Wednesday, May 23, 2012

9 BINATANG YANG GAK POPULER DI ALKITAB


Sebutin nama binatang yang ada di Alkitab! ‘Rajawali!’, ‘Singa!’, ‘Merpati!’, ‘Naga!’. Hah, ada naga di Alkitab? Hehehe, makanya baca Alkitab yang teliti. Binatang di Alkitab itu bukan cuma rajawali, singa, merpati doang. Masih ada banyak binatang lain yang ‘kurang populer’. Nah di edisi kali ini yuk kita sama-sama liat binatang-binatang apa aja itu. (dp)

1. Cicak
“Cicak yang dapat kautangkap dengan tangan, tetapi yang juga ada di istana-istana raja.”  (Amsal 30:28)

Di Alkitab nama cicak cuma disebutin sekali doang. Tapi biar cuma sekali, bukan artinya gak penting loh. Tetap ada yang bisa kita pelajari dari binatang yang satu ini. Sampe-sampe si raja hikmat Salomo juga belajar dari binatang kecil ini. Dia bilang kalo cicak itu ‘fleksibel’ en mudah masuk ke mana aja, dari gubuk sampe istana presiden juga ada cicaknya. Kita juga harus kayak cicak, bisa diterima di kalangan manapun untuk kepentingan kemuliaan Tuhan.

FYI:  Taukah kamu, dalam terjemahan lama dan King James Version, binatang ini bukan cicak tapi spider (laba-laba).

2. Semut
Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak (Amsal 6:6)

Binatang apa yang terkenal paling rajin? Pasti semua tau: semut! Bentuknya kecil, tapi di mata kita, semut itu ‘besar’ karena mereka bisa mengajari kita tentang kerajinan dan kebijaksanaan. :Semut, bangsa yang tidak kuat, tetapi yang menyediakan makanannya di musim panas (Amsal 30:25) 

3. Keledai
Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.” (Zakharia  9:9)

Buat kita yang ada di Indonesia, keledai mungkin termasuk hewan aneh, ajaib, langka, en gak populer. Tapi di zaman Alkitab keledai itu termasuk salah satu binatang penting. Ya buat jadi ternak, ya buat jadi kendaraan, ya buat jadi kuli angkut. Makanya gak heran kalo keledai sampe disebutin 123 kali di Alkitab! Di jaman Yesus, keledai ialah kendaraan Yesus waktu Dia dielu-elukan orang banyak. Keledai yang hina jadi ikutan kebawa ‘mulia’ karena ditunggangi sang Raja Mulia. Menggambarkan kita yang hanyalah hamba, kendaraan, atau alat yang dipake olehNya agar Dia dielu-elukan, bukan kita.

4. Anjing
“Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu.” (Filipi  3:2)

Anjing emang jarang disebut-sebut di khotbah-khotbah atau di lagu rohani. Tapi bukan artinya anjing gak ada di Alkitab. Anjing disebut 46 kali di Alkitab, 23 kali anjing dipake buat gambarin sesuatu yang kotor, najis, ato berdosa. Emang kayaknya udah nasib anjing, dari zaman Alkitab sampe sekarang, anjing selalu aja jadi ‘kambing hitam’ buat sesuatu yang jelek-jelek. Jadi jangan mau jadi kayak anjing yang jelek  ya! Hehe..

5. Babi
“Seperti anting-anting emas di jungur babi, demikianlah perempuan cantik yang tidak susila.” (Amsal  11:22)

Siapa yang gak tau babi? Binatang yang jorok tapi enak kalo dijadiin makanan ini, juga ‘kurang terkenal’ dibandingin sama trio rajawali, singa, merpati. Tapi bukan artinya babi gak pernah disebut-sebut di Alkitab. Biar babi katanya identik sama sesuatu yang jorok, dari 23 kali ‘pemunculannya’ di Alkitab cuma 3 kali dia diidentikkan sama sesuatu yang jorok. Selebihnya babi itu muncul kalo gak dalam konteks makanan (hmmm sedap), atau dalam konteks netral (maksudnya ngomongin binatang). Babi menggambarkan manusia yang berkubang dengan dosa yang mudah dihinggapi iblis (baca Matius 8:31).

6. Burung gagak
“Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi burung-burung itu!” (Lukas  12:24)

Burung gagak emang gak secantik rajawali. Bulunya hitam, sukanya makan bangkai. Makanya gak heran kalo gak ada lirik lagu rohani yang mau pake burung gagak, semuanya selalu pake rajawali. Tapi biar kalah terkenal sama rajawali, Tuhan masih punya ‘tempat’ buat burung gagak di Alkitab. Buktinya aja burung gagak sampe disebutin 10 kali di Alkitab. Bahkan di Lukas, Tuhan menggunakan burung gagak sebagai perbandingan dengan manusia, menunjukan betapa Tuhan selalu memelihara manusia. So, jangan kita kuatir ya, Tuhan selalu pelihara kita.

