Tuesday, January 10, 2012

Tempat-tempat di Alkitab yang Jarang Kamu Dengar Dari A Sampai Z


Sebutkan sebuah tempat di Alkitab yang dimulai dengan huruf G! Galilea? Getsemani? Hmm... bosen ah! Yuk kita telusuri Alkitab, dan coba cari satu-satu nama berikut, sekalian cari tau, apa yang terjadi dengan tempat-tempat ini di zaman sekarang. Nah, boleh jadi, nama-nama ini kedengarannya asing di telingamu. Tetapi justru di situlah serunya, kawan! (CS)

Tempat-tempat di Alkitab yang Jarang Kamu Dengar Dari A  Sampai Z

Adria, Laut (Kisah Para Rasul 27:27)
Kapal yang ditumpangi Paulus dan teman-teman sekerjanya terombang-ambing di atas laut ini selama berminggu-minggu sebelum akhirnya berlabuh di Pulau Malta. Sekarang, Laut Adriatik menjadi batas sedikitnya enam negara di Eropa, dan konon merupakan laut tercantik di dunia.

Bitinia (Kisah Para Rasul 16:7)
Daerah ini dicoba dimasuki oleh Paulus dalam program pengabaran Injil-nya, tetapi saat itu Roh Yesus melarangnya. Dalam peta modern, Bitinia sudah tidak ada lagi, menjadi bagian dari negara Turki.

Cakrawala (Kejadian 1)
Menjadi simbolisasi dari langit yang diciptakan Tuhan pada “hari kedua”. Kini, cakrawala adalah “rumah” bagi triliunan bintang dan tak terkira luasnya.

Dibon (Yesaya 15:9)
Kota di dekat Laut Mati yang penduduknya, bangsa Moab, diamuk oleh Allah. Kota ini menjadi bagian dari Yordania, tempat hunian dari sekitar 15 ribu jiwa.

Eglon (Hakim-hakim 3:12-30)
Kota di Kanaan yang rajanya berdamai dengan Gibeon, yang kemudian tanahnya dikuasai oleh Suku Yehuda. Meskipun tidak berhubungan, kata Eglon dijadikan nama sebuah kecamatan kecil di West Virginia, AS.

Fenisia (Kisah Para Rasul 11:19)
Pusat kebudayaan suatu bangsa besar yang terkenal sampai ke negeri-negeri yang jauh. Ditinggali oleh orang-orang Kristen yang pertama di zaman Para Rasul. Sekarang daerah ini terbagi menjadi tiga negara: Lebanon, Syria, dan Palestina.

Gadara (Matius 8:28)
Di sinilah Yesus mengusir setan yang merasuki dua orang dan “mentransfer” roh tersebut kepada sekawanan babi yang akhirnya terjun ke jurang. Yang tersisa dari kawasan ini hanyalah puing-puing di Yordania yang dinamai Umm Qais.

Hazor (Hakim-hakim 4:2)
Salah satu kota berbenteng milik Kerajaan Kanaan yang paling berpengaruh pada zamannya. UNESCO PBB memberikan gelar “World Heritage Site” untuk kawasan puing-puing terluas di negara Israel ini.

Ikonium (Kisah Para Rasul 13:51)
Letaknya yang strategis di dataran Anatolia, Turki, membuat Paulus sempat mengunjunginya untuk pengabaran Injil. Kota ini sempat berkali-kali dihancurkan bangsa Arab di abad pertengahan. Namanya sekarang sudah berubah menjadi Konya.

Jalan Salib (Yohanes 19)
Jalan ini masih dapat kamu temukan kalau sekali waktu nanti kamu berkunjung ke Kota Tua Yerusalem. Mulainya dari Gerbang Singa dan berakhir di Gereja Makam Suci. Konon melalui jalan inilah Tuhan Yesus menempuh penderitaan-Nya yang paling dahsyat dan kelam.

Kebar, Sungai (Yehezkiel 1)
Di sebuah desa dekat sungai ini, nabi kita Yehezkiel yang dibuang ke sana pertama kali mendengar suara Allah. Ini adalah salah satu dari Sungai-sungai Babylon, yang jadi inspirasi lagu Boney M (tanya papa-mama kamu tentang artis ini). “By the rivers of Babylon ...

Laodikia (Kolose 4:13-16)
Satu dari tujuh jemaat yang disebutkan dalam Kitab Wahyu dan juga termasuk yang pertumbuhannya diperhatikan oleh Paulus. Dulu kota besar, yang tersisa kini cuma puing-puingnya yang dikuasai Turki.

Meriba, Mata Air (Bilangan 20:13)
Saksi bisu pertengkaran bangsa Israel dengan Tuhan. Tahu sebabnya? Karena nggak ada air! Sekarang, tak ada yang bisa memastikan di mana posisi geografisnya. Pokoknya, di dekat Gurun Sinai lah!

