Saturday, July 3, 2010

Through the Storm

Hey hey hey… what’s up teens,
Masi semangat jadi “Godly teens”?? ato lagi melempem..?? hehe.
Ok, apa aja yang lagi lu alemin, I have a message dari our BIG man up there, Papa kesayangan kita, the King of kings, Sahabat kita. So listen up, and catch the fire..

By Christian Alexander Leo

Hari-hari ini kalo lu gaul en ngikutin berita alias perkembangan jaman, lu pastinya sering denger soal banyak bencana alam terjadi, especially badai-badai, right? Coba sebutin aja.. ada badai Katrina, Tsunami, dsb. Pastinya ngeri banget kalo kita ngalemin badai, orang-orang akan berusaha sembunyi, lari, pegangan di atas pohon, dll. Waktu itu gw pernah denger cerita gimana sebuah keluarga Kristen selamat setelah mereka diterjang badai Tsunami, walaupun mereka terpisah-pisah, ada yang di atas pohon, atap, lampu jalan, dll. Waaw… Tuhan baek banget masih ijinin mereka hidup ya..

Tapi tau nggak GF!ers, kita mungkin sering liat badai di tipi, denger di radio, ato baca di koran mungkin.. tapi sebenernya ada banyak badai2 yang kita tidak sadari terjadi dalam hidup kita. And masalahnya kita nggak bisa lari dari badai-badai ini, badai apa tuch?

Itulah yang orang-orang sebut “Badai Kehidupan” ato di kamus disebut ‘ma-sa-lah’, hehe. Pernah denger? Hehe, jangankan pernah denger gw jamin kita seriing banget punya masalah. Bahkan kalo kita bangun pagi aja udah langsung dapet masalah, mo makan apa mandi dulu yaa? Hehe. Kalo makan mo makan nasi apa roti? Mo pake baju pake yaa hari ini? Terus ada lagi masalah di sekolah, nilai jeblok, temen nyebelin, guru killer, dsb dll dst dkk. Lama-lama bisa frustasi. Tapi ternyata ada sesuatu dibalik semua Badai yang kita hadapi, gw yakin badai apapun yang kita lagi alemin, Tuhan pengen jelasin kenapa lu harus ngalemin semua ini.

Ok First, lets make this clear ok..
Kalo kita pikir Tuhan jahat karena ada masalah dalem idup kita, wow.. salah besar! Karena yang pertama “Allah turut bekerja dalam hal2 yang mendatangkan kebaikan” (Roma 8:28). Itu artinya semua untuk kebaikan kita. Kalo bukan untuk kebaikan, artinya masalah itu datangnya dari si iblis atau dari diri kita sendiri!

Emang iblis itu sumber segala kejahatan.. tapi tau gak kalo Iblis itu ga bisa ngacauin hidup kita tanpa seijin kita sendiri! Dia Cuma bisa ngegoda, nawar2in, manfaatin lu, tapi cuman sampai situ doang. Dia nggak punya hak bikin macem-macem dalam hidup lu.

Keliatannya masalah itu nggak ada baik-baiknya. Tapi, itu dari sisi pandang manusia, coba liat apa yang sebenernya Tuhan lagi lakukan. Karena nggak ada satupun hal yang Tuhan ijinin kita alemin dalem hidup yang nggak ada maknanya. Itu pelajaran yang kehidupan ini ajarin ke kita. Contohnya waktu kita TK belajar bedain warna, nulis, ngomong, dll – trus SD – SMP belajar ngitung, bersosialisasi, dll. – SMA belajar berorganisasi, nyelesain masalah2, gimana berpikir lebih realistik. Semua itu mungkin waktu kita pelajarin, kelihatan ga berguna, susah, males, dll. Tapi kenyataannya dalam dunia kehidupan itu semua skill yang kita pelajarin itu berguna dan terpakai secara langsung ataupun nggak langsung. Sama juga sama masalah-masalah ini. Ada peribahasa bilang “di balik badai pasti ada air yang tenang”, so sekarang we are going to find out macem-macem badai, supaya kita ngerti, lagi ngalemin badai yang mana yaa?

