Saturday, March 24, 2012

HIDUP=KRISTUS, MATI=UNTUNG


HIDUP=KRISTUS, MATI=UNTUNG

 

Hussshh! Apaan sih, mati kok untung?

Lho, udah baca fresh!er edisi November (Life After Death-Hell) kemarin?

Udah! Tapi Apa untungnya kalo mati ke neraka?

‘Tul! Kalo ke neraka emang rugiiiii banget! Tapi kalo ke surga? Mau ikutan dooong!

Huh, memangnya surga kayak apa?
Wah, pertanyaan yang bagus, soalnya gF! kali ini akan ngebahas abis SURGA en how to enter! So, pastikan kalo gF!ers baca dua-duanya (edisi NOV-DES)!

Hadi, 23 thn

Surga tuh suatu tempat yang indah, dimana jalannya terbuat dari emas, kanan kirinya ada rumput dan tak akan pernah layu bila diinjak. Bila kita mau ke sana, kita harus percaya, lahir baru dan menjaga hidup kita sesuai Firman Tuhan.

 

Olive, 21 thn

Bagi gua Surga tuh suatu tempat yang indah....banget, penuh dengan kebahagiaan, nggak ada penderitaan, kesedihan. Pokoknya aslinya tuh lebih indah dari apa yang kita bayangkan. Hanya dengan terima Tuhan Yesus dan lahir baru serta mengikutiNya kita dapat masuk Surga.

Melvina, 22 thn
Kalau dibayangin sesungguhnya gua kagak tau kayak apa Surga tuh, cuma gua tau pasti Surga tuh luar biasa dashyat, luar biasa mulia, dan disitu tuh terang banget. Surga dalam bayangan kita tuh beda dengan Surga dimata Tuhan. Untuk masuk Surga cuma Tuhan yang tahu pasti mesti gimana dan harus seperti apa. Cuma satu hal, orang yang masuk Surga adalah orang yang intim dan taat sama Tuhan.

Ken, 19 thn
Kata gua Surga tuh tempat yang sangat indah, belum pernah ada di dunia ini. Untuk masuk Surga kita harus mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, akal dan budimu.

Leo, 23 thn
Surga tuh gua rasa tempat yang damai, tenang, ada taman, kayak istana deh pokoknya. Banyak ruangan-ruangan. Cara masuk ke sana, gua rasa kita harus beriman, mau bayar harga dan sudah lahir baru.

Edwin, 20 thn

Gua rasa surga tuh tempat kita nyembah dan memuji Dia. Di sana kita kenal semua orang dari seluruh dunia dan kita saling mengasihi satu dengan yang lainnya. Kita akan dapat langsung berbicara dengan Bapa kita di surga. Surga tempat yang sangat menyenangkan yang tidak pernah kita rasakan di bumi ini. Untuk ke sana kita harus bayar harga dan intim denganNya.

 

HEAVEN NEWS


When we all get to Heaven

What a day of rejoicing that will be
When we all see Jesus
We’ll sing and shout the victory

Onward to the prize before us!
Soon His beauty we’ll behold
Soon those PEARLY GATES will open
Then we’ll be dancing on the STREETS OF GOLD

Shout the victory
Sing and shout
Sing the wondrous love of Jesus
Sing His mercy and His grace
In the mansions bright and blessed
He’ll prepare for us a place

Lagu di atas ditulis oleh Eliza Hewitt dan Emily Wilson, dan udah menjadi public domain alias lagu yang udah diterjemahkan en dinyanyikan oleh banyak bangsa. Kalo pengen dengerin, lagunya ada dalam album God Can-nya Alvin Slaughter. Inti lagunya mau bilang gini, betapa asyiknya hari dimana kita pergi ke surga, waktu kita ketemu Tuhan Yesus muka ke muka, kita akan bernyanyi dan sorakkan kemenangan! Pintu gerbang surga yang terbuat dari mutiara akan terbuka, lalu kita akan menari di jalan yang terbuat emas! WOW, kereeen abisss!

