesia) buat nama fans club-nya, Bebo punya Simpletons. Dua-duanya juga sama-sama jadi semacam ikon dunia musik. Kalo Bang Iwan jadi ikon musik balada Indonesia, Bebo itu ikon musik pop akustik CCM. Dua-duanya juga jagoan ‘ngomong’ lewat lagu-lagu mereka. Kalo Bang Iwan bicara soal masalah sosial lewat lagu-lagunya, Bebo bicara soal kesepian seorang pria.

Siapa sih sebenarnya Bebo Norman ini? Nama aslinya sih Jeffrey Stephen Norman. Dia lahir di Columbus, Georgia, AS, tanggal 29 Mei 1973. Masa lalu Bebo gak terlalu menarik, cuman emang dari kecil dia ngebet banget jadi dokter, makanya dia masuk kuliah kedokteran di Presbyterian College. Tapi begitu lulus kuliah dia langsung banting setir jadi pemusik, padahal dia itu lulus summa cumma laud (nilai sempurna) loh. Kok gitu sih? Ternyata pas kuliah dia sempat gabung sama Young Life ministry. Gabungnya Bebo sama pelayanan ini mengubah Bebo jadi Bebo yang kita kenal sekarang.  

Di awal karirnya, Bebo cuman pergi keliling dari satu kafe ke kafe lain sambil bawa gitar akustiknya en ‘ngamen’ di sana. Ciri khasnya dari dulu emang musiknya yang pop akustik en lirik lagunya yang puitis banget. Selama beberapa taun Bebo ‘ngamen’ dari satu kafe ke kafe lain sampe akhirnya di akhir taun 90an dia ikutan tur group band rohani Caedmon's Call. Nah sejak saat itu nama Bebo terkenal sampe sekarang. 

Ada satu hal yang menarik dari Bebo. Kalo artis lain dikenal lewat lagu ato musiknya ato gaya panggungnya, Bebo itu dikenal sebagai ‘musisi bujangan abadi’. Soalnya selama bertaun-taun dia emang gak pernah punya teman cewek spesial. Lagu-lagunya juga ngomongin tentang kesepian, orang yang sendirian. Makanya waktu akhirnya Bebo menikah sama Roshare Finecey, fans-nya pada protes, soalnya gambaran mereka tentang ‘musisi bujangan abadi’ ancur deh. Tapi anyway, Bebo sendiri juga bilang kalo dia gak mo selamanya melajang en dia juga pengen menikah suatu saat nanti.

Nah buat GF!ers yang penasaran kaya gimana sih lagu-lagunya ‘Iwan Fals-nya CCM’, ‘musisi bujangan abadi’ (yang sekarang udah gak bujangan lagi) ini bisa langsung ke toko kaset terdekat en beli kaset en CD-nya. (dp) 
   
Penghargaan
Dove Award untuk lagu "Holy Is Your Name" (2003)

Discography
The Fabric of Verse (1996)
Ten Thousand Days (1999)
Big Blue Sky (2001)
Myself When I Am Real (2002)
Try (2004)
Between the Dreaming and the Coming True (2006)
Great Light of the World: The Best of Bebo Norman (2007)
Christmas... From The Realms Of Glory (2007)

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com