7. Burung nasar
Kata mereka kepada Yesus: "Di mana, Tuhan?" Kata-Nya kepada mereka: "Di mana ada mayat, di situ berkerumun burung nasar." (Lukas  17:37)

Kasian deh nasib burung nasar. Secara garis kekeluargaan, dia itu masih termasuk saudara dekat rajawali. Tapi kalo soal keterkenalan dia kalah sama rajawali. Malah di Alkitab namanya cuma disebutin 4 kali doang, en semuanya di Perjanjian Baru lagi, Lukas 17:37, Wahyu 3:7, Wahyu 8:13, Wahyu 12:14. Burung nasar adalah burung pemakan bangkai, menggambarkan orang yang menyukai hal-hal yang busuk. Hiiiiy! Jangan sampe deh kita selalu berkerumun kalo ada yang ‘busuk’, kelompok pencemooh, suka bergosip dan memasukkan hal-hal ‘busuk’ dalam pikiran dan hati kita.

8. Cacing
“Ke dunia orang mati sudah diturunkan kemegahanmu dan bunyi gambus-gambusmu; ulat-ulat dibentangkan sebagai lapik tidurmu, dan cacing-cacing sebagai selimutmu." (Yesaya  14:11)

Zaman dulu, cacing sempat jadi seleb di gereja. Soalnya dia suka disebut-sebut di doa, kayak gini, ‘Apakah kami ini Tuhan, kami bagai cacing yang tidak berarti.’ Hehe. Tapi anehnya dari 3 kali ‘pemunculannya’ di Alkitab, cuma sekali doang, dia disebut sebagai binatang yang gak berharga, di Yesaya 41:14.

9. Pelanduk
“Pelanduk, bangsa yang lemah, tetapi yang membuat rumahnya di bukit batu” (Amsal 30:26)

Tau pelanduk? Waktu kecil mungkin kita sering denger cerita si kancil yang nakal yang suka nyuri ketimun, atau si kancil yang cerdik yang bisa nipu buaya. Nah si kancil itu ternyata bukan cuma ada di cerita doang. Di Alkitab juga si kancil muncul, tapi namanya beda. Kalo di Alkitab namanya jadi pelanduk, en cuma disebutin 3 kali di Alkitab, di Imamat 11:5, Mazmur 104:18, Amsal 30:26. Di Amsal, pelanduk disebut sebagai binatang yang lemah tapi cekatan. Jadi kita sebagai manusia juga harus cekatan en rajin, jangan hanya gara-gara kita dianggap orang yang ‘lemah’ lalu jadi malas.


BINATANG GAK POPULER LAINNYA DI ALKITAB
Lebah
Ngggg... nggggg... Awas ada lebah! Awas disengat! Tapi dari 5 kali disebut-sebut di Alkitab, gak ada satupun ayat yang ngomongin tentang lebah yang suka nyengat. Ulangan 1:44, Hakim-hakim 14:8, Mazmur 19:11, Mazmur 118:12, Yesaya 7:18.

Ulat
Biasanya kita cuma tau ulat di pelajaran Biologi doang, tentang metamorfosis kupu-kupu. Tapi kita gak ngeh kalo ulat juga ada di Alkitab. Lumayan banyak lagi, ada 10 kali ulat disebut-sebut di Alkitab. 

Kelinci
Dari dua kali disebutin di Alkitab, kelinci selalu dihubungin sama makanan yang gak halal, alias haram. Coba aja baca Imamat 11:6,Ulangan 14:7.

Bagal
Kita mungkin belum pernah dengar apa sih bagal itu. Karena belum pernah dengar itu, makanya bagal jadi kurang terkenal. Padahal zaman dulu bagal itu binatang terhormat, dia selalu jadi hewan tunggangan raja en keluarganya (2 Samuel 18:9, 1 Raja-raja 1:33). Makanya dia sampe disebut 15 kali di Alkitab. Btw, bagal itu hasil kawin silang kuda sama keledai.

Naga  
Sampe sekarang, masih jadi perdebatan apa naga itu beneran atau cuma hasil imajinasi orang doang. Tapi yang pasti di Alkitab, naga itu disebut-sebut. En bukan cuma sekali dua kali doang, tapi sampe 22 kali. Malah kalo kita liat dari bahasa aslinya, naga itu bisa juga diterjemahin sebagai binatang-binatang laut yang besar (Kejadian 1:21). Kemungkinan besar adalah sebutan untuk binatang sejenis  dinosaurus.


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com