Sesungguhnya, hari ini juga kamu akan ada bersama-sama dengan AKU di dalam Firdaus – Lukas 23:43

Edisi November kemarin, gF! ngebahas komplit soal kematian. Dari dulu, ilmu Tanatologi yang mempelajari tentang kematian, keadaan sekarat, dan kehidupan setelah kematian, udah rame dibicarakan. Ironisnya, nggak banyak gereja yang membahas tuntas tentang surga atau neraka. Sedangkan buku dan tulisan tentang life after death bermunculan, baik dari kalangan sekuler atau penulis rohani. GF!ers sebaiknya hati-hati sama pernyataan tentang pengalaman-pengalaman mistis dari orang-orang yang menyatakan diri telah kembali dari perbatasan alam maut. Kebanyakan pengalaman itu ada hubungannya dengan okultisme dan roh-roh jahat.
Life after death adalah masalah yang sangat rohani. Kalo edisi lalu udah ngebahas neraka, kali ini gF! akan ngupas soal surga. Tapi jujur aja, masih ada anak-anak Tuhan yang nggak terlalu pengen ngomongin surga. Kelihatannya orang kristen, tapi mereka nggak benar-benar tertarik ke surga! Takut dibilang fanatik kalo percaya atau ngobrolin hal gituan. Bisa jadi sebagian mereka nggak benar-benar tau about heaven.

Wah, mungkin gF!ers kaget en nggak nyangka, kok bisa-bisanya ada yang kayak gitu. Nggak usah heran, jangan lupa dong peran iblis yang sampe detik ini masih bekerja. Lewat fasilitas duniawi yang bikin ngiler, manusia dibikin lupa mikirin hal-hal yang bersifat kekal. Bisa dimaklumin, mungkin buat mereka dunia yang ditinggalin sekarang lebih enak dan real banget. Ada playstation, diskotik, panti pijat, cewek seksi, cowok macho, baju bagus, mal-mal, time zone, konser musik, film, dll. Dengan kata lain surga itu bak ‘dongeng’ en bukan bahan obrolan yang gaul buat anak-anak muda. Pantesnya diomongin sama orang-orang tua atau yang udah mau mati. Sepertinya mati itu perkara yang nggak enak, berakhirlah semua kesenangan.
Hei! Salah besar lho! Itu hanya pantes diucapin orang-orang yang nggak punya pengharapan dalam Kristus. Lihat Paulus:

“Karena bagiku HIDUP ADALAH KRISTUS dan MATI ADALAH KEUNTUNGAN...Mana yang harus kupilih aku tidak tahu. Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama Kristus – itu memang jauh lebih baik; tapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu. Dan dalam keyakinan ini taulah aku: aku akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman...” --- Filipi 1:21-25

Paulus tuh yakin banget kalo begitu mati dia langsung ke surga, dan itu kerinduannya. Go to heaven! Tapi dia juga rela kalo masih harus di dunia karena dia tau persis apa yang harus dilakukannya. Buat Paulus, hidup adalah Kristus artinya hidup untuk melakukan kehendak Tuhan. Dahsyat ya! Paulus nggak takut mati bahkan kalo mati pun dia seneng karena bisa langsung ketemu Tuhan Yesus. GF! berdoa gf!ers yang udah baca edisi November (Life After Death 1) nggak takut mati dan punya pengertian benar soal kematian dan arti hidup. Amin!
Soalnya masih ada orang Kristen nggak pengen pergi ke surga bersama Kristus. Terlalu cepat, soalnya belum puas menikmati dunia. Beda sama Paulus yang merasa perlu untuk tinggal di dunia karena mengasihi jiwa-jiwa, bukan karena seneng sama hal-hal lain. Banyak hal yang begitu sempit dipikiran orang Kristen yang belum mau ke surga: belum married, cita-cita belum kesampaian, belum sukses, nggak mau pisah sama teman, belum keliling dunia, dll. Apa bener di surga nggak ada apa-apanya? Find out more!

SURGA: WHAT?

gF!ers yang smart, gF! percaya banget kalo gF!ers bukan termasuk orang-orang yang menganggap kalo surga itu adalah suatu tempat khayalan. Soalnya ada golongan orang yang mengejek secara langsung en nggak percaya secara serius. Sssttt…termasuk orang Kristen sendiri lho! Sedih banget yah.

Lihat deh pendapat-pendapat yang bermunculan tentang surga:
1.     Surga adalah penemuan manusia, suatu negeri antah berantah, negeri impian.
2.     Surga adalah keadaan yang memuaskan hawa nafsu, contohnya: seks, heroin, minuman keras, dll itulah surga dunia dimata mereka
3.     Surga bukan suatu tempat, tapi cuma gambaran yang dibuat manusia

Terserah apa kata orang, gF!ers percaya Firman Tuhan aja deh! Surga adalah:
1.     tempat di mana Kristus pergi pada hari kenaikanNya dan dari surga juga Kristus akan datang kembali. 
“Di rumah Bapaku banyak tempat tinggal. Sebab Aku pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya ditempat dimana Aku berada, kamupun berada” – Yohanes 14:2
Terjemahan lain mengubah tempat menjadi “kamar” atau “tempat tinggal”, bahkan dalam alkitab bahasa Eskimo menjadi “igloo”. Karena orang-orang Eskimo nggak pernah bepergian, jadi nggak punya gambaran lain mengenai suatu tempat kediaman.

