Sunday, July 4, 2010

GNOSTIK

THE DA VINCI CODE
VCD dan DVD film The Da Vinci Code udah rilis. Film yang diangkat dari novel fiksi sejarah berjudul sama karangan Dan Brown ini dibintangi oleh Tom Hanks, Audrey Tautou, Jean Reno dan Ian McKellen. Disutradarai Ron Howard, film yang rencananya mengambil lokasi syuting di gereja katolik Westminster Abbey (lokasi asli novelnya) akhirnya dipindah ke Lincoln Chatedral gara-gara banyaknya protes menolak novel ini difilmkan.

Tentu saja banyak yang protes, bukunya aja udah mengundang kontoversi yang berkepanjangan, karena Dan Brown mengklaim kalo isi bukunya berdasarkan bukti-bukti otentik dan catatan sejarah keagamaan yang real tentang sejarah kekristenan sesungguhnya sampai rahasia tentang keturunan Yesus dari Maria Magdalena.

[SPOILER ALERT!] Cerita bermula dari seorang kurator museum Louvre di Prancis bernama Jacques Sauniere yang ditembak oleh seseorang yang berkata, “...saat kamu mati, itu berarti cuman aku yang tau kebenarannya!”. Sauniere tersentak, lantaran ‘kebenaran’ itu akan lenyap bersamanya tanpa ada pewaris. Di ambang ajalnya ia menemukan sebuah cara untuk mewariskan ‘kebenaran’ itu, ia membuat sebuah petunjuk, sebuah kode, yang harus dipecahkan untuk menguak kebenaran.

Misteri kode itu membuat Robert Langdon, seorang profesor jebolan Harvard, harus bisa memecahkannya bersama Sophie Neveu, cucu Sauniere, tujuan awalnya agar pembunuhnya tertangkap. Tapi ternyata kode itu menuntun mereka kepada hal yang lebih besar, sebuah konspirasi yang disimpan selama 2000 tahun.

Ini dia ‘kebenaran’ versi film/novel itu: Yesus adalah seorang nabi yang mengajarkan kasih dan Tuhan kepada manusia. Yesus menikah dengan Maria Magdalena dan mempunyai anak perempuan. Sebuah kelompok Biarawan Sion (The Priory of Sion) berusaha melindungi Maria dan keturunannya setelah Yesus mati dibunuh. Mereka merahasiakan makam Maria dan garis keturunan Yesus. Termasuk anggotan The Priory of Sion adalah Leonardo Da Vinci, Isaac Newton dan Victor Hugo. Dalam Lukisan The Last Supper, Da Vinci menyembunyikan kode-kode rahasia kebenaran itu, termasuk dalam injil-injil Gnostik kayak injil Maria Magdalena, Thomas dan Filipus.

Beratus tahun kemudian, Kaisar Konstantin hendak mempersatukan manusia dengan satu agama, ia dalam sebuah konsili di Nicea merumuskan sebuah agama baru: Kekristenan. Ia merubah isi kitab Perjanjian Baru (Injil) dengan mengubah cerita tentang Yesus. Ia mengangkat Yesus sebagai Tuhan, bahwa Yesus tak pernah menikah, nggak punya keturunan, bangkit di hari ketiga setelah disalib lalu terangkat ke surga. Semua itu demi kepentingan politik dan uang. Agama inilah yang katanya lalu berkembang ke seluruh dunia sampai sekarang. Sebuah kelompok bernama Opus Dei dari Katolik berusaha agar kebenaran itu nggak terungkap, mereka memburu para Biarawan Sion dan membunuh mata rantai terakhir: Sauniere.

THE GNOSTIC CODE
Novel dan film The Da Vinci Code menyebut-sebut soal injil gnostik yang jadi latar belakang ceritanya, kayak injil Maria Magdalena atau injil Filipus. Sebenernya GF!ers tau nggak apa sih gnostik itu?

History
Nah, buat GF!ers yang belon tau (en mo tau), gnostik itu asalnya dari bahasa Yunani yang artinya mencari kebenaran melalui pengalaman pribadi. Pertama kali istilah gnostik dipake buat nyebut sekelompok orang di abad pertama yang ngakunya orang Kristen, percaya Yesus tapi berusaha mencari keselamatan dengan cara ‘mencerahkan’ diri sendiri.

Ajaran
Ajaran gnostik itu ajaran Kristen yang dicampur adukkin sama cerita mitologi, ajaran rabi-rabi Persia, Siria, Mesir en Negara-negara Asia timur laen. Hasilnya? Sebuah ajaran baru yang campur aduk en nggak jelas. For your info, udah bisa dipastiin 100% kalo ajaran gnostik itu nggak sesuai dengan Alkitab.
Biarpun ajaran gnostik itu campur aduk en nggak jelas, tapi banyak loh orang terkenal yang tertarik buat belajar gnostik. Sebut aja Carl Jung (psikolog), William Blake (sastrawan), Eric Voegelin, en masih banyak lagi.

