Friday, July 16, 2010

Orang PL Masuk Neraka?

TANYA

Jaman Perjanjian Lama, kemanakah perginya orang-orang secara umum yang meninggal saat itu? Apakah masuk neraka? Soalnya kan belum ada penebusan darah Yesus.

JAWAB

Setiap tubuh orang yang meninggal dunia di jaman manapun tubuhnya menyatu dengan tanah. Tapi roh orang-orang yang nggak beriman kepada YAHWEH (TUHAN) dalam Perjanjian Lama pada saat meninggal dunia nggak langsung ke Neraka tetapi ke ke tempat bernama Sheol. Sheol merupakan tempat sementara untuk kemudian mereka yang tinggal di sana akan dibangkitkan buat dihakimi masuk Neraka (disebut lautan api, baca Wahyu 20:12-15). Sedangkan orang-orang yang beriman kepada YAHWEH dalam Perjanjian Lama saat meninggal rohnya berada pada satu tempat penantian yang disebut Firdaus, yang kemudian akan dibangkitkan untuk masuk ke sorga (kota yang kudus, baca Wahyu 21:10-26).

Seseorang masuk kerajaan surga hanya oleh karena iman (Efesus 2 :8). Setiap orang yang beriman kepada TUHAN dalam Perjanjian Lama pasti memberikan persembahan melalui penyembelihan domba kepada YAHWEH.

Masuk kerajaan surga atau diselamatkan hanya bisa terjadi oleh karena iman kepada Mesias atau kepada pengorbanan Yesus Kristus. Nah, orang-orang beriman di dalam Perjanjian Lama, beriman ke depan, seperti Daud melihat ke depan pada kematian dan kebangkitan Kristus (Kisah 2:31-32). Sementara orang beriman di masa Perjanjian Baru dan sesudah penebusan Kristus beriman ke belakang kepada pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib di masa lalu (kematian dan kebangkitan-Nya, baca 1 Korintus 15:3-4). Iman kepada TUHAN di PB dan sesudah penebusan Kristus dibuktikan dengan menerima Yesus secara pribadi (Yoh 1:12; Rm. 10:9-10). Jadi keselamatan orang-orang di dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru hanya ada di dalam Yesus Kristus (Yes. 43:3; Yoh. 14:6; 1Yoh. 5:11-13; Yoh. 10:28). (hits)

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com