2.     tempat yang dipersiapkan untuk orang-orang yang telah ditentukan
“Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di surga’– Matius 5:12

3.     kota suci dimana Allah adalah pembangun dan pendirinya.
Surga melambangkan kebersamaan dan persekutuan. Di surga kita akan ketemu dengan Pribadi Yesus dan sesama kita (orang-orang pilihan) di dalam kemuliaan sebagai warga surgawi yang saling mengenal dalam persahabatan dan hubungan erat yang kudus.

4.     inti pengertian surga: persekutuan dengan Allah di suatu tempat yang sekarang sedang dipersiapkan oleh Juruselamat bagi orang percaya.
Ketika kita berada di surga, kita diubahkan sama seperti Yesus dan akan punya ukuran baru, nilai baru, sukacita baru, nyanyian baru, hati baru, hidup baru, kesetiaan baru, pengertian baru, dunia baru dan tempat tinggal baru. Yang paling utama dan paling menyenangkan tentang surga adalah: Pribadi Kristus sendiri!
Tapi, selagi hidup di bumi, sebenarnya kita punya surga di dalam diri kita, yaitu Tuhan Yesus. Ini sangat tergantung gimana tingkat persekutuan kita sama Tuhan selama hidup. That’s why, gaul dong sama Tuhan!
Ketika kita berada di tempat dimana Tuhan berada, waktu kita sedang melakukan tepat seperti yang Tuhan suruh, waktu kita menampilkan karakter Kristus dalam keseharian kita, disitulah saat dimana kita sedang mengimpartasikan surga di dunia. Wah, bayangin, sekarang dimana-mana orang sedang diserang rasa takut dan kuatir, tapi gF!ers tampil beda karena ada Yesus (baca:surga) dalam diri kita. Kita malah penuh damai sejahtera dan sukacita. Alhasil, semua orang dipulihkan lewat hidup kita. Itu semua karena hadirat Allah (baca:surga) yang terpancar keluar dari hidup kita.
Sebenarnya kita bisa membawa hal-hal surgawi ke dunia melalui persekutuan kita yang intim sama Tuhan. Makin dalam cinta kita sama Tuhan, kita nggak akan segan-segan berkorban, bayar harga, militan dan radikal buat Tuhan! Wah, asyik banget kan! Kalo udah gini, Tuhan juga nggak akan segan-segan mempercayakan kuasa, pengurapan, mujizat, otoritas, dan hal-hal yang belum pernah timbul dalam hati kita (1 Kor 2:9). Itu semua berasal dari kediamanNya di surga. So, tunggu apa lagi? Gaul sama Tuhan! Start from now, guyz!
Jadi, surga bukan teori atau spekulasi. Mungkin kesalahan kita yang terbesar waktu memikirikan tentang surga adalah dengan mengaitkannya dengan kebendaan. Surga menurut ajaran Kristus sepenuhnya punya arti rohani.

SURGA: WHERE N’ HOW?
Emang nggak bakalan ada peta ke surga. Surga nggak bisa ditentukan letaknya menurut istilah-istilah ilmu bumi. Modal utama kita cuma: percaya apa kata Firman Tuhan alias nggak bisa ke surga tanpa iman. Kalo mau tau lebih banyak, dengerin aja kaset kesaksian orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak yang pernah dibawa Tuhan Yesus ke surga melalui mimpi maupun penglihatan. GF! referensikan gF!ers baca buku-buku bagus yang ditulis hamba-hamba Tuhan besar yang pernah menginjak surga (bahkan neraka):
-          I Saw Heaven (Saya Melihat Surga)- Roberts Liardon, penerbit: Imanuel
-          Aku Percaya akan Penglihatan – Kenneth E. Hagin, penerbit: Imanuel

