Wednesday, April 25, 2012

HEAVENLY HELLBOY


HEAVENLY HELLBOY

Kalo malaikat bisa jatuh, bukankah dia bisa bangkit lagi? Kalo malaikat bisa berdosa dan menjadi iblis, bukankah iblis juga bisa bertobat dan kembali melayani Tuhan sebagai malaikat? (F!)

Itu pernah jadi pertanyaanku, dan kata orang pertanyaan itu gak penting. Ya, kadang aku suka mempertanyakan hal yang gak penting. Tapi rupanya itu juga yang jadi pertanyaan hollywood saat ini. Apa yang terjadi kalo iblis berpihak pada kebenaran? Setidaknya itulah yang diangkat dalam film Hellboy (1 dan 2).

HELLBOY CHRIST
Anung Un Rama, adalah anak dari Lucifer. Tapi, ia diasuh oleh manusia, seorang profesor. Dalam komiknya, Anung Un Rama alias Hellboy dibesarkan sebagai seorang katolik yang taat. Ia kemudian bekerja sebagai agen rahasia dalam Biro Investigasi Paranormal Pemerintah, dengan satu syarat, ia (dan temen-temen lainnya yang sejenis) tak boleh menampakan diri pada manusia.

Bertahun-tahun ia bekerja menolong umat manusia, tanpa mendapatkan penghargaan apapun, ia hanya melakukan pekerjaannya. Tapi suatu hari dalam suatu kasus, Hellboy dan teman-temannya terekspos dan akhirnya ia nggak lagi bekerja secara rahasia. Tapi bukan pujian dan penghargaan yang ia dapatkan dari manusia, tapi kecurigaan, penghinaan dan ejekan yang ia mereka dapat karena dianggap makhluk aneh.

Diceritakan, jaman dulu, dunia dihuni dua jenis mahkluk: manusia dan makhluk supranatural (atau lebih tepatnya makhluk ganjil). Suatu saat dua dunia ini berperang.

Kini, sang pangeran merasa perjanjian damai dengan manusia sudah gak lagi masuk akal dan merugikan pihaknya. Manusia telah melupakan dunia supranatural, dan sang pangeran serta makhluk sejenis harus bersembunyi dari manusia. Karena itu pangeran Nuada hendak merebut kekuasaan dan membangunkan kembali pasukan tentara emas yang tak mungkin dikalahkan untuk membasmi umat manusia.

SELALU INGAT YESUS
Tujuan saya menulis tentang apapun, khususnya tentang film, adalah ‘ingatlah selalu Yesus!’. Nonton film apapun, ingatlah Yesus. Ingat pengorbananNya, ingat kasihNya, ingat perbuatanNya pada kita, belajar untuk mengenal Dia dengan lebih baik. Nonton Batman, inget firman Tuhan. Nonton Hellboy, ingetlah pengorbanan Yesus. Bukan malah sebaliknya, denger kotbah di gereja malah inget film Spider-Man! Baca Alkitab malah inget Batman.

Begitu juga dengan film ini. Selain Hellboy 2 sarat dengan simbol kristen (Selma Blair selalu memakai kalung salib, background salib besar bercahaya di jalan, Hellboy menyarankan untuk membaca doa Maleakhi untuk mengusir setan peri gigi, dsb), ceritanya mengingatkan pengorbanan Yesus untuk umat manusia. IA datang untuk menolong dan menyelamatkan manusia, bahkan mengorbankan nyawaNya untuk manusia. Tapi yang ia dapatkan adalah hujatan dan ejekan. Tapi itu gak mempengaruhi kasihNya. Ia tetap mengasihi manusia sekalipun manusia menolakNya.

KALAU SETAN BERTOBAT: MIMPI KALI YEEE...
Apa jadinya ya kalau setan bertobat, lahir baru, menerima Yesus sebagai Tuhan en juru selamat pribadi mereka? Hanya dalam mimpi kalieeee...

Gak bakal ada sejarahnya setan bakal bertobat. Dari zaman Adam sampe nanti Yesus datang kembali, gak akan mungkin setan bertobat, menerima Yesus. Ya mereka kenal Yesus tapi mereka gak akan pernah mau menerima Dia sebagai Tuhan mereka.

Tapi apa yang kita liat justru kebalikannya. Sepanjang taun ini mulai dari bulan Januari sampe Desember nanti kita bakal liat ada banyak setan tobat di bioskop. Mulai dari Twilight, si vampir cakep yang vegetarian, Hellboy II, si anak setan yang jadi superhero, Harry Potter 6 si penyihir baik, sampe Monsters vs Aliens, tentang monster baik lawan alien yang mau nyerang bumi.  

Jangan ketipu sama film GF!ers. Sekali setan tetap setan selamanya. Gak akan mungkin setan bertobat. Atau minimal ada setan baik, ada setan jahat.

Jikalau Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan?
(Lukas 11:18)

Kalau emang itu yang terjadi seperti kata Yesus, mestinya sekarang kerajaan iblis udah lama pecah. Tapi kenyataannya gak ‘kan? Kenyataannya masih banyak kejahatan di bumi. Masih banyak penyesatan di bumi. Jadi apa ada setan yang bertobat?  In your dream...

sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya.
(1 Yohanes 3:8)


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com