Wednesday, January 11, 2012

TOPTEN BIBLE KULINER EKSTRIM


Selamat datang di pameran makanan aneh di Alkitab! Di sini kita bisa liat sepuluh jenis makanan ‘aneh’ yang ada di Alkitab. Disebut aneh karena emang pada masa Alkitab ditulis makanan itu nggak umum buat dimakan (en sampe sekarang juga masih nggak umum buat dimakan). Nah, langsung saja, ini dia sepuluh jenis makanan ‘aneh’ di Alkitab...(dp) 

TOPTEN BIBLE KULINER EKSTRIM

10. Manna
Makanan yang sering disebut sebagai roti dari surga ini seperti apa bentuknya, masih misteri sampe sekarang. Tapi menurut Alkitab, manna itu berwarna putih, bentuknya seperti sisik (Keluaran 16:14). Rasanya? Yang pastinya enak, soalnya orang Israel tahan makan manna empat puluh taon. Katanya sih rasanya kayak kue madu (Keluaran 16:31).

9. Roti bakar
Jaman sekarang roti bakar bukan makanan aneh. Tapi jaman dulu pas jamannya Elia, roti bakar itu makanan langka, soalnya jaman itu  orang bikin roti itu dipanggang (sampe sekarang juga sama) terus dimakannya sama sayur berkuah. Jadi kalo ada orang makan roti bakar artinya nggak umum banget. Malah Elia cuman satu-satunya orang di Alkitab yang disebutin makan roti bakar (1 Raja-raja 19:6).  

8. Buah pohon kehidupan
Buah yang satu ini termasuk buah langka yang udah punah. Soalnya buah ini cuman hidup di taman Eden (Kejadian 2:9) en waktu Adam dan Hawa diusir dari taman Eden, buah ini dengan buah-buah lain yang ada di taman Eden ikutan punah. Jadi kayak apa bentuknya, kayak apa rasanya, kita nggak pernah tau.

7. Belalang dan madu hutan
Di Alkitab cuman satu orang yang makanannya belalang dan madu hutan, yaitu Yohanes Pembaptis (Markus 1:6), kayak apa rasanya? Kayaknya cuman Yohanes doang yang tau. Tapi yang pastinya makanan ini cukup bergizi soalnya nggak ada laporan kalo Yohanes sakit gara-gara makan belalang dan madu hutan. Oh ya, buat info aja, katanya ada yang bilang kalo belalang yang dimakan Yohanes itu bukan belalang, binatang yang suka lompat-lompat itu, tapi nama sejenis buah.   

6. Sayur pahit
Sayur yang satu ini emang langka. Nggak usah nyari di warung ato restoran mana-mana. Nggak bakal ada yang jual. Ya abisnya siapa juga yang mo makan makanan yang rasanya pahit? Tapi orang Israel makan loh, biar cuman setaon sekali pas Paskah doang (Keluaran 12:8,14). Kayak gimana bentuknya? Nggak jauh beda kayak selada ato seledri. Rasanya? Ya pasti pahit lah.

5. Kepala keledai
Kepala ikan masih enak kalo dijadiin makanan. Kalo kepala keledai? Nggak tau deh gimana rasanya. Tapi pas jamannya Elisa sempat ada kejadian kepala keledai jadi salah satu menu utama buat makan orang Israel, soalnya waktu itu udah nggak ada lagi makanan lain. Jadinya harga kepala keledai aja mahal banget (2 Raja-raja 6:25).

4. Gulungan kitab
Tau‘kan kayak gimana bentuknya gulungan kitab? Kayak kertas yang digulung, cuman bahannya bukan kertas tapi dari kulit binatang. Kebayang dong gimana rasanya kulit pohon. Makanya di Alkitab cuman dua orang yang berani makan gulungan kitab, Yehezkiel en Yohanes. Gimana rasanya? Kata yang udah makan sih, ‘pas di mulut manis, tapi di perut pahit’ (Yehezkiel 3:3, Wahyu 10:9) 

3. Debu tanah
Ada yang suka makan debu? Dijamin pasti nggak ada. Tapi di Alkitab ada satu binatang yang makanan sehari-harinya itu debu tanah. Dia adalah ular. Jadi gini sejarahnya, gara-gara nipu Adam dan Hawa buat makan buah pengetahuan, si ular kena hukuman dari Tuhan buat makan debu tanah seumur hidupnya (Kejadian 3:14). Tapi kok sekarang ular makannya tikus, ato hewan lain? Udah bosan sama debu tanah kali ya jadi pengen ganti menu.

2. Tahi merpati
Kebayang nggak kalo suatu saat kita mesti makan kotoran hewan? Nggak banget deh... tapi itu pernah kejadian di Israel waktu terjadi kelaparan besar gara-gara dikepung ama orang Aram (2 Raja-raja 6:25). Yang lebih gila lagi, tahi merpati ini dijual loh. En harganya mahal banget... (buat ukuran waktu itu). Kebayang ya gimana rasanya?

1. Bayi  rebus
Ini benar-benar kejadian nyata. Ternyata yang namanya kanibalisme (manusia makan manusia) bukan barang baru. Di Alkitab pas jamannya Elisa sempat ada kelaparan besar-besaran di Israel sampe-sampe orang mesti makan anaknya sendiri (2 Raja-raja 6:28-29) horor ya... tapi itu benar-benar kejadian. Gimana rasanya? Wah pasti nggak pengen tau deh...

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com