Saksi mata dalam alkitab yang pernah ke surga:
1. Rasul Yohanes yang udah tua berusaha menceritakan sesuatu kepada kita di kitab Wahyu tentang apa yang dia lihat dalam penglihatannya. Di pulau Patmos sebagai seorang buangan, dalam penglihatannya Yohanes berusaha menggambarkan penglihatan dan pengalaman yang diperolehnya dalam bahasa manusia. Ia menuliskan kemuliaan-kemuliaan yang nggak mampun kita mengerti dengan logika, kecuali dengan iman dan pewahyuan langsung dari Tuhan.
Nggak heran Yohanes pake bahasa yang tinggi dan hebat banget untuk imajinasi manusia. Surga terlalu megah dan luas untuk daya pikir kita yang terbatas. Dalam Wahyu 21:18-21, here the heaven looks like:
-          jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening...
-          tembok itu terbuat dari permata yaspis...
-          kedua belas pintu gerbang itu adalah dua belas mutiara: setiap pintu gerbang terdiri dari satu mutiara

Can you imagine, gF!ers? gF! yakin apa yang dilihat Yohanes masih jauuuh lebih indah daripada yang dapat dilukiskan oleh bahasa manusia. Uraian Yohanes berisi sebagian lukisan yang mengesankan dalam alkitab. Pelukisan itu sangat mempengaruhi seni dan kesusasteraan, dan musik Kristen sepanjang masa.
Disebutkan Yohanes, di surga ada emas, mutiara, mahkota, nyanyian, pohon-pohon, buah-buahan, sungai, dan lautan kaca. Tapi itu semua bukan daya tarik utama, semua itu hanya lambang kemuliaan. Tersembunyi dalam tiap dinding, pintu gerbang, jalan emas, dll adalah pesan yang lebih mendalam. Pusat kemuliaannya adalah Tuhan, daya tarik utamanya Kristus. Keindahan utamanya adalah rohaninya, bukan bendanya.

2. Rasul Paulus pernah punya pengalaman diangkat ke surga dalam 2 korintus 12:1-4. Dia menyebutnya sebagai “tingkat ketiga surga” atau “firdaus”.  Apakah ini pengalaman secara fisik atau roh? Paulus sendiri bilang nggak tau, cuma Tuhan yang tau. Paulus menyebut pengalaman ini sebagai pernyataan yang luar biasa dan menyimpulkan bahwa pengalaman ini bisa membuat orang jadi sombong “supaya aku jangan meninggikan diri..aku diberi suatu duri dalam dagingku (2 Korintus 12:7).
Dalam beberapa terjemahan alkitab, Paulus mengatakan kalo ia mendengar:
-          kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia
-          hal-hal yang begitu menakjubkan, sehingga nggak bisa dilukiskan dengan kata-kata

Jadi Paulus tetap bungkam alias nggak cerita apa-apa tentang kata-kata yang dia dengar. Karena Paulus tau,  pengalaman dahysat ini nggak bisa diungkapkan dengan bahasa manusia. Hanya Paulus yakin kalo surga adalah tempat mulia yang melebihi apapun yang kita kenal di bumi. Bahkan Paulus bilang pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus itu jauh lebih baik (Filipi 1:23).

“Kewargaan kita adalah di dalam surga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuhNya yang mulia” -- Filipi 3:20-21

WHAT’S ON HEAVEN?
Dalam kitab Wahyu, Yohanes menuliskan di surga banyak benda yang melambangkan sesuatu. Yaitu:

  1. TEMBOK-TEMBOK KOTA
Lambang: keamanan dan pemisahan.
Semua kota kuno dibentengi untuk mencegah para pengacau dan melindunginya dari serbuan musuh. Dibelakan tempbok-tembok itu penduduk tinggal dengan aman, bebas dari kekuatiran akan adanya serangan, karena alkitab berkata,”
“Tetapi anjing-anjing dan tukang-tukang sihir, orang-orang sundal, pembunuh, penyembah-penyembah berhala adn setiap orang yang mencintai dusta dan yang melakukannya, tinggal di luar”—Wahyu 22:15 dan tidak akan masuk di surga:
“...sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis dalam kitab kehidupan Anak Domba itu” – Wahyu 21:27

  1. PINTU-PINTU GERBANG YANG TERBUKA
Lambang: simpati dan kemurahan hati dari jiwa yang telah disempurnakan.
Di sini ada persekutuan sejati antara orang-orang yang telah ditebus
“Dan pintu-pintu gerbangnya tidak akan ditutup pada siang hari, sebab malam tidak akan ada lagi di sana – Wahyu 21:25

  1. SUNGAI AIR KEHIDUPAN YANG JERNIH SEPERTI KRISTAL DAN MURNI
Lambang: sukacita yang murni dalam kehidupan yang kudus.
Ini dia sifat Allah yaitu kekudusan. Manusia telah mewarisi sifat dosa, bahkan selama masih di dunia orang-orang Kristen masih terus menghadapi peperangan rohani antara manusia lama dan manusia baru dengan sifat-sifatnya yang bertolak belakang. Tuhan punya rencana supaya kita disempurnakan dan menjadi serupa dengan Yesus. Untuk itu Yesus mati demi menyucikan dosa-dosa kita dengan darahNya yang mahal.

