Tuesday, May 1, 2012

ALKITAB BICARA


ALKITAB BICARA
Alkisah ada dua kakak beradik yang dikasih warisan sama papanya. Masing-masing dikasih satu toko. Tapi pesan terakhir buat mereka berdua sama. Satu, jangan pernah menagih orang yang berhutang. Dua, jangan pernah kena sinar matahari.

Setelah beberapa taun sama-sama menjalani bisnis, nasib mereka beda jauh. Si adik jadi miskin sekali, karena katanya gak boleh nagih utang, jadi dia gak pernah nagih orang berutang sama dia. Karena gak boleh kena sinar matahari, dia bolak balik dari rumah ke toko naek taksi. Jadilah modalnya abis karena banyak ngutang en buat biaya transportasi.

Kakaknya malah jadi tambah kaya, karena gak boleh nagih utang, dia gak pernah kasih utang sama orang. Karena gak boleh kena sinar matahari, dia pergi ke toko pagi-pagi waktu matahari belum terbit en pulang pas matahari udah terbenam. Jadi waktu buka tokonya lebih lama en dia juga lebih untung.

Apa yang bisa kita pelajari dari cerita ini? Dua-duanya sama-sama taat sama pesan papanya. Tapi hasil akhirnya beda. Kenapa? Soalnya mereka lakuin pesan itu dengan cara yang beda.

Sama juga dengan kita sebagai orang Kristen. Tuhan udah kasih kita banyak ‘pesan’ buat kita lakuin di Alkitab. Tapi yang jadi masalah itu gimana cara kita melakukan firman itu. Apa kita cuman liat firman itu sebagai firman biasa, yang yah...gitu lah. Gak ada bedanya. Cuman tulisan doang. Ato kita liat firman itu sebagai sesuatu yang hidup, yang bicara sama kita?
 
Kita semua firman Tuhan itu hidup (Ibrani 4:12), tapi masalahnya apa kita bisa liat firman itu sebagai sesuatu yang hidup? Hidup artinya firman itu bisa ngomong sama kita. Apa kita udah biarin firman itu ngomong sama kita? Karena firman Tuhan itu hidup, dia bisa bicara banyak sama kita. En apa yang dia bicarain sama kita pasti beda sama apa yang dia bicarain sama teman kita.

Masalahnya sekali lagi, apa kita biarin firman Tuhan itu bicara sama kita?

Ngomong-ngomong soal firman Tuhan yang bicara sama kita, ada 3 cara orang perlakuin firman Tuhan.

1.        Ah, cuman buku biasa
Orang tipe ini gak bisa liat Alkitab lebih dari sekedar tulisan belaka.

2.        Oh ya saya tau ini firman Allah tapi apa benar hidup?
Nah kalo orang tipe yang ini nyadar Alkitab itu firman Allah, tapi tetap aja meragukan apa iya gitu ini firman Allah yang hidup?

3.        Saya percaya ini firman Allah yang hidup
Nah orang terakhir ini yang percaya kalo Alkitab itu firman Allah yang hidup en mempercayainya en biarin Alkitab bicara sama dirinya.

Yang jadi pertanyaan, orang tipe mana kita? Udahkah kita biarin Alkitab bicara sama kita? (dp)






Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com