Friday, January 27, 2012

WHERE IS MY CHURCH?

WHERE IS MY CHURCH?

Olen udah lama denger tentang Yesus. Tapi dia sama sekali nggak tertarik buat mengenalNya. Suatu hari, Olen baca majalah GFRESH! yang dipinjamkan temannya. Lagi asyik baca sebuah artikel, tiba-tiba dia merasa kalo dirinya ternyata orang berdosa dan butuh Yesus sebagai Juru Selamat. Akhirnya Olen mengulangi doa lahir baru yang ada di bagian akhir artikelnya.

OLEN: Tuhan Yesus, saat ini aku menerimaMu sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadiku. Ampuni dosaku. Masuklah dalam hatiku. Jadilah Raja dan Tuhanku. Dalam nama Yesus. Amin.

GOD: Selamat datang di kerajaan Allah, nak.

OLEN: Siapa Kau?

GOD: Aku adalah Tuhan-mu. Bapa-mu.

OLEN: Oh, sorry. Aku nggak tahu.

GOD: Nggak apa-apa. Nak, sekarang kamu udah jadi orang Kristen, jangan lakukan dosa yang sama lagi seperti dulu.

OLEN: Iya, God. Aku jadi malu sendiri kalo inget dulu, aku suka berdosa-dosa.

GOD: “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” II Korintus 5:17

OLEN: Amin. Sekarang, apa yang harus saya lakukan, God?

GOD: Ada satu hal penting yang harus kamu lakukan. Kamu sebaiknya mendapatkan bimbingan dari anak-anakKu yang udah dewasa rohani.

OLEN: Maksudnya, God?

GOD: Supaya kamu bisa belajar lebih lagi tentang Aku dari dia atau mereka. Supaya mereka dapat membantumu, menopangmu dalam kesusahan, berdoa untukmu dan menjadi orangtua rohanimu.

OLEN: Hmmm… dimana aku harus mulai mencarinya?

GOD: Kamu bisa coba ini, temukan sebuah gereja, ikuti kegiatan ibadah di sana, dan kamu ikuti semua aturan dan tunduk pada pemimpin yang ada di sana.

OLEN: Kenapa God?

GOD: Karena memang itu pola yang Kutetapkan. Waktu Aku masih ada di dunia, Aku bisa melatih orang-orang secara langsung. Tapi sekarang Aku sudah tidak di dunia lagi. Jadi Aku butuh wakil-Ku di bumi. Gereja adalah wakil-Ku di bumi. Di gereja juga kamu akan menemukan orang-orang yang akan membimbing kamu untuk bertumbuh lagi dalam iman.

OLEN: Tapi, God kan bisa membimbing aku langsung supaya bertumbuh. Kenapa harus pakai orang lain?

GOD: Karena kamu nggak hidup sendirian. Ada orang lain di sekitar kamu. Kamu harus berhubungan dengan orang lain. Jangan jadi orang yang suka menyendiri.

GOD: Kedua, kamu juga harus belajar tunduk pada orang yang ada di atas kamu. Bukan cuma pada orang tua saja kamu harus tunduk, tapi juga pada orang-orang yang nantinya bakal jadi gembala kamu. Hormati mereka. Taati mereka. Karena mereka itu orang yang menjaga hidup kamu, coba kamu buka Ibrani 13:17.

GOD: Ketiga, kamu sekarang, adalah anggota keluarga-Ku. Dan semua anggota keluarga-Ku ada di gereja. Mereka itu saudara-saudaramu juga. Aku ingin kamu bertemu dengan mereka dan mengenal mereka dan bisa bekerja sama dengan mereka.

OLEN: “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.”

OLEN: Tapi Tuhan, aku nggak tahu harus ke gereja yang mana. Aku masih baru jadi orang Kristen.

GOD: Jangan kuatir. Coba baca Mazmur 68:6.  Aku selalu memberi tempat tinggal kepada orang-orang sebatang kara. Aku akan mengarahkan kamu ke gereja yang baik untukmu.

OLEN: God, dari mana aku tahu kalau gereja ini gereja yang baik buatku? Gimana kalo salah?

GOD: Kalau kamu bertumbuh di sana, itu artinya kamu ada di gereja yang baik untukmu.

OLEN: Maksudnya bertumbuh gimana, God? Kayak pohon?

GOD: Maksudnya kerohanian kamu, karakter kamu akan mengalami kemajuan dan perubahan. Itu maksudnya bertumbuh.

OLEN: Terus Tuhan, kalo aku udah ketemu gereja yang tepat, aku mesti ngapain di sana?

GOD: Tinggal di sana. Cari teman. Bangun hubungan sama orang yang ada di sana. terlibat sama semua kegiatan yang ada di sana. Dan yang paling penting, cari seseorang yang bisa kamu jadikan teladan. Ikuti dia. Taati dia. Hormati dia.

OLEN: Oh begitu ya. Kalau begitu, God, tolong tunjukkan gereja mana yang harus kumasuki ya.

GOD: Baik, nak.

GOD: Ada satu hal lagi yang penting. Bukan mencari gereja yang tepat, tidak ada yang namanya gereja yang tepat. Semua pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Gereja bisa berubah, sama seperti manusia bisa berubah.

OLEN: Maksud God?

GOD: Kau akan menemukan, bahwa kadang orang akan mengecewakan.

OLEN: Mengecewakan?

GOD: Bahkan gerejapun kadang akan mengecewakanmu. Jangan putus asa. Jadilah orang yang tepat bagi gerejamu. Jadi orang yang berguna. Jadilah pembuat perubahan. Kamu akan melayani Aku, bukan gereja.

OLEN: Jadi?

GOD: Jadilah orang yang tepat bagi gereja.

OLEN: Kalo begitu, apa aku tidak boleh pindah gereja kalo nggak cocok?

GOD: Seperti yang Aku bilang, tidak ada gereja yang tepat. Nggak dosa kalo kamu harus pindah. Tapi pikirkanlah, doakanlah, dan pertimbangkan dengan baik-baik. Jangan pindah karena kepahitan apalagi menghakimi. Jangan hanya karena susah sedikit atau diminta berkorban sedikit lalu kamu jadi orang yang berpindah dari satu gereja ke gereja yang lain.

GOD: Selalu pertimbangkan semua keputusan yang akan kamu ambil denganKu, OK?

OLEN: Baik God! Tx! (dp/F!)

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com


MamaOla