Negeb, Gurun (Kejadian 12:9)
Dalam bahasa Ibrani, artinya “kering.” Memang, namanya juga gurun! Daerah ini pernah dikunjungi Abraham sebelum ia ke Mesir. Di zaman modern, Gurun Negev justru jadi tempat salah satu kota liburan dan peristirahatan di Israel yang paling populer, Eilat.
Oreb, Gunung Batu (Yesaya 10:26)
Inilah tempat Oreb, raja Midian sekaligus musuh Gideon, mati dibunuh oleh sang hakim Israel. Dari situlah tempat ini mendapatkan namanya. Kalau namanya yang sekarang sudah berubah sedikit, jadi Orbo. Letaknya di dekat Bethshean, Yordania.

Patara (Kisah Para Rasul 21:1-2)
Kota tempat kelahiran Santa Klaus (Santo Nikolas) di tepi Laut Mediteranea ini pernah disinggahi Paulus sebelum ia bertolak ke Fenisia. Dulunya, kota ini adalah pelabuhan dan kota dagang yang sangat besar. Banyak pelancong di Turki mendatanginya sekarang, meskipun kotanya sendiri sudah tak ada lagi.

Qumran
Naskah-naskah asli yang sekarang jadi Alkitab yang kamu pegang sekarang itu ditemukan di dalam gua-gua yang banyak terdapat di daerah ini. Sejak saat itu, dataran kering di kawasan Tepi Barat, Israel, ini menjadi sasaran para arkeolog yang ingin mencari tahu lebih banyak lagi.

Rodos (Yehezkiel 27:15)
Terkenal di zaman nabi Yehezkiel karena jago berdagang, orang-orang Rodos banyaknya berjualan gading dan kayu. Inilah tempat berdirinya Kolosus, satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Dewasa ini, sumber pendapatan utama dari pulau besar yang dikuasai Yunani ini adalah pariwisata.

Susa, atau Susan (Ester 1)
Inilah salah satu pemukiman tertua yang pertama muncul di dunia, didirikan di sekitar tahun 6000 sebelum Masehi. Pernah menjadi ibukota dari kerajaan Elam, Akadia, Asyria, bahkan hingga Kekaisaran Persia (di bawah pemerintahan Cyrus Agung, 538 sM). Di sini, kamu bisa mengunjungi sebuah tempat yang diduga adalah kuburan Daniel.

Tekoa (Amos 1:1)
Di sekitar abad kedelapan sebelum Masehi, nabi Amos pernah lahir di sini, dan tumbuh besar sebagai gembala dan tukang kebun. Tuhan mengutus Amos untuk berkhotbah menentang ketidakadilan soal kemakmuran dalam kehidupan bangsa Israel, yang saat itu sedang dalam masa keemasannya. Tekoa yang modern adalah tempat bernaungnya Tekoa Agro-Technology Farm milik Israel.

Us (Ayub 1:1)
Dulu, di tanah inilah seorang kaya nan saleh bernama Ayub diuji kesetiaannya kepada Tuhan. Tempat tinggal Ayub ini konon sekarang diduduki oleh dua negara: Syria dan Yordania.

Vatikan
Karena tidak ada nama tempat di Alkitab yang dimulai dengan huruf “V” dalam bahasa Ibrani, maka tentu saja inilah yang paling berhubungan. Konon, di sinilah tempat Petrus mengembangkan umat Kristen yang pertama-tama di Roma. Inilah satu-satunya negara yang masih menggunakan bahasa Latin sebagai bahasa resminya.

Wadi El-Arish, atau Sungai Mesir (Kejadian 15:18)
Disebut beberapa kali dalam Perjanjian Lama sebagai suatu tempat yang subur di tengah gurun yang tandus, di sini sekarang berdiri Arish, ibukota pemerintahan Mesir di Semenanjung Sinai. Wadi ini sering sekali dilanda banjir dari lautan di sebelah utaranya.

Xystus
Meskipun nggak tercatat di Alkitab, ini adalah gedung olahraga yang didirikan oleh orang Yunani. Pada zaman Yesus, Xystus dengan terasnya yang terbuka berdiri megah di pusat kota Yerusalem, berdekatan dengan Bait Suci.

Yaman, atau Syeba (1 Raja-raja 10)
Negeri asal Ratu Syeba, perempuan yang berhasil menaklukkan hati Raja Salomo, tetapi dirinya sendiri dipesonakan oleh kebijaksanaan dan kekayaan sang raja. Meskipun tak ada yang bisa memastikan di mana Negeri Syeba ini, banyak ahli Alkitab menduga letaknya adalah di Yaman yang sekarang.

Zarfat, atau Sarfat (Obaja 1:20)
Batas utara Negeri Kanaan pada zaman nabi Obaja, di sinilah tinggal janda yang memberi makan Elia selama nabi nekat ini ada di pengasingan. Kota ini sudah tidak ada lagi, tetapi kita masih bisa melihat puing-puingnya saat kita bertamasya ke Sidon dan Tirus, di Lebanon. []

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com