  1. JUBAH-JUBAH PUTIH
Lambang: kekudusan mutlak
Kain lenan dari jubah imam berwarnah putih. Di seluruh alkitab, warna putih adalah lambang kesucian. Pengantin perempuan dalam perjamuan kawin Anak Domba dikatakan:
“kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih, karena lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus” – Wahyu 19:8
Cuma orang yang hidupnya kudus bisa masuk ke surga. Nggak ada tawar-menawar, lho! Dosa dilarang masuk surga. Bertolak belakang banget yang dengan kehidupan di dunia yang penuh ketidaksempurnaan, dosa dan kelemahan.
“Semua orang telah berbuat dosa adn telah kehilangan kemuliaan Allah” – Roma 3:23
Waduh, gimana mungkin bisa hidup kudus dengan sempurna? Nggak sanggup deh rasanya! Hei, gF!ers, inget lho, untuk bisa jadi kudus nggak bisa dengan kekuatan manusia. Yang penting selagi hidup di dunia gF!ers punya tekad bulat dan komitmen MAU HIDUP KUDUS, nggak main-main. Maka gF!ers akan dimampukan oleh Tuhan. Tuhan melihat kedalaman hati kita. Dia nggak bisa ditipu, jadi mendingan hidup jujur, terbuka dan tulus dihadapanNya. Walaupun di dunia banyak sekali cacat dalam watak kita, tapi suatu saat Kristus akan menempatkan kita di hadapan Allah Bapa “tanpa cacat atau kerut”, tapi sepenuhnya didalam DIA (Efesus 5:27). Di Surga kita akan menjadi kudus.

  1. MAHKOTA-MAHKOTA DAN DAUN-DAUN
Lambang: kemenangan
Suatu saat peperangan itu akan berakhir, pergumulan akan selesai. Pastikan gF!ers sampai di garis finish. Kita akan menang berkat kasih karunia Tuhan. Hei, jangan lupa kita ditentukan sebagai orang yang lebih dari pemenang. Mantap, man! Hiduplah seperti seorang pemenang, not as a loser. Menang dari dosa: sakit hati, kecewa, dendam, zinah, cabul, dusta, dll.
“Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telahmencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku  mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatanganNya” – 2 Timotius 4:7-8
Alkitab mencatat ada 5 mahkota yang disediakan bagi gF!ers, siap-siap deh:
a.     mahkota sukacita (1 Tes 2:19, Filipi 4:1)
diberikan buat gF!ers yang memenangkan jiwa untuk Tuhan
b.    mahkota kebenaran (2 Tim 4:8)
disediakan buat gF!ers yang merindukan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Untuk bisa rindu gF!ers harus selalu berjaga-jaga, nggak main-main lagi, en always beritakan injil.
c.     mahkota kehidupan (Yak 1:2, Wahyu 2:10)
diberikan kepada gF!ers yang setia sama Tuhan Yesus sampai akhir. Untuk itu perlu namanya mati terhadap dosa, kedagingan en daya tarik dunia. 
d.    mahkota abadi (1 Kor 9:25)
selamat untuk gF!ers yang imannya tahan uji, menang dalam pencobaan, alias jadi pemenang!
e.     mahkota kemuliaan (1 Kor 5:4)
Tuhan mau semua gF!ers ambil peran untuk melayani jiwa-jiwa, lho! Jangan pikir cuma bagian pendeta. Dia mau kita ikut memelihara domba-domba yang dipercayakan sama kita. That’s why, ikut pemuridan supaya bertumbuh dan bisa memuridkan orang lain. Kalo setia, siap-siap deh menerima mahkota kemuliaan.

