Friday, April 20, 2012

BERBAHAGIALAH!



Apa kotbah Yesus paling penting yang pernah ada di Alkitab? Kotbah tentang kasih? Kotbah tentang mengampuni? Kotbah tentang iman?

Menurut GF!, kotbah Yesus paling penting itu adalah kotbah Yesus di bukit yang ada di Matius 5-7. Kenapa dibilang paling penting? Soalnya itu kotbah pertama Yesus di dunia. Malah beberapa hamba Tuhan nyebut kotbah di bukit itu sebagai Kingdom culture, Kingdom law, Kingdom principle. Soalnya katanya di dua pasal itulah terkandung semua inti pengajaran Yesus selama di dunia.

Wah kalo benar gitu, artinya dua pasal itu mesti kita perhatiin benar-benar. Tapi, bukan artinya kita terus gak perhatiin pengajaran di pasal yang laen. Kalo kita liat lagi di Matius 5, kita bakal liat Yesus memulai kotbahNya dengan 9 ucapan bahagia. Di Alkitab kalo ada satu kata disebut lebih dari sekali itu artinya penting banget. Sekarang kata ‘bahagia’ ini disebutin sampe 9 kali. Berarti penting banget dong.   

Yesus berkhotbah en bilang supaya kita berbahagia. Kenapa mesti berbahagia? Soalnya Tuhan tau kita susah berbahagia, apalagi di tengah-tengah zaman yang kayak gini. Harga pada naek, kerjaan susah, uang susah, bahagia? Mimpi kali yee... Tapi Yesus nyuruh kita bahagia. Dia gak bilang ‘Berbahagialah kalau...’ Dia bilang ‘Berbahagialah orang yang...’ artinya kalo kita mo jadi bahagia kita mesti jadi orang yang disebutin Yesus. Ada 9 orang yang bahagia menurut Yesus. Kita gak akan bahas semuanya, abis dong tempatnya nanti. Tapi kita akan liat gimana caranya kita bisa jadi 9 orang bahagia yang disebutin Yesus itu.

Ternyata kalo kita mo jadi orang bahagia kita mesti liat dulu ke Mazmur 1:1. Di sana Daud bagi-bagi rahasia gimana jadi orang bahagia kayak yang disebutin Yesus.

1.        Gak denger nasihat orang fasik
Langkah pertama buat jadi orang bahagia adalah jangan ikutin nasihat orang fasik. Kata Yudas 1:15 orang fasik itu orang yang sukanya ngeluh, seenaknya, egois. Nah orang kayak itu jangan diikutin nasihatnya.

2.        Gak ikutan buat dosa
Udah jelas dong. Upah dosa adalah maut (Roma 6:23). Yang namanya maut itu gak bikin kita bahagia, malah sebaliknya. So jangan bikin dosa, biar kita bahagia.

3.        Gak duduk dalam kumpulan pencemooh
Ikut duduk sama pencemooh lama-lama kita jadi pencemooh. Pencemooh itu bahasa kerennya pengejek. Orang yang bisanya ngejek itu orang yang iri. Orang yang iri itu orang yang gak pernah bahagia soalnya dia selalu bandingin dirinya sama orang lain. Jadi mana bisa bahagia?



Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com