Friday, March 2, 2012

FILM KIAMAT


Kiamat. Itu kata orang-orang “dunia” menggambarkan akhir zaman. Kehancuran bumi, kehancuran jagat raya, ini menakutkan bagi mereka semua. Banyak macam teori bagaimana terjadinya kiamat itu, meteor raksasa yang akan menghantam bumi, pemanasan global, tenggelamnya daratan karena kutub mencair, perang dunia, sampai kepada invasi alien dari planet lain. Orang –orang yang sedikit “paranoid” mereka sangat ketakutan akan terjadinya hari itu, mereka membangun bunker di bawah tanah, mencari tempat baru di planet lain, dan berusaha dengan kekuatan seniri melalui teknologi untuk mencegah kiamat terjadi. Hal ini tergambar dalam usaha-usaha manusia menghindari kiamat dari tema-tema cerita film-film Hollywood.

ARMAGEDDON
(Bruce Willis, Billy Bob Thornton, Liv Tyler, Ben Affleck, Will Patton, Steve Buscemi.).
Armageddon, istilah yang di”sadur” oleh Amrik atau Hollywood sebagai hari kiamat. Hampir sama temanya dengan Deep Impact, bumi akan mengalami kiamat karena sebuah meteor sebesar kota Texas sedang menuju kearahnya, dan NASA menyerahkan nasib bumi dan umat manusia pada sekelompok tukang mengebor minyak bumi  untuk menyelamatkannya. Ini adalah contoh dari banyak contoh American’s Dream, dimana orang biasa, bahkan tidak diperhitungkan oleh manusia, dalam sekejap mata menjadi pahlawan, tanpa usaha yang berarti. Hati-hati dengan tema seperti ini karena dalam kenyataannya hal itu jarang terjadi.. easy come easy go. Kita harus berjuang untuk menjdapatkan keberhasilan, tidak bermimpi berhasil tanpa usaha, no pain no gain!
Hal positif yang diangkat dari film ini adalah pertalian keluarga yang erat karena sang ayah (Bruce Willis) sangat sayang kepada anak gadisnya (Liv Tyler) dan ia menjadi seperti juru selamat yang rela mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran. Alangkah baiknya jika yang menonton film ini sadar bahwa hal itu telah dilakukan oleh Yesus Kristus yang mati di kayu salib untuk menyelamatkan dunia.

END OF DAYS
(Arnold Schwarzenegger, Gabriel Byrne, Robin Tunney, Kevin Pollak, Rod Steiger).
Sebelum nonton film ini ketahuilah kebenaran firman Tuhan terlebih dahulu karena dalam film ini banyak terkandung materi spiritual yang diambil dari alkitab dengan penafsiran yang diputarbalikkan.
Dengan mengambil sepotong ayat dari Wahyu 20:7 yang diambil keluar dari konteksnya, “Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, iblis akan dilepaskan dari penjaranya.”, dari ayat ini diceritakan iblis akan keluar untuk mencari “pengantin”nya setiap 1000 tahun, artinya tahun 1999 menuju tahun 2000 adalah tahun keluarnya si iblis. Tahun 1979 lahir seorang bayi perempuan, Christine York yang 20 tahun kemudian akan menjadi pengantin si iblis. 20 tahun kemudian, di malam tahun baru, iblis keluar untuk “menikah” dengannya agar lahir keturunan berupa antichrist yang akan menghancurkan dunia. Jericho Cane (Arnold Schwarzenneger) berusaha menggagalkannya dan menjadi “juruselamat” dengan cara membiarkan si iblis masuk dalam tubuhnya dan kemudian bunuh diri… hmmm bukan akhir yang baik untuk orang percaya seakan-akan Tuhan tak dapat berbuat sesuatu tapi bagi orang “dunia”, betul-betul perbuatan yang patut diberi penghargaan nobel karena aksi “juru selamat”nya!
Hal positifnya cuman adegan Arnold yang dengan gaya Terminatornya akhirnya sadar bahwa ia tak mampu melawan iblis dengan kekuatan sendiri, ia menjatuhkan senapannya dan berdoa: Please, God, help me. Give me strength". Kemudian pernyataan seorang pendeta Vatikan yang menolak membalas kejahatan dengan kejahatan. Dan satu lagi… akhir cerita iblis kembali ke alamnya (menunggu 1000 tahun lagi?).  Ya… tapi gak sebanding dengan hal negatifnya karena film ini banyak sekali memuat hal spritual yang bisa menyesatkan, contohnya disebutkan bahwa Yohanes yang menulis kitab Wahyu salah lihat angka, antikris itu bukan 666 tapi terbalik 999 (hehe, lucu), dimana tahun tersebut iblis keluar dan 1000 tahun kemudian (1999) keluar lagi. Kemudian pendeta-pendeta yang hendak membunuh Christine York karena mempunyai tanda iblis (bukannya mengusir secara roh, malah membunuh tubuhnya). Lalu banyak muncul satanisme. Buruknya Cane diceritakan seorang alkoholik berat yang tidak dapat berhenti, adegan full kekerasan, adegan seks dan umpatan.

