TIPS
Disayang Bos.
Biar masih muda, kalo
kerja kudu serius dan jangan sampe di-PHK, atuh! Kalo di sekolah atau
kuliah aja ada aturan, apalagi di perusahaan! Kita digaji alias dibayarin buat
ngerjain sesuatu. So, perusahaan pasti berharap bisa dapat balasan setimpal
dari karyawannya.
Jangan sampai anak
muda bikin malu kalo kerja. Jarang masuk, suka telat, susah diatur alias suka
cari enaknya sendiri, susah diajak kerja sama, malas, dll. STOP! Yang kayak
gitu nggak berlaku deh buat anak Tuhan, setuju? Biar kita disayang bos tanpa
harus jadi “penjilat” si bos! So let’s
explore these below tips!
1. Punya inisiatif
Karyawan yang ideal itu selalu punya inisiatif untuk ngerjain sesuatu. Selalu
ada aja yang dikerjakan. Jadi nggak bikin bosnya capek gara-gara tiap kali
ngeliat kamu ngangguuuur terus, padahal kalau mau dicari sih masih ada kerjaan
yang penting untuk diselesaikan. Jangan biarin bos tercinta tiap kali mesti
nyuruh-nyuruh terus, kan kasian, capek, en lama-lama naik darah deh! Kalo
beneran semua kerjaan udah beres, coba cari tau mungkin ada rekan kerja yang
butuh bantuan.
2.
Selalu masuk
dan tepat waktu
Mulai dari hal-hal kecil, on time! Nggak ada karyawan teladan yang
jarang masuk dan telaaaaat melulu!
3.
Ikutin instruksi
bos dengan baik
Bos itu di mana-mana lebih suka sama orang yang tunduk, bukan nanduk. Mau
dan gampang disuruh-suruh, istilahnya yang kerjaannya selalu beres, udah gitu
jangan sampai mau disuruh tapi menggerutu di belakang. Kalau sampai kedengaran,
bahaya. Nggak kedengaran juga Tuhan tau lho….! So, miliki hati hamba yang
melayani Tuhan dimanapun kita ditempatkan.
4.
Being a team player
Jangan egois. Inget, dalam satu kantor, kita nggak kerja sendirian. We
meet people. Bakalan ada orang-orang yang akan bantu kita, sebel dan sirik
sama kita, dll. Makanya pinter-pinter bawa diri, jangan bikin orang lain
kepaitan sama kita, apalagi kalau kita masih baru.
5.
Selalu antusias
Karyawan
yang baik itu selalu punya semangat kerja. Alias selalu hepi di kantornya. Di
sini pengendalian diri dibutuhkan banget. Nggak cepet marah atau bete. Jangan
pernah bawa masalah pribadi ke kantor, bisa kacau. Mendingan konsentrasi dan
antusias sama pekerjaan.
6. Last
but not least
Mulailah segala sesuatu
dengan doa dan firman Tuhan. Andalkan Tuhan dalam pekerjaan kita. Soalnya Tuhan
Yesus itu sumber hikmat. Dalam pekerjaan, hikmat dan karakter itu penting
banget, biar kita jadi terang dan nggak malu-maluin Tuhan. So, jangan lupa saat
teduh sebelum memulai aktivitas apapun, setuju?
Mau tau alasan kenapa orang dipecat atau di-PHK?
1.
Absensi
Pertama kali ngelamar sih antusias banget, tapi begitu abis ditraining kamu kagak nongol. Kata seorang
manajer yang udah kerja selama 6 tahun, dia bilang, dari 10 karyawan yang ada,
cuma 5 yang setia bekerja. Yang lain nggak diketahui nasibnya alias menghilang
tanpa pamit!
2.
Telat melulu
Kalo kamu datengnya telat terus, pasti deh besoknya tau-tau udah ada yang
gantiin kamu….alias got fired dengan
tidak hormat!
3.
Menyalahgunakan
fasilitas karyawan
Misalnya kamu kerja di restoran fast food. Jadinya suka kasih
gratisan burger ke teman, padahal seharusnya burger itu jatah untuk keluarga
dekat.
4.
Melanggar
peraturan perusahaan
Terlibat narkoba atau pecandu alkohol (pemabuk), nggak mengikuti aturan
berpakaian yang udah ditetapkan perusahaan. Jangan mimpi bisa bertahan kerja.
Yang ada malah di-PHK.
5.
Mengambil
barang yang bukan hak alias nyolong!
Udah jelas deh, kalau sampai ketauan kamu “mindahin” barang perusahaan
(tip-ex, gunting, dll ke rumah kamu, itu namanya… (jawab sendiri)
Gimana? Siap jadi
karyawan yang OK? Harus siap dong! Selamat mencoba dan selamat bekerja.
Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com
No comments:
Post a Comment
copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com