  1. EMAS, BATU YASPIS, DAN MUTIARA-MUTIARA
Lambang: kekayaan surga
Jelas di surga nggak ada kemiskinan. Sebenarnya kita sedang dimotivasi untuk mengumpulkan harta di rumah kita yang kekal.
“Tapi kumpulkanlah bagimu harta di surga; di surga ngengat dan karat tidak akan merusakkannya dan pencuri tidak akan membongkar serta mencurinya” – Matius 6:20
Banyak orang mencari uang, menumpuk kekayaan sebanyak-banyaknya. Tanpa sadar banyak yang terjebak jadi mata duitan, mengukur segalanya dengan uang. Tentu aja nggak ada yang salah dengan menjadi kaya di dunia, tapi alkitab sudah kasih warning supaya kita jangan jadi hamba uang. Dan kita disarankan mengumpulkan harta di surga yang sifatnya kekal. Lho, gimana caranya mengumpulkan harta di surga?
Alkitab mencatat apapun yang kita tabur akan kita tuai, dengan kata lain banyak atau sedikitnya upah yang kita terima dari Tuhan tergantung dari apa yang kita lakukan di bumi.
“Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upahKu untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya – Wahyu 22:12
Yang perlu diingat, apa aja yang kita lakukan di dunia ini, pastikan untuk menyenangkan hati Tuhan, just because we love HIM so much. Oke kan?
Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai UPAH. Kristus adalah tuan dan kamu hambaNya. Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang – Kolose 3:23-25

  1. NYANYIAN-NYANYIAN, BUNYI PETIKAN KECAPI DAN PESTA
Lambang: kebahagiaan dan sukacita y ang berlimpah, yang belum pernah kita alami dan ucapan syukur tanpa henti untuk segala kebaikan Tuhan. Ada tiga jenis nyanyian di surga, yaitu: nyanyian baru, nyanyian Musa dan nyanyian Anak Domba.
Menurut kesaksian Roberts Liardon dalam bukunya I Saw Heaven, dia melihat ada orang-orang yang membayar harga untuk ‘membeli’ nyanyian dari surga untuk dinyanyikan di bumi. Penggubah lagu Mesias, Handel bersaksi,” Saya rasa saya telah melihat seluruh surga terbuka di hadapan saya dan juga Allah yang maha agung...saya merasakan Allah telah melawat saya.”

PERHATIAN!!!
TULISAN BERIKUT HANYA BOLEH DIBACA OLEH MEREKA YANG MERASA SURGA ITU MEMBOSANKAN!
Hati-hati buat kamu yang merasa surga itu ngebosenin! Soalnya jangan-jangan kamu nggak bakalan ke surga. Wah...kejam banget sih statement-nya?
Ssstt..jangan marah dulu dong! Renungkan dulu deh berikut ini!
Kalo selama hidup kita cuma jadi orang Kristen biasa-biasa atau bahkan setengah-setengah, dengan ciri-ciri seperti ini:
-          nggak suka berdoa
-          nggak suka memuji menyembah Tuhan
-          nggak suka hal-hal yang rohani
-          jauuuh lebih suka nonton TV atau pergi ke bioskop atau ngerumpi bareng temen, daripada bergaul intim sama Tuhan
-          rutin dengan kegiatan rohani tanpa punya pengertian yang benar tentang kehendak Tuhan yang sebenarnya dalam hidup kamu
-          dll

Wah, kalo bener begitu, bisa dipastikan kita nggak akan merasa bahagia di surga. Jangan pernah berharap bisa memuaskan hawa nafsu di surga. Di surga segala sesuatu berjalan tertib, damai, suci dan kasih yang terus mengalir antara kita dan Tuhan. Maaf, bahkan bisa dibilang, iblis telah berhasil membuat kita untuk lebih mengasihi dunia daripada Tuhan sendiri! Tentu saja itu pekerjaan si penipu itu, yaitu mencegah kita bersekutu selama-lamanya bersama Pencipta kita di surga. Padahal kita tau apapun yang kita senangi di dunia (jabatan, kekayaan, kecantikan, kegantengan, popularitas, dll) NGGAK ADA YANG KEKAL, semua hanya sementara.
Semua yang sifatnya kekal cuma ada di SURGA: damai sejahtera, kebahagiaan, sukacita, kasih, dll.

APA YANG NGGAK ADA DI SURGA, TAPI ADA BANYAK DI BUMI?
1. DOSA
Surga adalah tempat yang suci. Iblis si penguasa kegelapan nggak bisa melawan Tuhan Yesus.
“Maka tidak akan ada lagi laknat” – Wahyu 22:3
Nggak kebayang deh asyiknya suatu kehidupan tanpa dosa. Nggak ada lagi tuh yang namanya  penghakiman, nggak ada rasa bersalah, nggak ada lagi kutukan! Di dunia ini, setiap hari kita mendengar cerita tentang dosa seperti kota Sodom dan Gomora. Sudah dinubuatkan dalam alkitab:
“barangsiap yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang berbuat benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya” – Wahyu 22:!1

2. AIR MATA, KESAKITAN, KEMATIAN
Di surga, Tuhan akan menghapuskan semua air alias nggak ada lagi kesedihan atau dukacita. Saat ini di dunia, banyak orang berteriak minta mati akibat sakit penyakit yang diderita terlalu menyiksa. Tapi di surga, nggak ada lagi rasa nyeri dan sakit. Nggak ada lagi penderitaan jiwa dan rohani, karena segala keraguan, kepedihan, penyesalan dan rasa takut akan hilang.
“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu” – Wahyu 21:4
Wah, di surga kita bakal menghabiskan seluruh waktu dalam kekekalan bersama Tuhan.

