Saturday, March 31, 2012

TIPS GAUL KEPRIBADIAN


Eeh, kok mojok sendirian? Gak gabung ama temen-temen ngebahas isi getFresh? Hmm, gak akur yah? Atau… O, o gawat! Kamu merasa tersisihkan!

Kenapa yah masih banyak anak Tuhan yang gak gaul? Gak gaul dalam artian dalam lingkungan gereja yang akan nerima kamu apa adanya pun kamu gak bisa berbaur.
Hh, gue gak pantas sama mereka. Gue kan gak sehebat mereka.
Oooops! Pikiran salah tuh.

Gue minder ah deket-deket mereka. Gue gak tau harus ngomong apa. Gue kan gak tau apa-apa. Bla… bla… bla… dan seribu satu macam pikiran negatif bermunculan di kepalamu yang semakin membuatmu gak pede untuk gaul.
           
SI BIBIR KELU
Apa di lingkungan kamu kamu dijulukin si Bibir Kelu alias selalu ah, ih, uh kalo diajak ngomong dan bisanya hanya mesem masam kalo ada yang nyapa kamu? Dan kamu ngerasa ini bikin yang kamu gak bisa luwes dalam pergaulan? Kamu gak tau apa yang harus diomongin? Atau bahkan kamu gak ngerti apa yang lagi diomongin orang?

Eh, tau gak, di Alkitab ada seseorang yang punya sifat kayak gini tapi dia dipakai Tuhan dengan luar biasa. Dan dia adalah Musa. Musa bukan seorang ahli pidato di Mesir. Dia seseorang yang nggak pandai menyusun kata-katanya untuk bisa mempengaruhi bangsa Israel. Tapi saat dia mengakui kelemahannya dan menyerahkannya pada Tuhan, Tuhan angkat semua kelemahannya itu. Toh bila setiap kita  mendapatkan hikmat Tuhan, kita pasti tau harus berkata apa. Tapi yang jelas, kamu juga gaul dengan berita apa yang terjadi di dunia donk. Sekedar untuk tahu it’s okay lah. Toh kamu hidup di dunia. Tapi jangan lupa kejar berita perkembangan rohani juga, termasuk pada anak-anak mudanya.

PENAMPILAN GUE KAN GAK YAHUD…
Gue jelek, gue gak tinggi, kulit gue gak putih, gue jerawatan, badan gue gede, gue punya masalah dengan BB alias bau badan dll, yang mungkin jadi alasanmu gak bisa gaul.

But honey, dunia ini bukan klub orang-orang yang sempurna fisiknya. Dunia adalah dunia dengan beribu warna penduduknya. Dan berbahagialah… mungkin kamu berwarna merah untuk mencerahkan yang putih. Dengan kata lain… masa sih kamu punya kekurangan mulu di fisik kamu? Pasti ada bagian oke yang udah gak bisa kamu liat karena mata kamu hanya melihat kekuranganmu aja. Kenali tubuhmu, dan kembangkan apa yang bisa menjadi daya tarikmu. Tapi ingat, penampilan bukanlah yang utama. Toh siapapun kamu, kamu tercipta sempurna menurut rupa dan gambaran Allah. Cukup tampil apa adanya dan orang gak ‘cape’ ngeliat kamu karena mungkin setiap harinya harus ngabisin bedak satu kilo biar pipi mulus atau setiap jalan tangan dan kakimu berbunyi ‘krincing-krincing’ dengan aneka pernak-pernik yang menurutmu bisa membuatmu tambah menarik. Tau gak…. Kebanyakan orang suka melihat orang yang tampil adanya dan tentu saja, kepercayaan dirilah yang bisa membuat seseorang tampak menarik. Tapi jangan malah over pede yah! Dan jangan lupa, jaga hatimu untuk selau tulus karena dari hatilah terpancar kehidupan.

GUE  GAK PINTER
Udah belajar mati-matian, masih aja  nilai jeblok. Begitu dan begitu terus sampe akhirnya kamu menghakimi dirimu bahwa kamu emang gak pinter.

Eit, tunggu dulu, kamu ngerasa gak pintar bukan berarti kamu gak pantas ada di dunia ini. Nobody’s perfect! Tapi selalu ada buah dari kerja keras itu. Terus aja berusaha en kalo bisa sih, temukan bakat dan minat kamu yang tentu aja lebih kamu kuasai sehingga kamu bisa punya nilai lebih.
Mungkin kamu rada suka ngayal kalo malam-malam en numpahin perasaan kamu dalam untaian kata-kata indah alias puisi. Atau kamu suka nulis cerpen? Boleh deh dicoba kirim ke redaksi getFresh!. Kamu suka bikin pernak-pernik lucu atau kartu-karti kreatif? Kenapa gak coba dikembangin en tawarin ama temen-temen kamu?
Tapi kalo udah sukses, tetap inget akademik lho ya. Sekolah tetap kudu. Dan terus doa untuk minta kepintaran yang dari Tuhan. Biar bisa kaya Daniel itu lho!

GAK ADA YANG INGET GUE
Kamu ngerasa selalu dilupain? Kemaren kenalan ama dia, eh hari ini ketemu udah lupa lagi. Pas ketemu jangankan nyapa, ngeliat juga gak! Sombong! Mungkin gitu kamu berpikiran.

Ih, jangan suka nuduh. Sapa tau dia lagi buru-buru? Atau dia lagi mengolah sesuatu di kepalanya pas ngelewatin kamu jadi gak sadar ada kamu. Wajar donk… manusia! Jangan berpikiran negatif dulu.
Kalo emang dia gak nyapa, kenapa gak kamu duluan yang nyapa? Apa susahnya sih untuk say “hi”? Tapi liat-liat keadaan juga deh. Jangan  sampe kamu kepengen nyapa kenalan baru kamu tapi dia lagi buru-buru mo ujian misalnya, kamu bela-belain ngejar dia dengan semangat 45, manggil-manggil namanya, nepuk bahunya en saat dia berbalik kamu cuman cengengesan menjawab wajah bingungnya dan bilang… “ng, nggak sih, cuman mo say hi doang.” Waaah… ini sih terlalu berlebihan!
Atau pas kamu lagi ngumpul, tiba-tiba temen-temenmu rada menjauh dan sepertinya membicarakan sesuatu yang heboh sambil cekakak cekikik tanpa melibatkanmu dan langsung saja kamu terintimidasi bahwa mereka begitu tega melupakanmu. Eh, siapa tau mereka lagi membicarakan sesuatu yang mungkin rada privasi buat mereka. Soal kecengan yang masih harus dirahasiakan dari orang banyak misalnya? Siapa tau kan? Nyantei aja… jangan berburuk prasangka dulu.

So, jangan sampe kamu gak bisa masuk dalam komunitas kamu, ya di sekolah atau di kampus, di gereja, di komsel atau dimanapun hanya karena kamu gak pede dengan kekurangan kamu.
Siapapun kamu, kamu adalah mulia dan berharga di mata Tuhan (Yes. 43:4). So, pede aja lagi!
       
Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com