Tuesday, July 13, 2010

Wawan Yap

Hidup masa kecilnya yang keras bikin dia mandiri, ia mengaku sangat mengagumi Mamanya yang membuat keluarga besar mereka bisa bertahan hidup. Wawan Yap kini banyak sibuk memproduseri temen-temennya bikin album selain menyanyi solo, bersama U|X dan pelayanan keliling Indonesia (dan luar negeri). Hmmm.. yuk kita ngobrol bareng!

Wan, kegiatannya sekarang ngapain aja?
Produksi album, MC di Jakarta, pelayanan, lagi banyak project buat U|X ataupun temen yang lain.

Denger-denger baru pulang dari Aussie yach?
Yup. Habis dari Aussie, diundang pelayanan di Brisbane ama Melbourne. Kalo di Brisbane diundang untuk isi acara ulang tahun gereja, di Melbourne bikin concert. 2 minggu kurang. Nggak puas sih ya, soalnya biasanya ke Sidney tapi ini nggak. Soalnya jadwalnya padat banget!

Kebanyakan sekarang manggungnya di daerah yah?
Iya. Kebanyakan di Jakarta, di daerah ama sempet keluar negeri juga. Di Bandung sendiri jarang banget.

Enak mana di dalam atau di luar negeri?
Ehm... masing-masing punya pengalaman yang menarik ya. Kalo diluar bisa sambil maen. Kalo secara spiritual, kita lebih banyak belajar di daerah. Artinya kita lebih menghargai hidup dan lebih banyak belajar banyak hal kalo pelayanan di pedalaman.

Ceritain album terbaru kamu donk!
Forever Worship. Live. Kebetulan Joseph S. Djafar udah gabung ama produser U|X jadi yang ngerjainnya dia, Hans ama anak-anak UX. Yang lama itu bikin lagunya. Album soloku ama album U|X next itu kita belajar untuk menghasilkan karya sendiri. Mudah-mudahan lebih diterima oleh masyarakat. Kalo albumku lebih ke praise en worship, kalo UX ada performe panggungnya.

Tertarik nggak jadi artis yang nggak cuman artis rohani aja?
Doakan aja. Ada beberapa tawaran tapi masih digodok soalnya nggak gampang kan nembus pasar sekuler. Kita juga sering ngobrolin soal ini. Pengen lebih maju supaya lebih dikenal sehingga apa yang kita omongin itu didenger orang. Jadi garam di market place. Anak-anak Tuhan harus hebat karena Tuhannya juga hebat. Artinya kalo kita nobody, waktu kita bicara, nggak ada yang denger. Tapi kalo orang dikenal, kasih sesuatu yang positif pasti impactnya lebih gede.

Musisi favorit?
Banyak banget. Harvey Malaiholo, Uthe, Sidney Mohede, Oom Ade Manuhutu, Bang Welyar, banyaklah saya belajar.

Hero dalam hidup kamu selain Tuhan siapa sih?
Mama saya dan kakak pertama saya. Beliau teguh banget. Soalnya saya keluarga besar, istilahnya kalo beliau nggak ada, saya juga nggak ada.

Nasehat terbaik apa yang pernah kamu kasih ke orang lain?
Karena dulu saya minderan, makanya sekarang saya suka ngedorong orang lain terutama anak-anak U|X buat nggak minder. Saya sering dukung ke temen-temen supaya bisa lebih maju. Soalnya saya juga jadi seperti ini juga karena disupport.

Hobi kamu selain nyanyi?
Baca buku, terakhir baca bukunya Phillip Yansen, Mencari Tuhan Yang Tidak Terlihat. Walaupun berat tapi saya suka baca buku-bukunya dia. Banyak pertanyaan-pertanyaan saya dari kecil tentang kekristenan, dijawab di buku-bukunya dia. Apalagi sekarang-sekarang ini kalo lagi manggung, banyak juga yang minta kita untuk sharing. Selain baca saya senang travelling. Dan makan!

Harapan di tahun 2007
Saya pengen lebih maksimal lagi. Pengen impactnya lebih luas.


INTEROGASI KRU
Abis nimbrung difoto bareng, kali ini kru GF! ngeberondong Wawan dengan pertanyaan-pertanyaan anehnya.

Andriet: kenapa masih jomblo?
Nggak juga (sambil tersenyum simpul pramuka). Ada temen, tapi masih belum serius, lagi fokus ke pekerjaan dan pelayanan. Doakanlah ya. Saya kan masih muda hahaha... targetnya mungkin umur 35 tahun. Tipe cewek idamanku standar aja. Yang pasti orangnya bisa diajak kerjasama dan baik. Bisa saling bantulah.

Esther: Inisialnya N bukan?
N siapa ya? Haha... bukan... bukan... (N maksudnya No name, hehe, -red)

Betty: Punya pengalaman memalukan nggak? Ceritain donk!
Wah banyak yach. Ehm... lupa lagu udah sering. Trus pernah waktu itu lagi pelayanan di Malang pas saya lagi diare. Saya buru-buru ke kamar mandi. Saya pikir pasti ada air dan tissue. Eh ternyata setelah saya selesai (sori...) buang hajat, saya baru nyadar kalo nggak ada air dan tissue. Akhirnya saya keluar sebentar dan ambil air dari wastafel yang ada di sebelah kamar mandi. Memalukan sekali... (Oh my God!)

Ninik: kalo kamu bisa jadi benda, kamu mau jadi apa?
Wawan: wah susah yach... tapi yang pasti pengen jadi benda yang berguna. Pisau kali ya. Tapi pisau juga bisa jadi positif dan negatif. Tapi saya berharap nggak jadi benda, jadi manusia aja, haha...

Valen: lebih suka nyanyi atau difoto kayak tadi?
Wawan: Wah, lebih suka nyanyi dong! Kalo difoto harus ekspresi dan capek harus senyum terus. Nyanyi lebih simple dan hobi juga sih ya... hehe.

Fery: Cari 3 kata yang menggambarkan Wawan!
simple, suka yang serba cepet, easy going, pendiam (itu sih empat!, -red)

2 comments:

  1. saya ngefans bgt ma wawan....byk diberkati melalui kehidupannya...humble n easy going....sayangnya waktu di undang grejaku....byk yg minta foto...tp ak ga berani uhuk...cm liat dr kejauhan...welll be bless u always keep on fire...GBu full

    ReplyDelete
  2. halo kakakku wawan yap aku adiknya michael jonathan gratia ( jojo ) sekarang lagi apa kakakku wawan yap kesayanganku oh ya thanks banget kebakalan di kasih CD dari jojo ya kan
    kemungkinan tadi gue telephon sama caroline tan ya
    kecuali jangan marah padaku ok GOD BLESS YOU ALL

    TO :WAWAN YAP (KAKAKKU)

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com