Thursday, March 15, 2012

Kitab Romantis


Kitab Romantis

Dia telah berjalan ratusan kilo untuk sebuah pertemuan, ketika dia melihat laki-laki yang tinggi kekar itu, hatinya berdebar, ditutupnyalah mukanya dengan kerudung. “Siapakah gerangan laki-laki itu?” Hati Ribka bergejolak.
Laki-laki itu makin mendekat, meski Ribka hampir tidak mengenal dia, tapi dia tahu dalam hatinya bahwa dialah pasangan yang tepat untuknya.

Ceilee… romantis amat, kayak novelnya Danielle Steele aja, padahal itu cerita alkitab lho! Emang alkitab kita yang satu ini lengkep banget, mulai dari kitab sejarah, kitab hikmat (Amsal), kitab puisi (Kidung Agung), kitab lagu-lagu (Mazmur) dsb, tapi apa bener ada juga kitab yang romantis?
Kalo kamu penggemar novel or kisah-kisah cinta, wow.. jangan lewatkan kisah-kisah nyata yang Tuhan tulis dalam alkitab untuk memberi kita petunjuk bagaimana kita harus hidup, khususnya dalam soal cinta. Hati-hati dengan bacaan-bacaan kisah cinta or romance book yang suka kamu baca, yang kadang suka ngaco-ngaco. Coba catet kisah-kisah cinta dalam alkitab berikut biar gak nyimpang.

Cowok Ketemu Cewek.
Semua kisah cinta dimulai kayak gini. Baik di sebuah tempat deket sumur di daerah Israel kayak Ishak dan Ribka maupun di mal tempat kamu-kamu suka jalan-jalan. Bagaimanapun, dari kisah cinta Ishak dan Ribka kita tau kalo Tuhan sangat ingin dilibatkan dalam setiap detil kehidupan kita, termasuk siapa yang kita pilih buat jadi pasangan dan menikah nantinya. Tuhan kepengen jadi Mak Comblangnya kamu-kamu. DIA kepengen kita bertemu dengan orang yang telah DIA pilih dan itu pasti yang terbaik buat kita.

Cowok-Cewek: Jatuh Cinta.
Cinta timbul pas kita bertemu dengannya. Tapi mau ngapain setelah itu? Tentunya ada suka dukanya, saling berbagi, makan-makan, nonton mungkin, tapi bukan cuman itu… pikirin juga masa depan, sebab Tuhan mempertemukan bukan cuman buat seneng-seneng pacaran. Yang gak kalah penting ialah aspek fisik yang timbul akibat cinta, banyak novelist atawa tukang bikin cerita film salah kaprah nerjemahin antara nafsu dan cinta sejati. Alkitab jelas-jelas ngasih kita petunjuk buat hal itu. Liat aja Samson dan Delilah, itu conto betapa berbuahahayayanyanya nafsu. Kayak Samson kita pun bisa kehilangan segalanya jika kita jatuh dalam godaan dan malah masuk dalam hubungan yang tidak bijaksana seperti Samson kepada Delilah. Tuhan memberi Samson standar tapi dia malah cuek bebek. Belajar dari Samson dan kenali standar yang Tuhan beri buat kita-kita.

…Dan Mereka Hidup Bahagia Selamanya.
Wuih.. kalo denger kalimat itu berarti kisah Cinderella udah tamat tuh, tapi semua kisah cinta sejati selalu gak mulus jalannya sebelum akhirnya hepi ending. Butuh konflik en ujian buat ngebuktiin cinta sejati. Mungkin dimulai dari si doi yang sukanya dandan lama padahal kamu benci buang waktu, atau kamu yang sukanya nonton basket padahal si doi paling gak suka.
Yakub membuktikan cinta sejatinya pada Rahel dengan bekerja selama 14 tahun, wuih… bicara soal ujian waktu, man! Kadang kita juga bakalan diuji dengan waktu, tunggu waktunya Tuhan.
Cinta sejati perlu waktu, konflik en suka-duka, dan putuskan apa kisah cinta kita mau kayak Ishak dan Ribka yang buat selamanya atau cuman kisah cinta yang mudah terlupakan.

Baca deh!
Meski alkitab gak ditulis kayak novel cinta, tapi isinya banyak kisah cintanya, lho.., coba liat pasangan-pasangan berikut, simak kisah cinta mereka dan belajar.

Pasangan yang tak terpisahkan

Adam dan Hawa diciptakan sebagai pasangan yang sempurna. Made for each other, mereka sungguh harmonis en romantis. Memang ada kejadian tragis menimpa mereka tapi cinta mereka gak pudar. Coba baca hubungan kasih mereka di Kejadian 2.

Kencan Buta

Siapa yang tau kalo mereka pasangan yang tepat? Tuhan tentunya. Tapi perlu iman buat mempersatukan Ishak dan Ribka. Simak kisah pertemuan mereka di Kejadian 24.

Cinta Segitiga

Dua gadis bersaudara dan satu cowok ganteng. Kayaknya kita bisa merasa kasihan kepada Lea kalo kita gak tau kalo Yakub cuman cinta kepada Rahel seorang, sampe-sampe dia mau kerja keras belasan tahun buat mendapatkan Rahel. Terbalaskah cintanya, baca di Kejadian 29-35.

Apa yang dikorbankan buat Cinta

Samson yang berotot kayak Arnold Schwarzeneger itu ternyata berubah jadi bensong pas berhadapan sama Delilah. Dia gak punya kesempatan lebih banyak lagi buat belajar dari kesalahannya karena Delilah, …tapi kita bisa! Coba baca Hakim-Hakim 16 buat tau beberapa hal yang kita gak boleh korbankan untuk cinta.

Beauty & The Beast

Adalah Betseba yang beauty, dan Raja Daud sebagai The Beastnya, bukan tampang yang yang jelek… malahan Raja Daud pastinya guanteng sekalee, tapi prilakunya pas Raja Daud ngintipin Betseba lagi mandi, sampe-sampe niat jahat muncul dan pembunuhan terjadi hanya untuk mendapatkan wanita cantik itu. Coba belajar apa penderitaan dan akibat yang terjadi pada Raja Daud akibat dosanya itu di 2 Samuel 11-12.

Ratu Sejati

Ester gak cuman cantik tapi juga cerdas. Dia gak cuman menikah dengan Raja tapi juga nyelametin rakyatnya. Teladani bagaimana ia selalu menyenangkan suaminya dan menolong orang-orang di kitab Ester.

Selamatkan Dunia

Maria dan Yusuf membuat sejarah dalam kisah cinta mereka. Yusuf menghormati kesucian Maria dengan setia dan percaya. Maka diapun masuk dalam rencana besar Tuhan untuk menyelamatkan dunia dengan lahirnya Yesus ke dunia. Baca detilnya kisah mereka di Injil Matius dan Lukas.

(sumber: Romancing the Soul, Kima Jude)


Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

1 comment:

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com