3. PERPISAHAN
Dalam Wahyu 21:1 ditulis nggak ada lagi lautan. Dalam pandangan orang Yahudi laut adalah sesuatu yang menakutkan, sesuatuyang membawa perpisahan, penuh rahasia dan ketidaktenangan. Surga adalah indah karena perkara-perkaara yang tidak ada lagi di sana
Indah yah surga itu. Kutukan dosa akan dibasmi dan yang paling menyenangkan: iblis si bapa segala dusta, akan direbut kuasanya dan dibuang ke neraka forever, adn kasih Kristus akan memerintah sepenuhnya. ASYIIKKK BENEEERRR!

4. PERPECAHAN
Akan ada persekutuan diantara orang-orang kudus atau anak-anak Tuhan di surga. Semua orang di surga akan merasa betah, pikiran dan jiwanya akan berkembang dan memperoleh kebahagiaan yang terbesar. Kita akan berkumpul dengan orang-orang yang kita kasihi yang telah mendahului kita melalui gerbang kematian dan menunggu kedatangan kita.
Surga adalah gambaran persekutuan yang sesungguhnya. Perbedaan ras, suku, kebangsaan, bahkan kekeluargaan akan hilang semua. Yang ada hanya kesatuan atau unity dalam hubungan rohani. Persekutuan agung di surga adalah persekutuan dengan Tuhan. Itulah kemuliaan hidup kita nanti di surga.
“Ya Bapa, Aku mau supaya dimanapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu” – Yohanes 17:24

5. PENGANGGURAN
Banyak orang pikir di surga nggak ada kerjaan alias jadi pengangguran. Berakhirlah kesibukan pelayanan seperti yang biasa kita lakukan di gereja atau dimana aja. Mereka pikir surga tempat pelepas lelah.
Tapi di surga selalu ada kegiatan karena surga itu nggak monoton, atmosfer surga selalu dinamis mengikuti gerakan Allah. Nggak bakalan bosen. Pelayanan di surgalah yang merupakan pelayanan yang sesungguhnya. Bedanya sama dunia, surga adalah tempat bekerja atau melayani tapi tanpa kutuk jerih lelah seperti di bumi.
Bedanya lagi, dalam hidup ini kita menganggap melayani berarti memberi bantuan pada orang lain. Bahkan kalo disebut melayani Tuhan, artinya memperhatikan orang yang kurang beruntung (Matius 25:40). Jadi gimana bentuk pelayanan kita di surga?
hamba-hambaNya akan beribadah kepadaNya” – Wahyu 22:3
Intinya gini, kita akan melayani Tuhan dengan cara yang sempurna dan menyenangkan, yaitu karena kita mengasihi PribadiNya. Cinta kita nggak akan pudar bahkan terus menyala-nyala, ini yang bikin kita nggak akan pernah bosan melayani Dia di surga.

 “karena itu mereka berdiri di hadapan tahta Allah dan MELAYANI Dia siang malam di Bait SuciNya. Dan Ia yang duduk di atas tahta itu akan membentangkan kemanNya di atas mereka. Mereka tidak akan menderita lapar dan dahaga lagi, dan matahari atau panas terik tidak akan menimpa mereka lagi. Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah tahta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka kemata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka” – Wahyu 7:15-17

PENTING! PENTING!
TULISAN INI WAJIB DIBACA OLEH MEREKA YANG PENGEN BANGET KE SURGA!

