Thursday, May 3, 2012

TIPS BANGUN PAGI


TIPS BANGUN PAGI
Kriiiiiing...

Alarm udah bunyi dari tadi tapi kita masih aja tidur dengan nyenyak. Ato kita bangun bentar, matiin alarm, terus tidur lagi.

Satu jam kemudian kita bangun karena kaget udah telat. Buru-buru mandi, sarapan, lupa sate, terus pergi lagi (ke sekolah, ke kampus, ato kemana aja).

De ja vu? Hehehehe...mungkin itu yang udah jadi kebiasaan kita tiap hari. So supaya kebiasaan jelek bangun siang itu gak terus-terusan jadi ciri khas kita, GF! kasih beberapa tips praktis supaya kita bisa bangun pagi. (dp)   

1.        Jangan tidur malam-malam
Kenapa orang suka susah bangun pagi? Soalnya jam tidurnya kurang. Kenapa jam tidurnya kurang? Soalnya tidurnya malam. Kenapa tidurnya malam? Bisa banyak alasannya itu.

Jadi tips pertama kalo kita mo bangun pagi, jangan tidur malam-malam. Biasain diri kita buat punya jam tidur yang teratur tiap harinya. Mo sesibuk apapun kita, pokoknya kalo udah waktunya tidur, ya tidur, jangan terus melek.

2.        Jangan kebanyakan makan
Coba kita bikin tes kecil. Sebelum tidur, kita makan yang banyak banget sampe kenyang. Dijamin pasti susah tidur. Kalo udah susah tidur, besoknya kita telat bangun. Kalo udah telat bangun bisa kemana-mana akibatnya...kenapa bisa gitu? Itu ada hubungannya sama sistem metabolisme tubuh kita. Kalo dijelasin agak panjang, jadi percaya aja ya...

So tips kedua: sebelum tidur jangan makan banyak-banyak. Makan aja secukupnya. Biar kita bisa tidur dengan enak en besoknya kita gak telat bangun.

3.        Kerjasama orang lain
Salah satu cara efektif biar kita bisa bangun pagi itu minta bantuan orang buat bangunin kita. Bisa minta tolong ortu, kakak, ade, ato teman kita ato siapa aja yang ada di rumah. Yang penting orang itu mesti bisa bangunin kita.

4.        Latihan
Menurut penelitian kalo orang lakuin suatu hal yang sama 40 hari non stop, di hari ke 41 apa yang dia lakuin itu bakal jadi kebiasaan yang susah ilang seumur hidupnya. Jadi kalo mo bangun pagi, kita mesti latih diri kita buat bangun pagi (mo gimana caranya terserah) minimal 40 hari doang. Pas di hari ke-41 kita bakal otomatis bangun pagi.

5.        Punya niat
Yang terakhir, bangun pagi itu sebenarnya masalah kebiasaan. Jadi mo kita pasang weker sampe seribu, minta orang sedunia bangunin kita, tapi kalo kita nya gak punya niat buat bangun pagi ya percuma aja. So yang terakhir en paling penting dari semua tips ini adalah kita mesti punya niat buat bangun pagi, kalo gak sia-sia aja semua tips ini.

Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com