Friday, July 2, 2010

BELUM PUNYA PACAR?

NGGAK MASALAH TUH!

Hiks... Hiks... Temen-temen se-genk ampir semuanya udah punya gandengan. Gue? Orang yang ditaksir juga belom muncul! Duh.. gimana dong? Masa aku mau ngejomblo terus, malu dong ama temen-temen.

Memang sih bukan perkara yang mudah buat remaja kayak kita-kita ini kalo belom punya pacar (apalagi kalo belom pernah punya sama sekali). Itu gara-gara kita suka nempatin kepercayaan diri kita pada status belom atau udah punya pacar. Makanya ada temen-temen kita sampe harus kehilangan harga diri, kehormatan en kekudusannya cuman gara-gara nggak mau kehilangan pacarnya atau buat ngedapetin pacar. Wah.. bisa-bisa masa depan kita jadi suram kalo gitu!

Kehidupan kita memang penuh dengan keinginan buat nyoba hal-hal yang baru, termasuk berpacaran. Tapi itu bukan berarti kita bisa seenaknya kan? Apalagi soal pacaran, kalo sampe salah pilih, bisa-bisa kita harus menanggung akibat yang buruk. Misalnya:

1. Pergaulannya jadi nggak bener
Ada banyak kita-kita asal-asalan dalam milih pacar, bukannya jadi makin baik, tapi justru sebaliknya malah makin buruk. Ada yang mulai suka berbohong, ngelawan sama ortu, suka pulang larut malam, bila dinasehati suka nyepelein ortu en lebih mengikuti kemauan sang pacar, dan sebagainya.

2. Prestasi sekolahnya menurun
Ada juga dari kita abis punya pacar jadi lupa belajar, lalu menurun prestasinya di sekolah. Nilai-nilai raport mulai banyak yang jeblok. Banyak waktu, pikiran dan juga tenaga yang terbuang hanya gara-gara mikirin sang pacar. Padahal seharusnya dapat digunakan untuk belajar untuk meningkatkan prestasi di sekolah.

3. Kemerosotan moral
Ada banyak dari remaja kayak kita yang mulai kebablasan dalam menjalin hubungan berpacaran, yang akhirnya tanpa disadari menjebak kita pada pola berpacaran yang nggak sehat, misalnya ada yang udah berani tidur bersama, ngelakuin freesex, ada yang sudah hamil dan menggugurkan kandungannya, ada juga yang udah mulai kecanduan pornografi. Kesemuanya itu menunjukkan adanya kemerosotan moral dalam diri remaja.

Memang sih, berpacaran bisa juga berpengaruh baik, tapi mengingat banyak juga hal negatif yang bisa terjadi dalam diri remaja ketika berpacaran kayak yang disebutin diatas, maka kita musti hati-hati. Kalo sampe saat ini belum juga punya pacar? So what gitu lho! Nggak masyalah kan? Nggak usah takut, jangan malu, minder, or ngerasa aneh. Justru sebaliknya ada banyak hal positif yang tetap dapat kita lakukan buat jadi remaja yang lebih baik. Apa aja tuh?

1. Jadikan kesempatan buat lebih berkembang.
Kalo kita nggak cuma berorientasi pada punya pacar or nggak, kesempatan buat kita berkembang terbuka sangat luas kan, misalnya dengan ngembangin hobi, olah raga, maupun skill-skill yang lainnya. kita bisa ningkatin prestasi sekolah kita, aktif dalam organisasi siswa yang bisa memberi pengalaman untuk melakukan hal-hal yang positif, dan sebagainya. Dengan belum memiliki pacar, kamu juga masih dapat bergaul yang seluas-luasnya, karena dengan bergaul yang seluas-luasnya, kalian dapat mengenal berbagai tipe orang.

2. Terhindarnya dari godaan seksual.
Kalo kita belom punya pacar, maka godaan seksual juga bisa diminimisasi kan? Soalnya biasanya kalo kita udah gandengan apalagi Cuma berduaan... wah iblis bisa masuk diantaranya. Apalagi sekarang budayanya udah bikin apa-apa yang tadinya tabu jadi biasa. Gandengan tangan udah biasa, pelukan udah biasa, ciuman udah biasa... akhirnya nyemplung deh.

3. Meningkatnya pemahaman terhadap lawan jenis.
Dengan nggak terburu-buru pacaran, berarti kita punya kesempatan yang lebih untuk mengenal teman, terutama teman yang lawan jenis. Hal ini lebih memungkinkan untuk terhindarnya remaja dari kesalahan dalam memilih pacar.

So, ngapain mesti malu kalo belom punya pacar? Yakinlah bahwa kondisi ini jauh lebih baik daripada sekedar memaksakan diri untuk berpacaran, demi sebuah status, atau demi mengikuti trendnya teman-teman. (FPK)

8 comments:

  1. arikelnya bagus bgt.....GBU all

    ReplyDelete
  2. Artikel yg memberkati bgt' thx, G.B.U

    ReplyDelete
  3. Thats Right!!

    aku punya pengalaman. aku pengen share. mungkin dulu aku menjadi orang yang seperti itu waktu umurku 18 tahun, aku selalu minder karena cuman aku sendiri yang ga pernah punya cowok. kalo lagi jaln bareng teman2, aku yang ga punya gandengannya ;).
    Aku kadang bertanya Tuhan apa aku gak cantik seperti teman2ku ? Apa aku belum cukup umur ?
    Tapi Tuhan punya alasan lain buat aku. Aku ingin dibuat-Nya mengerti tentang setiap rencana-Nya dalam hidupku. "Love is waiting " dan saat menunggu Tuhan ingin kita belajar lebih setiap dan percaya pada-Nya. Kapan waktunya coz Tuhan ingin semua yang kita lakukan membawa kemuliaan untuknya termasuk saat kita menjalani hubungan dengan sesorang/ pasangan kita.

