Sunday, May 13, 2012

RAME-RAME BUNUH DIRI


RAME-RAME BUNUH DIRI
Siapa tokoh Alkitab yang matinya bunuh diri?

Yudas!

Selain Yudas?

Enggg...enggg...emang ada?

Hehehe...kebanyakan dari kita pasti jawab kayak gitu kalo ditanya siapa tokoh Alkitab yang matinya bunuh diri. Padahal Yudas bukan cuman satu-satunya tokoh Alkitab yang mati bunuh diri (yang paling tekenal iya). Nah biar GF!ers tambah pinter, ini dia beberapa tokoh Alkitab yang matinya karena bunuh diri. (dp)

Samson
Siapa sih yang gak kenal Samson, orang yang kuatnya luar biasa, macho, en sampe sekarang jadi lambang kekuatan. Tapi biar katanya kuat, akhir hidup Samson menyedihkan banget. Mati bunuh diri. Emang sih matinya agak terhormat, bunuh diri sambil bunuhin musuh-musuhnya (Hakim-hakim 16:30). Tapi tetap aja masa sih pahlawan matinya bunuh diri?

Saul
Raja Israel yang pertama ini juga matinya tragis banget. Bunuh diri gara-gara kalah perang. Demi harga diri, Saul milih buat mati bunuh diri dari pada akhirnya dia mesti mati dibunuh sama orang Filistin (1 Samuel 31:4). Udah gitu bunuh dirinya juga gak keren banget lagi. Jatuhin diri ke atas pedang.

Ahitofel
Ada-ada aja alasan orang bunuh diri. Mulai dari malu, kecewa, takut sampe sakit hati. Ini yang kejadian sama Ahitofel. Dia itu salah satu orang yang diangkat jadi penasihat Daud. Artinya dia bukan orang sembarangan. Bayangin bisa kasih nasehat sama raja. Kebayang dong gimana ‘berhikmatnya’ Ahitofel.

Tapi sayangnya dia bukan orang yang setia. Waktu Absalom bikin pemberontakan, dia ikutan membelot en tinggalin Daud. Yang lebih gila lagi, dia malah kasih nasihat sama Absalom buat bunuh Daud. Tapi karena campur tangan Tuhan, nasihat Ahitofel yang terkenal bijak ini digagalin. Akhirnya karena sakit hati, nasihatnya gak didengerin dia mati gantung diri (I Samuel 17:23) sedih banget ya...

Zimri
Nama  Zimri emang kurang familiar di Alkitab. Padahal dia itu termasuk salah satu dari raja Israel. Dia bisa jadi raja soalnya dia kudeta sama raja sebelumnya, Ela. Biar namanya raja, Zimri gak lama-lama memerintah Israel. Cuman seminggu doang. Udah gitu akhir hidupnya juga tragis banget. Mati bunuh diri sambil bakar istananya (I Raja-raja 16:15-20)

Pembawa senjata Saul
Kalo ada kontes bunuh diri paling tragis di Alkitab, kayaknya orang ini pasti menang deh. Udah namanya gak pernah disebut-sebut, dikit banget orang yang inget dia. Udah gitu kalo diliat-liat sebenarnya dia gak punya alasan kuat buat bunuh diri. Dia ‘kan cuman ikut-ikutan Saul doang. Karena Saul mati, dia juga ikutan mati aja deh (I Samuel 31:5). Padahal kalo dia gak bunuh diri dia mungkin masih punya peluang buat hidup.

Wanita pembunuh Abimelekh
Kalo pembawa senjata Saul bisa menang kontes orang bunuh diri paling tragis, perempuan yang bunuh Abimelekh ini bisa menang kontes bunuh diri paling aneh. Dimana-mana orang bunuh diri itu ya kalo gak gantung diri, tusuk dirinya pake pedang kayak orang Jepang, ato bakar dirinya sendiri. Tapi wanita yang satu ini beda sendiri. Dia bunuh diri dengan cara nyuruh orang lain bunuh dia (Hakim-hakim9:54). Yah anyway, cara orang bunuh diri emang beda-beda.


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

1 comment:

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com