Wednesday, March 3, 2010

Mengatasi Rasa Kecewa

Banyak orang pasti pernah mengalami yang namanya kecewa. kecewa itu bisa bikin kita BeTe abis seharian tuh. Tapi... kalo kecewa ini mulai dipendem wah gawat! Jangan sampe deh! Ini bikin hati kita jadi pahit dan malah bisa bikin jadi penyakit. Mesti cepet-cepet diberesin. Berikut ini beberapa point yang bisa kita lakuin

1. Curhat

Curhat deh sama temen-temen yang bisa kamu percayain, setidaknya ada yang menghibur, kasih pendapat atau masukkan sama kamu. Memang nggak gampang juga buat cari temen-temen yang bisa dipercaya, tapi kamu bisa selalu curhat sama Tuhan. Bicaralah, Dia pasti mendengar.

2. Belajar Memaafkan, Melupakan dan Tetap Mengasihi

Mengampuni itu obat yang paling manjur buat penyakit kecewa ini. Tapi nggak cukup itu, lupakanlah apa yang udah terjadi. Biarkan itu jadi masa lalu. Kita nggak bisa mengubah masa lalu bukan? Tetap kasihi dan doakan orang yang sudah membuat kita kecewa. Itu tandanya hati kita udah beres, dan nggak menyimpan kecewa itu.

3. Bereskan

Kalo memang masalah itu perlu dibereskan dengan orang yang bersangkutan, ya bereskanlah. Bicarakan dan jelaskan secara baik-baik permasalahannya. Waktu berbicara, jangan pake emosi.

4. Sadar bahwa Manusia Masih Bisa buat Salah

Sebenarnya kita sedang sama-sama belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Karena manusia nggak sempurna, tapi sedang menuju ke kesempurnaan itu. Bukankah kita juga masih bisa ngecewain orang?

5. Positif Thinking

Mungkin mereka juga nggak bermaksud untuk mengecewakan kita. Mungkin Tuhan ijinkan untuk memproses kita supaya menjadi bertambah baik lagi. Bukankah besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya.

6. Terima Apa Adanya

Supaya kita nggak mudah kecewa, terimalah orang itu apa adanya. Memang kita nggak bisa mengubah orang, cuma Tuhan yang sanggup. Apa kekurangan orang itu mestinya diperlengkapi dengan kelebihan kita. Tapi... kalo orang itu salah ya jangan sungkan untuk menegegur. Itu tandanya kita sayang sama dia dan nggak mau orang tersebut jadi tambah ngaco.

7. Fokus pada orang lain

Fokus pada diri sendiri membuat kita mudah kecewa, karena kita akan selalu merasa diperlakukan tidak adil. Coba alihkan pikiran kita pada orang lain dengan cara bagaimana membahagiakan orang lain sekalipun mungkin kita tidak mendapat balasan kebaikan dari orang tersebut. (dari majalah GFresh!)

14 comments:

  1. Thanks, i got this link, when i need it! Gbu. . .

    ReplyDelete
  2. the best way...cara mengatsi rasa kecewa kita so that kita takkan salahkan orang lain and Tuhan..

    have a blessed day..

    ReplyDelete
  3. Tips yg bagus.. Point yg kedua itu perlu bgt, tp kdg juga susah dilakukan..
    Keep the good works..

    ReplyDelete
  4. mang bnr klo Tuhan lg proses hidup qta mjd pribadi yg lbh baik.dian prcya manusia bakalan ninggalin n ngecewain qta,tp ada 1 pribadi yg g akan ninggalin maupun ngecewain qta.pribadi itu adl Tuhan Yesus.dunia isa kasi k qta 1000 mslh utk menangis,tp Dia pnya lbh dr 1000alasan utk qta ttp tersenyum.God loved us

    ReplyDelete
  5. tips na bgus banget.......... membuat aq mengerti apa yang aq alami saat ini...

    ReplyDelete
  6. pas banget dgn keadaan q..
    Tuhan memampukan aq untuk bisa mengerti orang lain..
    GBU all

    ReplyDelete
  7. bagus bgt nih tips...
    pas bgt dgn situasi hari-hari ini..

    ^_^

    ReplyDelete
  8. tipsx keren dch....!
    Jbu.

    ReplyDelete
  9. kecewa ma tmn dkt,,,,,,,gmna ngatasinya,,,apa hrs jujur ato bohong...?

    ReplyDelete
  10. its a great message...thanks a lot y for u'r tips GBU

    ReplyDelete
  11. makasih ya buat artkel ini..
    setidaknya ini ngingetin aq kalo yang aq alamins emua pasti ada maksud tersembunyinya dari Tuhan.. =)

    ReplyDelete
  12. Tapi aq ne kecewa karena, aq di tolak ama cewek yg tidak seiman dengan kita. padahal aq sangat-sangat mencintai dia,,,

    ReplyDelete
  13. I do need this tips, thanx ^.^

    God Blezzzt

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com