Monday, March 19, 2012

BOSSY, ATAU...


BOSSY, ATAU...

Dunia gaul kita emang luas, apalagi yang namanya anak muda, seneng banget dong kalo kita punya banyak kenalan, rasanya enak kalo bisa jadi anak gaul. Pernah nggak sih kepikiran, sebenernya tipe model kita dalam bergaul seperti apa? Apa kita tipe orang yang suka bahkan seringnya nyuruh-nyuruh temen yang punya prinsip “my way” atau tipe orang yang ngalah, ya… cari amannya deh, “Gimana elo aja dah, gue sih ngikut aja.” Hem… kalo gitu coba deh kita cari tau lewat kuiz ini:

1. Waktu kamu ngerjain tugas di sekolah :
a.     Kamu langsung selesaikan semua tugas tepat waktu.
b.     Kalo bisa kamu kerjain sendiri.
c.     Wah, gue sibuk, entar minta tolong sama si “A” aja, pasti dia mau.

2. Kapan kamu mau ngebersihin kamar tidurmu?
a.     Ah…, entar tinggal suruh si Inem.
b.     Santai aja, pokoknya semua bisa rapi en bersih.
c.     Kotor dikit aja pasti gue langsung bersihin.

3. Saat jam makan siang, kamu:
a.     Memilih makan siang di rumah en ditemani mami tercinta.
b.     Cari makan siang yang terdekat menurut seleramu.
c.     Harus makan siang bersama temen-temen, sambil ngerumpi.

4. Kamu sampe di sekola/ di kampus:
a.     10-15 menit sebelum yang laen datang.
b.     Nggak selalu harus on time, yang penting hadir.
c.     Selalu terlambat.

5. Kamu pergi ke gereja dengan:
a.     Orang tua en saudara.
b.     Temen-temen.
c.     Sendiri aja.

6. Waktu kamu ngeliat temen kamu ada yang bertengkar, kamu bakalan:
a.     Ambil langkan 1000, cabut secepatnya dari tempat itu.
b.     Berusaha mendamaikannya.
c.     Diam aja, abis bingung mo ngapain.

7. Saat voting untuk pergi berenang atau nonton dengan temen-temen, kamu bakalan:
a.     Ngikut aja deh yang penting rame.
b.     Liat dulu sama waktu en ‘kocek’ kamu.
c.     Enakan juga berenang, kan bisa sekalian ngeceng yang cakep-cakep di sekitar kolam renang plus minta temen-temen sebelah ikutan ide kamu.

8. Pernah nggak sih kamu pergi ke restoran yang menurut kamu paling enak en mahal, trus makan malem sendirian sambil duduk di meja yang paling pojok?
a.     Nggak pernah.
b.     Dibawah 10 kali.
c.     Pernah sekali.

Score:
1. a. 3  b. 1  c. 5
2. a. 5  b. 1  c. 3
3. a. 3  b. 5  c. 0
4. a. 1  b. 3  c. 5
5. a. 3  b. 5  c. 1
6. a. 5  b. 3  c. 1
7. a. 1  b. 3  c. 5
8. a. 1  b. 5  c. 3

Nilai 40-27
Tipe Bossy
Sebenernya, pada dasarnya kamu kepengen diakui en dihargai sama orang-orang di sekeliling kamu, but sayangnya kamu jadi berusaha membuat orang lain ikut sama segala keinginanmu, bahkan sampe-sampe ke  cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan kamu itu. Be careful guys! Kalo terus-menerus begini, bisa-bisa kamu stress en capek sama diri kamu sendiri. Gak nutup kemungkinan kalo akhirnya temen-temenmu yang nggak sependapat sama kamu bakalan mulai ngejatuhin kamu.
Buat segala sesuatunya fleksible dong, terutama sama temen-temen sekeliling kamu. Ya? Mulailah perubahan itu dari diri kamu sendiri, en liat deh, nantinya lingkungan sekitarmu bakalan mulai membuka dan menerima kamu apa adanya kok… en mulai dong jadi berkat buat orang laen. Belajarlah untuk nggak egois en nggak mentingin diri kamu sendiri. Kamu juga pasti nggak suka kan kalo temenan sama orang yang egois, yang selalu mentingin dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain?

Nilai 26-13
Tipe Medium Rare
Great! Kamu orangnya tau dalam besikap, dalam mengambil keputusan en tentunya kamu selalu berusaha mengerjakan yang terbaik. Biasanya banyak orang ingin menjadi temanmu. But, inget jangan cukup puas cuma sampe disini. Masih banyak hal yang bisa kamu lakuin lebih lagi buat Tuhan, buat keluarga en juga temen-temen kamu. Mintalah karunia-karunia yang lain dari Tuhan… so pasti Dia bakal ngasih supaya kemuliaanNya terbit atasmu. Jangan lupa juga selalu pergunakan hikmat yang dari Tuhan dalam pergaulanmu, sebab pergaulanmu bisa menjadi berkat untuk teman-temanmu. Amien!

Nilai 3-12
Tipe Kacung atau ‘He eh’
Diterima orang laen apa adanya merupakan prinsip dasar kamu. Memang itu bagus, tapi coba pikirkan kenapa? Pasti ada yang kurang atau aneh dalam diri kamu sampe kenapa prisip itu kamu pakai buat berteman. Rasanya kurang tepat kalo kamu selalu mengambil posisi ‘pengikut setia’ temen-temen atau kelompokmu. Or karena cari amannya bikin kamu nggak berani mengeluarkan pendapatmu. Be yourself dong! Mulailah menghargai kamu sendiri dengan berpikir positif sama setiap keputusan yang kamu ambil, of course sesuai dengan Firman Tuhan dong. Sebaiknya hindarkan atau jangan banyak berharap pada jawaban orang lain. Bersikaplah tegas, kadang tegas itu perlu loh dalam pergaulan, jangan takut pendapatmu nggak dihargai, apalagi cari amannya aja, bisa-bisa temen-temenmu nggak lagi menghargai kamu sebagai temennya yang bisa dimintai pendapat or saran. Belajarlah untuk punya keputusan sendiri. Memang awalnya sulit, tapi nggak ada kata terlambat kok buat memulai segala sessuatunya. Okay?






Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com