Sunday, May 20, 2012

DETOX YOUR LIFE! Oleh Pdt Caleb Natanielliem MBA, BAS


DETOX YOUR LIFE!    
Oleh Pdt Caleb Natanielliem MBA, BAS

Sebelum kita terusin bacanya, coba ambil waktu bentar. Cek diri kita masing-masing. Apa kita merasa cape secara emosi, suka curigaan, gampang kuatir, ngerasa gak pede yang parah banget, kecanduan sama sesuatu, gampang cemburuan?

Kalau jawabannya kebanyakan ya, artinya kita lagi kena apa yang saya sebut sebagai the toxic of life (racun kehidupan). Kalau dibiarin hidup kita bisa tambah ancur. Untuk mengatasinya, kita perlu lewatin proses detoxification (pembersihan racun) atau saya lebih suka sebut detox doang.

“Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!” (Mazmur 51:12)

Raja Daud aja yang disebut orang paling dekat dengan Tuhan, sadar kalau dia perlu di-detox sama Tuhan.

Proses detox dalam hidup kita mesti terjadi tiap hari. Kita gak bisa hari ini di-detox terus berharap bisa bertahan sebulan hidup dalam dunia yang ancur ini. Gak bisa. Kita perlu detox hidup kita tiap hari!

What happens when we detox our life?
Apa yang sebenarnya terjadi waktu kita menjalani proses detox ini?

Kita lagi tuker hati kita yang lama en dapetin hati yang baru dari Tuhan.

Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat
(Yehezkiel 11:19)

Kenapa kita perlu hati yang baru? Soalnya kita hidup dalam dosa. Dosa itu bikin hati kita mati. Kalau hati kita mati, kita gak bisa lagi dengar suara Tuhan. Makanya kita perlu minta Tuhan kasih kita hati yang baru. En bukan sekedar hati yang baru aja, kita juga perlu minta roh yang baru dari Tuhan.

Roh yang baru ini kayak kompas yang bakal kasih tau kemana arah hidup kita. Dengan hati en roh yang baru ini kita punya modal buat kembali berhubungan sama Tuhan.

Waktu hati sama roh kita udah diperbaharui, proses selanjutnya kita mesti detox pikiran kita. Kita mesti sesuaikan cara pikir kita sesuai dengan apa yang kita terima dari Tuhan di hati sama roh kita.

Ini yang saya sebut sebagai proses detox your life. Proses ini gak bisa terjadi cuma sekali-sekali, tapi mesti tiap hari.   

How to detox our life
Gimana cara kita men-detox hidup kita?

Kita men-detox hidup kita dengan cara terbuka di hadapan Tuhan en manusia. En biarkan Tuhan sama orang-orang yang Dia pakai untuk bicara dalam hidup kita, dengan kasih.

Kita harus menjalani proses detox ini dengan orang yang tepat. En semakin tinggi level kita dalam Tuhan, semakin sering kita harus menjalani proses detox ini.

Karena itu penting banget buat kita tertanam dalam sebuah gereja lokal. Kita mesti tertanam dalam sebuah gereja lokal yang sehat en biarkan orang-orang yang udah Tuhan udah taruh disana buat men-detox hidup kita. Tapi kita mesti ingat gak semua orang dipake buat men-detox hidup kita. Jadi ati-ati buka hati kita sama orang

After detox
Apa yang harus kita lakuin setelah di-detox sama Tuhan?

Keluarlah ke dunia. Tapi sebelum kita keluar ke dunia, pastiin dulu kita punya antibodi rohani. Satu-satunya cara supaya kita punya antibodi ini adalah dengan menjaga hubungan kita dengan Tuhan. Waktu hubungan kita sama Tuhan terjaga dengan baik, kita akan punya antibodi yang bisa membuat kita imun (kebal) sama semua ‘kuman’ penyakit yang bertebaran di dunia.

Terus apa yang kita lakuin kalau kita udah di dunia? Jadilah terang en garam dunia. Bawa lebih banyak lagi orang untuk kenal Tuhan.   

Pdt Caleb Natanielliem MBA, BAS  adalah wakil gembala sidang bidang manajemen dan keuangan Gereja Mawar Sharon, pendiri Yayasan Pendidikan Generasi Rajawali dan direktur CV Pustaka Rajawali.


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com