Selamat, gF!ers...! Kamu nggak bakalan nyesel deh dengan pilihan ini! This is the best choice you’ve ever made!
  1. Terima Yesus sebagai juru selamat pribadimu. Kenapa harus begitu?
“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam DIA (YESUS KRISTUS), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” – Kisah 4:12
  1. Sangkal diri
Kita musti mau ‘memaksa diri’ buat melakukan Firman Tuhan, misalnya: baca firman Tuhan, berdoa tiap hari, mengampuni, berbuat baik, jujur, dsbnya. Soalnya, kita cenderung ngikutin maunya kita sendiri daripada maunya Tuhan.
  1. Pikul salib
Nggak selamanya ikut Tuhan itu ‘enak’. Ada waktunya kita harus ngalamin tantangan, nggak diterima sama lingkungan gara-gara kita melakukan firman Tuhan, dll. Karna itu kita harus siap untuk menderita untuk Kristus.
Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya SETIAP HARI dan mengikut Aku – Lukas 9:23
  1. Setia sampai akhir
Kita semua adalah orang-orang pilihan Tuhan, yang dipanggil untuk menggenapi rencana Tuhan. Tapi untuk bisa ke sana, dibutuhkan yang namanya kesetiaan. Banyak orang yang baik dan hebat dalam pelayanan, tapi hanya sementara. Waktu menghadapi cobaan, kesulitan, atau hal-hal yang tidak sesuai keinginan, mereka mundur dari Tuhan bahkan murtad. So, jaga kesucian iman kita, setia sampai akhir apapun yang terjadi. Be faithful!
“Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia." – Wahyu 17:14b


naskah: ti

Fresh!reference:

-The Holy Bible
-Heaven, Chales Ferguson Ball
-Will You Be Bored In Heaven?, Keith Greenin
-I Believe in Visions, Kenneth E. Hagin
-Calvary Road, Roy Hession

APA SIH ARTI KEKEKALAN?

Pernah nggak gF!ers bayangkan apa arti kata KEKAL?
Menurut kamus bahasa Indonesia, KEKAL adalah waktu tanpa batas.

Tanpa batas? Berarti sampai kapan dong?

Yah sampai selama-lamanya!
Selama-lamanya?! Berarti nggak ada lagi yang namanya musti sekolah, bangun pagi-pagi, bikin tugas, belajar buat ulangan, asyik dong …nggak bakalan lagi deh dimarahin guru, atau ortu, disuruh ini dan itu, siiippplaaahhh … nggak bakalan juga ketemu lagi sama temen yang rese’, dll.

Eiiitt…tapi kalo selama-lamanya berarti kita nggak bisa lagui pergi ke pesta, jalan-jalan ke mal, nonton, … terus nggak ada lagi dong pergi makan bakso sama pacar, chatting atau maen counter strike bareng temen-temen. Dan yang pasti nggak ada lagi dong hadiah ulang tahun karena dalam kekekalan nggak ada lagi perhitungan tahun.

Wah …  betulan kekekalan tuh ada ? Betulan dong ! Karena hidup di bumi ini adalah sementara sifatnya dan setelah itu kita masuk dalam dunia kekekalan. Death is the last chapter of time and the first chapter of eternity. Jadi kematian merupakan akhir hidup kita yang sementara di bumi dan merupakan awal dari kehidupan yang baru dalam kekekalan.

Dan dalam dunia kekekalan ini ada 2 tempat yang disebut surga dan neraka. Mereka yang masuk surga akan selama-lamanya tinggal di surga; sedang mereka yang masuk neraka juga akan selama-lamanya berada di neraka.
So, kalo kita udah masuk neraka akan terus berada di neraka sampai selama-lamanya ? Apakah nggak ada lagi kesempatan untuk memperbaiki hidup dan minta ampun dosa supaya bisa pindah masuk ke surga? … Right, inilah uniknya kekekalan!
Sekali kita masuk dalam kekekalan, maka akan selama-lamanya sampai selama-lamanya kita berada dalam di surga atau neraka.

Kalo begitu selama menjalani hidup di dunia, inilah waktunya yang akan menentukan dimana kita akan menghabiskan hidup kita dalam kekekalan nanti, di surga atau neraka, …makanya:
1. pergunakanlah kesempatan selama kita masih hidup
2.pastikan untuk selalu berada di jalan menuju surga.
Supaya ketika kematian yang datangnya tidak terduga dan secara tiba-tiba menjemput, kita akan diantar menuju tempat perhentian selama-lamanya di surga, bukan di neraka.
3.Jangan sia-siakan hidupmu.
Karena akan datang waktunya kematian menjemput dan kita akan masuk dalam dunia kekekalan yang tidak terbandingkan dengan kehidupan di bumi ini.
Pertanyaannya, dimana kita akan menghabiskan kekekalan ?

SURGA ATAU NERAKA? THE CHOICE IS YOURS!

(sammy lazuardi)



Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

1 comment:

  1. keren artikelnya! iman jadi bertambah teguh....

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com