    "Aku menunggu seorang pangeran yang Tuhan kirim untukku, aku tak tahu di mana dia berada tapi suatu saat Tuhan akan mempertemukannya" dan akumembuat komitmen untuk Tuhan saat aku bertemu dengan dia.

    Oh, dan pada waktunya Tuhan menjawab doaku, dan sangat berterima kasih untuk setiap kebaikan Tuhan
    ( Pengkotbah 3 :11 )Tuhan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya.
    Aku tak menyangka kalau Tuhan menyediakan yang terbaik untuk anak-anak-Nya. Amen


    So ga usa takut kalo belum punya pacar coz Tuhan sedang mempersiapkan seseorang buat kita.

    ada 2 lagu yang sangat memberkati kalian :

    "Love is waiting"

    In the autumn on the ground,
    between the traffic and the ordinary sounds
    I am thinking signs and seasons while a north wind blows through
    I watch as lovers pass me by
    Walking stories - whos and hows and whys
    Musing lazily on love
    Pondering you
    I'll give it time, give it space and be still for a spell
    When it's time to walk that way we wanna walk it well

    [CHORUS:]
    I'll be waiting for you baby
    I'll be holding back the darkest night
    Love is waiting til we're ready, til it's right
    Love is waiting

    It's my caution not the cold
    there's no other hand that i would rather hold
    the climate changes, I'm singing for the strangers about you
    don't keep time, slow the pace
    Honey hold on if you can
    the bets are getting surer now that you're my man

    [CHORUS]

    [BRIDGE:]
    I could write a million songs about the way you say my name
    I could live a lifetime with you and then do it all again
    and like I can't force the sun to rise or hasten summer's start,
    neither should I rush my way into your heart

    By : Brooke Fraser

    "Average Girl"

    So what I'm not your average girl
    I don't meet the standards of this world
    Chasing after boys is not my thing
    See I'm waiting for a wedding ring

    No more dating
    I'm just waiting
    Like sleeping beauty
    My prince will come for me
    No more dating I'm just waiting
    'Cause God is writing my love story

    Boys are bad that's certainly not true
    'Cause God's preparing one for you
    If you get tired waiting till he comes
    Gods arms are the perfect place to run

    Sleep that's the only thing
    For me 'cause when I sleep Gods
    Preparing one for me


    Semoga bisa memberkati kalian.
    Jesus Loves You



    Delvalina

    ReplyDelete
  4. keren...

    artikenya sangat membangun...

    ReplyDelete
  5. Telat nih bacanya..
    Tapi, artikelnya baguss bgtt..
    Pass buat ank" muda jaman sekarang nih.

    Oya, Delvalina jg kesaksiannya oke tuh..
    Bs ngebangun ank" muda yg mungkin ga pede gittuu klo ga pny gandengan.. ^^

    ReplyDelete
  6. bener bgd,,,heee..mg ga masalah kq klo ga pny pcr ^^
    bktina hdpq asik2 j,,malah menyenangkan (hehe),,walaupun jengkel jg klo tmn2 dah ngeledek klo ga pny pcr huff...pdhl ga mslh klo mpe skg ga pny pcr,,toh yg ngejalanin hdp tanpa pcr kan diri kita sendiri bkn mereka...
    so yg blm pny pcr ttp semangat,,toh TUHAN dah nyediain pasangan yg sepandan n terbaik buat qt,,mgkn klo mpe saat ne qt blm dpt "pacar" mgkn TUHAN sangat sangat sm qt,,spy qt ga terjebak dalam dosa sexual..jd jgn malu klo ga pny pcr aplg maksain bwt dp pcr (hhuihh serem tuh ^^)...

    bwt yg jomblo.....
    SEMANGAT,,,,SEMANGAT,,,,SEMANGAT!!!!! ^o^

    ReplyDelete
  7. This can be one of the most powerful post I ever encountered in a long time, I'm talking about this section of your article "... banyak juga hal negatif yang bisa terjadi dalam diri remaja ketika berpacaran kayak yang disebutin diatas, ..." it gets me to look more knowledgable after understanding it.

    ReplyDelete
  8. ini pas banget sama apa yg aku alami. bedanya sampai sekarang aku belum pernah pacaran (usiaku udah 21 tahun). apa yg membuatku sampai saat ini bisa bertahan? jawabanya komitmen. komitmen pada ortu (ortuku ingin aku pacaran setelah lulus kuliah, supaya lebih konsen ke studi dan pelayanan), dan komitmenku ke Tuhan. merasa kesepian?pernah, tapi itu bukan alasan utk buru-buru punya pacar, aku kan punya keluarga yg care n teman2 yg mengasihiku (tpi bukan berarti aku menyalahkan teman2 yg sudah pacaran). masing-masing pribadi tahu apa yg terbaik baginya, dan jangan lupa untuk setiap keputusan tanya apa itu betul-betul kehendak Tuhan.

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com