Thursday, April 12, 2012

Kuis: Bingung cari Kuliah?


Bingung cari Kuliah?

Lulus SMA gak tau musti ngapain. “N’tar gue mesti terusin kuliah nggak yah? Atau langsung gawe/kerja? Kalo gue mesti kuliah, kuliah yang mana? Jurusan apa?” Wah... pikiran kamu langsung bingung dan kocar-kacir. Coba deh quiz di bawah ini untuk bahan sharing :

1. Wow Natalan hari paling disukai, kamu:
  1. Beli coklat sebanyak-banyaknya, terus dibungkus yang lucu, lalu dikasihin ke setiap sohib-sohib deket kamu.
  2. Buat kue dengan menggunakan resep-resep yang sudah ada di majalah, lalu nyuruh sohib-sohib kamu untuk mencobanya.
  3. Langsung telepon bakery langganan kamu en pesen cake kesukaan kamu.

2. Pas kamu pergi ke sekolah, tip-ex kamu ketinggalan di meja kamar. Padahal kamu inget bakal ada ujian hari ini dan kamu membutuhkan tip-ex itu. Apa yang bakal kamu lakuin?
  1. Mampir sebentar ke toko deket sekolah en beli tip-ex baru.
  2. Pinjem punya temen kalau-kalau perlu waktu ujian.
  3. Gak usah pakai tip-ex (kalo salah langsung coret aja).

3. Besok bakal ada ujian matematika yang menurut kamu itu sulit. Kamu bakal :
  1. Tetap tenang plus belajar seperlunya, karena yakin pasti bisa.
  2. Bingung trus males belajar, soalnya terlalu sering dapet nilai jelek.
  3. Cari temen en belajar bareng, biar cepet bisa.

4. Kalo teman kamu ngasih nomer HP-nya yang baru, maka :
  1. Dicatet di buku telepon dompet kamu, biar gak lupa.
  2. Kamu langsung menghafalnya, tapi juga dicatet.
  3. Langsung inget, soalnya kamu sering ngehafal nomor telepon.

5. Kalo boleh milih, kamu lebih suka sama pelajaran :
  1. Matematika, B. Inggris, Fisika.
  2. Kimia, B. Inggris, Kesenian.
  3. Biologi, Sejarah, B. Inggris.

6. Bila kamu diundang acara Valentine-an, biasanya kamu :
  1. Langsung cabut.., entar juga punya kenalan.
  2. Cari informasi dulu, trus apa aja acaranya, siapa aja yang dateng, pakaiannya harus bagaimana.
  3. Mempersiapkan diri en cari temen buat nemenin.

7. Waktu kebaktian di gereja, pemimpin pujian ngajak kamu untuk nyalami tangan yang duduk di kanan-kiri kamu sambil berkata “Tuhan memberkati.”, maka kamu :
  1. Antusias sekali, sampai menyalami baik kiri-kanan, sampe depan-belakang juga.
  2. Nyalamin yang kenal aja.
  3. Langsung nyalamin yang ada di seberang jalan, lantaran kamu duduk sendirian di barisan tersebut.

8. Pada hari Senin depan adalah batas akhir tugas laporan study tour bulan lalu. Hari ini adalah hari Selasa, kamu :
  1. Dapat menyelesaikannya dalam waktu 5 hari.
  2. Dalam 3 hari, kamu yakin pasti selesai.
  3. Akan meminta bantuan teman, supaya cepat selesai.

SCORE
1. a. 1  b. 3  c. 5
2. a. 1  b. 3  c. 5
3. a. 5  b. 3  c. 1
4. a. 3  b. 1  c. 5
5. a. 5  b. 1  c. 3
6. a. 3  b. 5  c. 1
7. a. 1  b. 5  c. 3
8. a. 5  b. 3  c. 1

NILAI 40-27
Kamu cenderung lebih menyukai hal-hal yang berkaitan dangan sosial, berkomunikasi dengan orang lain, hal-hal yang selalu berubah dan berkembang. Senang untuk mencoba hal-hal yang baru dan selalu berkaitan dengan sekeliling kamu. Oleh karena itu, kamu dapat mencoba mendaftarkan diri ke jurusan ilmu-ilmu sosial, tapi tentunya disesuaikan dengan minat kamu.

NILAI 26-13
Kamu orang yang berkonsentrasi dan lebih bertanggung jawab terhadap hal-hal yang pasti, juga tugas-tugas yang teratur. Kamu kurang berminat kepada sesuatu yang selalu berubah-ubah dan yang tidak jelas arah atau pun tujuannya. Oleh karena itu, kamu dapat mencoba mendaftarkan diri ke jurusan ilmu-ilmu exact dan pastikan dengan kemampuan kamu.

NILAI 13-3
Selamat!! Kamu termasuk orang yang flexible. Menyukai keteraturan, tapi mau juga untuk mencoba hal-hal yang baru dan terus berkembang. Kamu termasuk orang yang tidak mudah menyerah dan berusaha dengan segala kemampuan kamu untuk mengatasinya. Kamu dapat coba daftarkan diri ke jurusan yang berhubungan dengan ilmu pasti dan berhubungan dengan orang banyak.

SARAN UTAMA
1. Doa sungguh-sungguh kepada Tuhan, minta jurusan dan tempat kuliah yang mana yang Tuhan kehendaki. Tentunya pasti yang terbaik buat kamu dan yang sesuai dengan kemampuan kamu.
2. Hubungi biro konsultasi psikologi untuk meminta bantuannya dalam tes bakat dan minat untuk mengetahui kemampuan dan melihat keberadaan kamu secara jelas. 

Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com