Nag Hammadi
Kayaknya kalo ngomongin ajaran gnostik nggak akan lengkap deh kalo nggak nyebut Nag Hammadi. Nag Hammadi itu nama perpustakaan kuno Mesir yang udah ketutupan pasir selama berabad-abad. Waktu berhasil ditemukan taun 1945, di dalamnya ditemukan 13 codex (gulungan kitab yang diiket jadi satu) yang berisi 55 teks yang berbeda. Semua naskah yang ditemukan di Nag Hammadi itu asalnya dari masa awal kekristenan. Semua teks yang ditemukan di Nag Hammadi itu isinya ajaran gnostik. Teks gnostik yang ditemukan di Nag Hammadi itu kita kenal sekarang sebagai Injil Tomas, Injil Yudas, Injil Maria Magdalena.

Roh dan Jasmani
Kaum gnostik memisahkan antara roh dengan jasmani: roh baik dan jasmani jahat. Manusia adalah jahat, ia akan diselamatkan kalo dia mencapai tingkat pengertian tertentu, suatu bisikan roh dan harus keluar dari jasmaninya yang jahat. Dalam injil Maria Magdalena, Maria adalah termasuk manusia yang mendapatkan pencerahan atau bisikan roh.

Tuhan
Kata kaum gnostik, Tuhan itu makhluk supranatural yang nggak jelas bentuknya en nggak jelas namanya, seperti dewa-dewa. Nah makhluk supranatural ini sama kaum gnostik dikasih nama Aeon. Yang lucunya Aeon itu katanya selalu berpasangan, cowok-cewek. Ada 3 aeon utama Ennoia (pikiran), Charis (kasih), en Sige (kesunyian). Dari 3 Aeon ini lahir lagi Aeon laen: Caen (kekuatan), en Akhana (kebenaran, cinta).

Dalam Alkitab, Kejadian 1 cuma satu contoh kecil di Alkitab yang nyebutin bahwa ada pribadi yang namanya Allah. Kalo GF!ers baca Alkitab dari Kejadian sampe Wahyu, dijamin GF!ers bakal nemuin banyak kata Allah ato Tuhan. Bukan Aeon. Bukan makhluk supanatural yang ngga jelas nama en bentuknya. “Pada mulanya Allah…dan Roh Allah... Berfirmanlah Allah…Allah melihat …Dan Allah …” Kejadian 1: 1-5

Yesus dan Yudas
Menurut kaum gnostik, Yesus itu salah satu Aeon yang terperangkap dalam tubuh manusia yang jahat, tugasnya membantu manusia mencapai tingkat pengertian yang dibutuhkan manusia supaya bisa selamat. Jadi Yesus sama sekali bukan Tuhan. Dia nggak lebih dari sekedar ‘pembantu’ manusia supaya selamat. Makanya dalam injil Yudas, Yesus minta tolong Yudas untuk ‘melepaskan’ Yesus dari tubuh manusia dengan cara Yudas harus mengkhianati Yesus agar Yesus mati disalib dan bebas dari jasmaninya yang jahat. Yudas lalu jadi pahlawan.

Apa kata Alkitab? Alkitab dengan jelas ngasih tau kita kalo Yesus itu bukan Aeon, tapi Dia itu Tuhan. TugasNya juga bukan sekedar jadi ‘pembantu’ manusia supaya bisa selamat, tapi Dia sendiri jalan menuju keselamatan manusia. Sementara Yudas adalah muridNya yang mengkhianati Dia, bukan pahlawan. “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” (Yohanes 1:1) “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup “ (Yohanes 14:6).

Bumi
Kata kaum gnostik, bumi yang kita tempatin sekarang ini tercipta karena ada kekuatan jahat yang disebut Demiurge (atou iblis) yang nggak sengaja tercipta oleh salah satu Aeon. Si Demiurge ini terus nyiptain dunia manusia tempat kita tinggal sekarang. Kejadian ini disinggung juga dalam injil Yudas. Alam semesta juga tercipta begitu saja. Yang pasti kata mereka, ada satu tuhan yang ngga dikenal namanya yang nyiptain alam semesta ini.

Kayaknya ngga perlu dijelasin lagi juga, GF!ers pasti udah nyadar kalo bumi yang kita tempatin sekarang ini diciptain oleh Tuhan bukan oleh iblis, ato Demiurge. “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” (Kejadian 1:1). “Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” (Yohanes 1:3) (DP!)

3 comments:

  1. Dalam rangka memuculkan penulis-penulis Kristen kreatif, akan diselenggarakan festival penulis dan pembaca kristiani. Salah satu pre-event adalah lomba menulis cerpen dan novelet berdasar Alkitab. Anda mungkin berminat untuk ikut?
    Info lengkap dapat Anda klik di Lomba Menulis Cerpen dan Novelet Berdasar Alkitab

    ReplyDelete
  2. Thanks udah kasih masukan untukku
    Tuhan berkati

    ReplyDelete
  3. It sounds like you will be producing issues yourself by looking for to solve this problem rather than looking at why their is really a trouble from the 1st place. thanks !!! incredibly incredibly helpful post!

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com