Thursday, April 5, 2012

WHAT WE SHOULD DO KNOW??


WHAT WE SHOULD DO KNOW??

Dahsyat!! Tuhan sudah mulai bekerja dengan lebih lagi. Di mana-mana kita mulai mendengar tentang adanya kegerakan Roh Kudus, orang-orang mulai bertobat, Tuhan menampakkan diri, kegerakan anak muda, dsb. Hujan awal dan hujan akhir sudah turun, tapi ada beberapa yang harus kita perhatiin nih:

I RAJA-RAJA 19

1.   Hati-hati sama intimidasi dari roh Izebel!!
Kita yang ada dalam Tuhan musti hati-hati, soalnya sering waktu kita lagi semanget, tahu-tahu ada sesuatu dalam hidup kita yang bisa bikin kita down, alias loyo lagi. Elia ternyata juga pernah ngalamin hal yang sama, waktu kuasa Tuhan udah dinyatain harusnya Elia exiting, tapi kenyataannya dia malah ketakutan, pake pengen mati segala.
‘cukuplah itu! Sekarang, ya Tuhan, ambillah nyawaku...’ IRAJA-RAJA 19:4b. Penyebabnya ternyata gara-gara dia ngerasa sendirian (IRAJA-RAJA 19:10). Emang kalo kita ‘perang’ (pelayanan, misi, doa) sendirian, sering rasanya berat banget, kita gampang diserang balik sama si jelek itu. Makanya Tuhan mau kita mulai bangun unity sama yang lain, supaya waktu kita lemah ada yang nguatin kita.

Gimana dong ngebangun unity itu?
Kalo di kebaktian yang rame-rame, boro-boro unity, kenal aja kagak, paling banter unity secara Roh. Kalo unity secara persaudaraan  bakal lebih OK di kelompok sel/FA. Makanya sekarang ini kalo kita mau bisa makin maju dalam Tuhan, nggak loyo lagi, kita harus ikut di dalam kelompok sel/FA. Ikutnya jangan pasif, kalo pasif ya pasti nggak efek! Aktif & inisiatif dong, itu baru keren. Bangun deh persaudaraan yang bener di kelompok sel/FA kita, pasti kita bakal makin maju di dalam Tuhan, iblis bakal kocar-kacir gara-gara apa yang Tuhan buat lewat kita, and yang pasti kita nggak akan ‘perang’ sendirian lagi. Karena itu ayo semua harus ikut dalam kelompok sel/FA.

Tahu nggak kenapa Tuhan lagi seru-serunya bawa Gereja masuk ke dalam gerakan kelompok sel?

a.   Siap menghadapi aniaya.
Wah, kalo yang ini nggak usah ngomong deh, jumlah Gereja yang dibakar, diteror, dsb, udah yang tertinggi sepanjang sejarah Indonesia, and kayanya bakal terus naik. Kalo kita lihat, jemaat mula-mula dulu juga dianiaya, tapi kok mereka bisa terus bertambah, dan terus ngalamin kuasa Tuhan, ya?
KISAH 2:46 ‘dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati’
Ternyata mereka bisa gitu gara-gara mereka seimbang antara ‘ibadah raya’ dengan ‘kelompok sel’.

b.    Buat nampung penuaian.
Tahu nggak, di Keramat, itu lho tempat Tuhan nampakin diri, Gereja di sana sampe nggak bisa nampung yang mau bertobat!! Kalo nanti Tuhan lakuin pekerjaan yang lebih dahsyat, wah, mana ada gedung Gereja yang bisa nampung!! Karena itu kalo kita memang mau nuai jiwa besar-besaran, kita musti bangun kelompok sel/FA sama-sama di mana-mana. Kelompok sel ini yang bakal jadi lumbung buat jiwa-jiwa. Karena itu bangun kelompok sel kita supaya sehat, supaya terus bertambah banyak, dan siap nampung tuaian di akhir jaman ini.

