Tuesday, May 29, 2012

BERJEMAAT DI DUA GEREJA, SALAH GAK?


BERJEMAAT DI DUA GEREJA, SALAH GAK?
Q: Dear Min2, Salah gak sih kalau kita berjemaat di lebih dari satu gereja, soalnya kalau di gereja lokal aku sendiri aja rasanya gak cukup. Hambar gitu. Jawab ya...

A: Dibilang salah sih gak, cuma menurutku gak akan jadi maksimal aja. Ya gimana mau maksimal, kalau satu kaki ada di gereja A, kaki lain di gereja B. Kayak pohon yang punya akar di dua pot, mana bisa bertumbuh maksimal. Sebaiknya gereja lokal itu satu aja, biar kita fokus pelayanan en bertumbuh di gereja itu.

Sebenarnya masalah pindah gereja itu masalah yang agak sensitif. Saya gak menganjurkan kamu pindah gereja sembarangan. Tapi menurut saya gak ada gunanya bertahan di satu gereja yang gak bikin bertumbuh.

Tapi, seringnya orang pindah gereja bukan karena gak bertumbuh tapi karena alasan lain, misalnya kecewa dengan pemimpin atau bentrok sama saudara seiman. Jadi kalau mau pindah gereja pastikan alasannya murni lantaran pengen lebih dekat dan bertumbuh lagi dengan Tuhan.

Dan juga jangan bawa masalah dari gereja lama ke gereja baru kita. Kalo memang ada masalah, bereskan dulu masalah di gereja lama baru pindah gereja baru.

Satu lagi, jangan pindah tanpa bilang-bilang, apalagi kalau kamu udah terlibat dalam pelayanan. Bilang baik-baik apa alasan kamu pindah. Belum tentu mereka bisa nerima sih tapi bagaimanapun ini pilihan yang harus kamu buat sendiri en bukan diputuskan oleh orang lain.

Tapi ingat juga, bergereja lokal artinya kita berkomitmen di sana. Kalaupun kita memutuskan untuk memutuskan komitmen itu, pastikan karena alasan yang benar. Misal karena pindah ke kota lain, ikut pasangan atau karena ada pelayanan di gereja yang baru yang gak ada di gereja lama en kamu ingin terlibat di dalamnya.

Apa gak ada cara lain? Ada sih. Bisa aja kamu ikut pemuridan ke pembimbing dari gereja lain tanpa meninggalkan gereja lama tapi gak terlibat di gereja itu. Jadi pelayanan tetap di gereja lama tapi minta makannya ke pembimbing dari gereja lain. Tapi tetap harus bilang ke pemimpin di gereja lama kalo kamu dibimbing oleh pembimbing dari gereja lain karena mungkin saja ada pengajaran yang beda en bisa jadi masalah. Cara ini emang lebih enak tapi belum tentu semua pemimpin gereja bersedia anak didiknya diajar oleh pembimbing dari gereja lain.

Singkatnya, sebaiknya punya gereja satu aja en kalau mau pindah gereja harus dengan alasan yang positif, bukan karena punya masalah atau sakit hati dan kalau pindah harus baik-baik, jangan langsung maen kabur.

Jika kamu merasa hambar en gak bertumbuh di gerejamu yang sekarang, jangan juga langsung mikir salah gerejanya. Mungkin Tuhan lagi ngajar kamu tentang hal yang lain. Mungkin kamu gak serius bergereja, kebaktian asal-asalan, pelayanan gak fokus, dsb. Atau mungkin kamu terpanggil buat bikin perubahan di gerejamu yang sekarang, siapa tau? Kalo menurut kamu pelayanan di sana garing, ayo bikin perubahan bersama teman-teman sepelayanan seijin gembalamu. (Min2)

Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com