Saturday, May 5, 2012

TIPS MILIH TEMPAT KERJA


TIPS MILIH TEMPAT KERJA
The next thing yang mesti kita pikirin kalo udah lulus kuliah adalah kerja. Masalahnya nyari kerja yang cocok itu susah-susah gampang. Ada banyak orang yang gak ketemu tempat kerja yang pas buat mereka en akhirnya malah menderita. Nah supaya kita gak usah menderita karena gak ketemu tempat kerja yang tempat ini beberapa tips berguna buat kita: (dp)

·         Sesuain sama kemampuan
Kalo kita cari kerja pastiin kerjaan itu sesuai sama kemampuan kita. Jangan kita gak bisa ngomong, terus mutusin kerja jadi MC, ya sama aja boong. Carilah kerja yang sesuai sama kemampuan kita. Kalo gak ada ciptain lapangan kerja buat kita sendiri.

·         Sesuain sama panggilan
Cari kerja yang bisa mendukung panggilan kita. Misalnya kita terpanggil buat nolongin orang sakit, ya carilah kerja yang sesuai, misalnya jadi dokter, suster ato petugas kesehatan. Jangan jadi tukang sapu. Jauh bangeeet...
 
·         Cari beban
Buat apa kita kerja? Cari uang. Kunooo...Timotius Adi Tan di bukunya Decision ajarin kita kalo kita adalah rekan sekerja Allah (1 Korintus 3:9-10). Artinya kita bantuin kerjaan Allah. Apa kerjaan Allah? Membangun. Jadi kalo kita kerja pastiin kita membangun sesuatu. Ato bahasa rohaninya kita jadi dampak.

Nah kalo kita udah punya pikiran kayak gini, baru kita mikir, apa kita terbeban buat memberkati satu tempat tertentu? Kalo ya, masuki en jadilah dampak di sana.

·         Banyak tanya
Biar kita gak usah sering gonta ganti tempat kerja, banyak-banyak tanya sama orang yang udah pengalaman. Biar mereka kasih tau kita kayak gimana pekerjaan yang mereka jalani. Apa susahnya. Apa ramenya. Dari situ kita bisa mikir apa iya kita mo kerja kayak mereka en setelah banyak mikir kita bisa mutusin mo kerja dimana.

·         Trial error
Tapi biar semua tips di atas udah kita lakuin, bukan artinya kita bakal langsung ketemu tempat kerja yang pas sama kita. Masih ada kemungkinan kita mesti gonta ganti tempat kerja dulu beberapa kali sampe kita baru ketemu yang pas. Gak apa-apa. Selama kita dari awal punya tujuan buat kerja, bukan buat gonta ganti tempat kerja, it’s fine. Jangan juga jadi trauma kalo belum ketemu tempat yang pas. Enjoy aja.


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com