X-FILES: FIGHT THE FUTURE
David Duchovny, Gillian Anderson, Martin Landau, Blythe Danner, Armin Mueller-Stahl.
Lain lagi caranya kiamat versi X-Files, lewat penyakit misterius yang mewabah penduduk bumi. Film yang merupakan lanjutan kesuksesan dari serial Tvnya. Dimulai dengan adegan seorang manusia yang menemukan alien dalam gua tahun 35.000 SM, kemudian langsung ke zaman sekarang dimana sekelompok anak terperangkap dalam gua yang sama dan menemukan tengkorak dan keanehan terjadi dari sana. Kini bagaimana teknologi dan rencana FBI melalui dua agennya Fox Mulder dan Dana Skully menyelamatkan dunia.

DEEP IMPACT
Robert Duvall, Tea Leoni, Morgan Freeman, Elijah Wood, Maximilian Schell, Ron Eldard, Vanessa Redgrave, Leelee Sobieski.
Dengan muatan spiritual yang sedikit lebih berat dari film Armageddon, Deep Impact menceritakan proses kiamat yang sama: hancurnya bumi oleh meteor raksasa. Seorang anak menemukan sebuah meteor yang bergerak mendekat ke bumi dalam kelas astronominya. Maka seluruh dunia panik, mereka tingal menunggu komet itu menghantam bumi. NASA dan Amrik seperti biasa menjadi pahlawan, dengan pesawat yang diberi nama Messiah (Mesias) diluncurkan untuk menembakkan bom nuklir agar meteor itu hancur sebelum menghantam bumi. Akhirnya para astronot bertekad untuk menabrakkan pesawat Messiah itu dengan mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan bumi.

INDEPENDENCE DAY
Will Smith, Jeff Goldblum, Judd Hirsch, Randy Quaid, and Brent Spiner.
Alien attack!! Sebuah piring terbang parkir di atas bumi, siap menyapu bersih umat manusia tepat pada tanggal 4 Juli. Maka manusia dari seluruh penjuru bersatu untuk melawan balik serangan alien. Kapt. Steeven Hiller (Will Smith) dengan keberanian dan kerelaannya berkorban menerobos masuk pesawat UFO dan memasukkan virus komnputer dalam sistem pesawatnya. Sayangnya meski disebutkan bahwa manusia (baca: amerika) bersatu dan memproklamirkan “in God we trust” tetapi mereka betul-betul hanya mengandalkan kekuatan sendiri.

Kamu-kamu boleh aja nonton film-film sekuler, tapi hati-hati dengan segala pesan yang terkandung di dalamnya, meski bagus belum tentu sesuai dengan firman Tuhan. Nonton film adalah bukan soal boleh atau tidak boleh, berguna atau tidak berguna, terlebih adalah soal berkenan atau tidakkah kepada Tuhan?
Dari sekian banyak film Hollywood khususnya yang bertemakan akhir zaman, kenapa kita gak nonton yang betul-betul dibuat sesuai firman Tuhan, selain menghibut,, menambah wawasan, diberkati dan tentunya meningkatkan kapasitas rohani berikut adalah film-film lama ataupun baru yang diproduksi berdasarkan kebenaran firman Tuhan.

  1. Apocalypse
  2. Apocalypse 2: Revelation
  3. Apocalypse 3: Tribulation
  4. 666 And The Mark
  5. A Thief In The Night
  6. A Distant Thunder
  7. Image Of The Beast
  8. The Prodigal Plane
  9. The Gathering
  10. Seven Signs of Christ Return
  11. Left Behind
  12. The Rapture
  13. Early Warning
  14. The Moment After
  15. Years of The Beast
  16. Future Tense
  17. End of Harvest
  18. The Judgement

Dan masih banyak lagi yang lainnya, untuk keterangan lebih lengkap a kamu bisa menghubungi The Vision Ministry (e-mail: sammy@melsa.net.id, atau 0818222326) untuk pelayanan pemutaran film atau PT Nugraha Tonari (e-mail: nugrahatonari@hotmail.com) untuk pemesanan VCD rohani.

1 comment:

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com