1# Storm of Faith
Badai model ini Tuhan ijinin kita alemin, dengan tujuan kita ngalemin pengalaman iman sama Tuhan, ato Tuhan pengen nunjukin penyertaanNya sama kita. Badai yang ini biasanya menghasilkan suatu hal-hal yang mustahil terjadi dalem hidup, seperti mujizat. Kita ngeliat gimana tangan Tuhan menuntun dan menyertai. Murid-murid Yesus pernah ngalemin badai ini, waktu mereka pengan nyebrang sungai, tiba-tiba kapal mereka dihantam “badai” (kali ini bener2 badai^^ hehe), mereka sangat ketakutan saat itu karena mereka udah di ambang kematian, lalu mereka inget sama Tuhan Yesus yang sebenarnya ada sama-sama mereka di kapal itu.. Dia sedang tertidur. Aneh nggak sih? Masa Tuhan Yesus nggak berasa kapalnya di ombang-ambing badai yang begitu dashyat? Kenapa Tuhan nggak langsung nolongin mereka? Hehe, nah Tuhan Yesus bukannya egois ato nggak mo jam tidurnya diganggu. Sebenarnya Dia uda tau kalo akan terjadi badai (masuk akal ga se??? iyaa lahh yaa… Dia kan Tuhan… Maha tau…) tapi Tuhan Yesus pengen liat respon iman mereka. Ternyata murid-murid saat itu saking takutnya melihat badai itu mereka lupa kalo sebenernya Tuhan Yesus ada di dalam kapal itu bersama-sama mereka. Iman mereka langsung ciuut. Nah.. kita juga sering kayak murid-murid itu kan? Waktu kita ngeliat badai/masalah kita yang kelihantan begitu dashyat dan besar, mata kita jadi ketutupan buat ngeliat Tuhan Kita yang sebenernya jauuuuuuh lebih besar dari masalah kita.

Kapal itu ngomongin soal kehidupan kita.. waktu kita dihantam badai don’t forget that Jesus is in ur boat… Tuhan nggak akan biarin kapal kehidupan kita karam, sebesar apapun masalah yang kita hadepin. Mungkin bagi manusia itu sesuatu yang musahil, tapi bagi Tuhan ga ada yang mustahil.. So Keep in Faith teens..

2# Storm of Repentance

Badai pertobatan. Badai ini Tuhan ijinin kita alemin karena Dia mau kita bertobat, karena mungkin kita nggak berjalan dalem RencanaNya. Dia terlalu mengasihi kita, Dia ga mau hidup kita ancur. Kayak Yunus, karena dia nggak taat sama Tuhan waktu disuruh ke Niniwe dia malah kabur liburan ke Tarsis. Tentu aja Tuhan nggak biarin Yunus keluar dari rencana Tuhan, Tuhan kirim badai untuk menghantam kapal yang Yunus naiki. Sampai akhirnya ketahuan oleh semua orang-orang dalem kapal bahwa badai ini sebenernya terjadi karena Yunus nggak taat sama Tuhan. Akhirnya Yunus dibuang ke Laut. Kalo dipikir-pikir malu juga ya kalo kelemahan, dosa atau masalah kita ketahuan sama orang laen, pastinya Yunus malu. Kok Tuhan gitu sih? Nggak jaga privacy orang.. hehe. Tujuan Tuhan tegur kita pake badai-badai kayak gini supaya kita gak kabur lagi dari rencana Tuhan, dan kita bisa bertobat. So kalo kamu kamu gak pengen ngalemin badai yang memalukan ini, mending lu membuka diri dulu sama Tuhan dan orang lain, supaya lu ga keliatan kayak copet ketangkep basah nanti… hehe.

Jangan ketakutan dulu, inget semua ini akan mendatangkan kebaikan dalam hidup lu, dan Tuhan sendiri bakal menyertai dan kasih kekuatan. Buktinya walaupun si Yunus dilempar ke laut, Tuhan pelihara dia dalam perut ikan besar, sampe dia bertobat en mau pergi beritain injil di Niniwe. So proses ini akan berlangsung terus, sampe lu memilih suatu keputusan. So now Teens Face The Storms… karena gak ada yang lebih besar dari Tuhan kita. And kalo Dia dipihak kita, siapakah lawan kita? Tidaak ada!! (CL)

1 comment:

  1. It's true guys, walaupun badai menerjang, hanya dengan iman hidup kita tetap punya kompas yang menuntun kita ke tujuan terakhir kita.

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com