Wednesday, May 9, 2012

AH, UDAH TAU! Oleh Steven Agustinus


AH, UDAH TAU!
Oleh Steven Agustinus

Sering kali waktu kita di gereja, dengerin hamba Tuhan kotbah salah satu pikiran yang muncul dalam otak kita adalah, ‘Ah udah tau. Pasti bentar lagi pak pendeta bakal ngomong kayak gini, kayak gitu.’

Perasaan ‘udah tau’ ini berbahaya karena waktu kita mulai menganggap apa yang Tuhan kerjakan sebagai sesuatu yang biasa, kita akan mulai kehilangan apa yang Tuhan sediain en kita mulai buang apa yang selama ini dibutuhin orang-orang lain.

Contoh di Alkitab adalah Tuhan Yesus. Dia bikin mujizat di mana-mana. Tapi di kampungnya sendiri, di Nazaret, Dia gak bisa bikin satu mujizat pun. Kenapa? Karena orang-orang di kampungnya merasa udah tau siapa Dia. Mereka gak mengharapkan sesuatu yang baru dari Dia. Kalau udah begini, yang rugi, kita juga, karena kita gak bakal dapat sesuatu yang baru dari Tuhan lewat pelayanan hamba Tuhan itu.

Nah biar kita gak terjebak dalam sindrom udah tau ini, kita mesti ngerti beberapa hal dulu:

1.      Wajar gak wajar
Sebagai manusia wajar aja kalau kita merasa terbiasa sama sesuatu yang udah sering kita liat atau alami. Tapi yang jadi masalah, rasa biasa itu bisa menghalangi Tuhan buat bekerja. Jadi pastikan kalau kita datang sama Tuhan, kita selalu minta anugerahNya yang bisa bikin kita menginginkan lebih dari Dia. Biarpun hamba Tuhannya kita udah kenal lama, tapi Tuhan-nya selalu punya sesuatu yang baru buat kita. Jadi harapkan yang lebih dari Dia.

2.      Tambahin ‘air panas’
Kalau kita masukin gula, air, terus dipanasin, lama-lama gula itu akan cair en jadi jenuh. Gimana caranya biar gula itu gak jadi jenuh? Gampang aja, tambahin air atau panasin lagi. Sama dengan kerohanian kita. Kalau kita merasa udah jenuh, saatnya kita tambahin ‘air panas’ dalam roh kita. Apa ‘air panas’ itu? Puasa. Berpuasalah sampe kita merasa ada kehausan dan kelaparan baru dalam roh kita.

(disarikan dari kotbah Steven Agustinus di www.openheavenministries.org)

Steven Agustinus adalah gembala dari Breakthrough City Church (Gereja Mitra Pembaruan) di Serpong Tangerang, sekaligus pendiri Open Heaven Ministries dan pendiri dan executive director PT Global Maestro Pembaruan.


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com