c.   Mempersiapkan kita jadi umat yang layak.
Sewaktu-waktu Tuhan bisa dateng nih, jemput GerejaNya. Kalo pun Tuhan belon dateng, umur kita yang bisa putus kapan aja. He.. he.. bukan nakut-nakutin, emangnya gitu kan? Makanya kita musti jadi umat yang layak, supaya kapan aja menghadap Tuhan kita siap, hidup kita udah berbuah and udah ikut jalanin ‘mission impossible’-nya Tuhan. Nah, untuk itu kita harus jadi murid Yesus, yang nggak hanya denger Firman Tuhan, tapi mau ngejalaninnya, nggak hanya mau diberkati tapi mau memberi, nggak hanya mau diselamatin tapi mau cari jiwa. Itu baru murid Yesus! Buat jadi murid, ya kita harus mau dibina. Di kelompok sel/FA ini jugalah, kalo kita mau ikut sungguh-sungguh, kita bakal diajar jadi muridnya Tuhan yang sungguh-sungguh, dan kita bakal jadi umat yang layak.

d.   Tempat penggembalakan yang lebih baik.
Kalo di Gereja, banyak yang kecewa sama pak pendeta. Soalnya waktu salaman eh.. dianya lupa nama kita, padahal kan udah kenalan 3x. Kalo di kelompok sel hal begituan nggak bakal deh kejadian, soalnya khan kita bisa saling merhatiin dengan lebih baik, kita bisa saling nguatin, bisa curhat sama pembina/kakak rohani kita, kita bisa ‘dimarahin’ kalo lagi ngaco, kita bisa diarahin buat pelayanan yang nyata, dsb. Pokoknya kalo kita mau aktif & sungguh-sungguh di dalam kelompok sel/FA kita, bakal asyik deh.

2.   Perjumpaan dengan Tuhan.
Kenapa banyak yang sering loyo rohaninya, ya? Semanget ikut Tuhan paling banter 2 bulan, udah gitu males lagi. Ada KKR jadi semanget lagi, terus loyo lagi, terus... Tahu nggak, yang kita perluin supaya nggak kaya gitu terus sebenernya: ‘perjumpaan dengan Tuhan secara pribadi’ yang terus menerus. Kalo kita ngalamin ‘perjumpaan sama Tuhan’, kita bakal dapet banyak pewahyuan, pengertian tentang Tuhan, ngalamin kemuliaan & kuasa Tuhan dalam hidup kita, punya hubungan pribadi yang seger terus sama Tuhan. Kalo udah gini, wah dijamin masalah keloyoan rohani bisa diatasi.

Wah, mau dong!? Nggak gampang lho! Emang buat keselamatan dalam Yesus itu gratis, tapi kalo kita mau ngalamin kemuliaan Tuhan yang makin besar, ada harga yang musti kita bayar. Kita harus bikin ‘tahta’ buat Tuhan.
MAZMUR 22:4 ‘sebab Engkaulah yang kudus, yang bertahta di atas puji-pujian umatMu’ (terj. bebas)
Pujian dan penyebahan yang gimana yang bisa jadi ‘tahta’ buat Tuhan? Pujian dan penyembahan yang keluar dari hidup yang taat (mau ngelakuin Firman Tuhan), rendah hati (mau ditegur, mau dibentuk & dinasehati), kudus (nggak kompromi sama dosa). Tuhan juga bakal  ber’tahta’ dalam hidup kita, bila kita jadi ‘the right man in the right place’, alias ambil bagian dalam pelayanan sesuai dengan karunia yang sudah Tuhan kasih buat kita, jadi nggak hanya asal seneng melayani. Karena itu, ayo kita semua jangan ada yang ketinggalan, ambil posisi yang ditentuin buat kamu dalam tubuh Kristus ini, jangan sampe ketinggalan waktu kemuliaan Tuhan dinyatain.

Segitu dulu ya, tuntunan Tuhan buat kita, nanti diterusin. Yang penting kita udah ngelakuin belon? Soalnya tanpa ketaatan nggak bakal ada efeknya buat hidup kita. GBY


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

1 comment:

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com