Wednesday, February 29, 2012

Israel Jam Akhir Zaman


Israel Jam Akhir Zaman

Kita sudah berada di penghujung akhir jaman. Karena tidak ada tanda dan tidak ada nubuatan dalam alkitab yang belum digenapi, bahkan nubuatan itu semakin sempurna. Salah satunya kalau kita belajar di dalam kitab wahyu bahwa dari materai pertama sampai materai ketujuh bicara tentang peperangan. Materai pertama adalah awal dari masa tribulasi, yang disebut dengan masa 7 tahun pengampunan terakhir Allah atas manusia karena dikatakan tidak ada lagi pengampunan dosa setelah itu. Materai pertama sampai ke tujuh berbicara tentang perang, kelaparan, maut, dan mati sahid. Nah, perang di sini adalah perang yang terjadi di daerah Timur Tengah. Saya lihat tanda-tanda ini mulai ada dan digenapi. Jadi bagi saya itu adalah tanda dimana kita sudah masuk dalam akhir jaman. Krisis ekonomi, gempa bumi, kebangkitan dan lahirnya bangsa Israel adalah nubuatan yang tidak bisa dipungkiri sebagai tanda. Yakobus 5:1-3 sudah bicara soal krisis yang akan membuat semua orang kaya meratap. Ini mulai terjadi di mana-mana, termasuk Indonesia, Singapura, bahkan di Jepang malah ada resesi. Nah, kita tidak tahu siapa pelakunya, tapi itu tanda akhir jaman.

Israel adalah “jam tanda akhir zaman” karena memang tanda waktunya itu ada di Israel. Dalam Matius 24 dikatakan, “lihatlah itu, kalau semuanya itu terjadi maka waktunya sudah ada di depan mata kita”. Apa yang terjadi di Israel akan menjadi titik waktu karena Yerusalem itu pusat dunia. Makanya seluruh dunia harus berdoa untuk kedamaian Yerusalem. Kalau Yerusalem damai, dunia ikut damai. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu sampai hari ini berita dunia selalu dipenuhi dengan Israel, negara kecil. Padahal negara Nigeria juga perang terus, tapi kenapa tidak diekspos. Di Israel walaupun hanya ada perang di pasar pun seluruh dunia bisa tahu, yang ditembak cuma satu seluruh dunia bisa tahu. Bandingkan di Indonesia, berapapun yang ditembak Amerika tidak dengar. Kenapa? Karena Israel adalah pusat dunia. Itu tanda waktu Tuhan, karena memang mereka biji mata Allah.

Pembangunan Bait Allah
Tuhan Yesus berkata pada akhir zaman konflik Timur Tengah tidak mungkin pernah selesai, makanya tidak pernah akan ada perdamaian di timur tengah. Tidak pernah akan ada manusia yang mampu mendamaikan mereka. Bahkan tanda yang terjadi adalah keterlibatan Rusia dalam perang Timur Tengah ini bersama dengan negara-negara Arab dan beberapa negara Afrika.

Kalau kita mau percaya, konflik yang sekarang ini terjadi itu karena persiapan dari bait Allah yang ketiga. Sekarang kongres di Israel dikuasai dari kongres partai Agama. Kebangkitan agama Yahudi di Israel mulai merajalela sampai kehidupan anak-anak kecil. Saya tetap berkata bahwa mereka begitu yakin bahwa pembangunan bait Allah itu harus dilaksanakan. Sebab kata Golden Meyer, seorang perdana menteri tahun 1975 di Israel dan juga Ahrul Sharon berkata tidak mungkin Israel ada tanpa Bait Salomo. Tidak mungkin Israel merdeka tanpa ibukotanya Yerusalem, dan tidak mungkin ada Yerusalem tanpa Bait Salomo. Itu pernah ditulis di media cetak. Rasanya nggak mungkin kehidupan bangsa Israel tanpa Bait Allah. Seperti mungkinkah kita bergereja tapi tidak ada tempat beribadah? Mungkinkah orang kristen sejati berkata saya di rumah saja berdoa titik, nggak perlu ke gereja sulit sekali. Sekarang suatu tempat yang mereka suci kan yaitu Bait Allah, saya berkata bahwa orang-orang Yahudi yang tidak menginginkan pembangunan Bait Allah yang ketiga adalah orang-orang Yahudi yang munafik. Kenapa Bait Allah itu sesuatu yang harus? Karena itu adalah lambang kehadiran Allah Shekinah Glory. Sebab itu mereka mengupayakan berbagai macam cara untuk tercapainya walaupun harus perang. Mereka mencari, mengali bermeter-meter bahkan bermil-mil sampai hari ini mereka terus menggali terowongan di bawah mesjid dan mereka berkeyakinan tabut perjanjian ada disana. Karena tidak mungkin ada di tempat lain. Karena orang-orang Yahudi yang berdoa disana merasakan begitu dekatnya dengan Allah, karena mereka percaya bahwa dibawah situ ada tabut perjanjian. Persoalannya sekarang adalah tinggal menunggu satu perintahnya kapan dibangun. Yang memberi perintah itu siapa, yaitu mesias mereka yang nanti kita sebut anti-kristus.
Kedua menunggu Lembu betina merah yang sedang dipelihara di Yerusalem, 28 km dari kota Yerusalem. Tapi kita tidak bisa pastikan apakah itu lembu merahnya karena yang penting lembu betina merah itu harus sempurna. Dari Missisipi Amerika lahir lembu merah dan ternyata sampai detik ini masih sempurna sudah berumur 9 bulan masih sempurna tidak ada bulu putihnya.
Benda-benda yang akan masuk di ruang suci, dan ruang maha suci sudah dipersiapkan semua. Baju efod, tempat ukupan, dll semuanya sudah dipersiapkan. Itu semua dibuat ulang oleh orang-orang Israel sesuai dengan kitab Yehezkiel, karena pembangunan bait Allah yang ketiga berdasarkan kitab Yehezkiel, hampir sama sebenarnya. Mereka juga membuat suatu sekolah namanya Ateret Kohanim Yeshiva. Kohanim itu dari kata Kohan yang berarti imam. William Kohan, Mentri Pertahanan Amerika itu berarti keturunan imam Lewi. Nah, mereka membuat suatu sekolah untuk mempersiapkan orang-orang yang akan menjadi imam. Disana mereka diajarkan bagaimana menjadi seorang imam sesuai dengan semua tata-cara. Bahkan mereka setiap minggu mulai mengadakan upacara. Bahkan sekarang di Israel sedang mengadakan upacara besar-besaran, namanya Barnitshva, dimana orang Israel dijadikan Yahudi saat berumur 12 tahun. Lalu masuk ke bait Allah untuk pertama kalinya membaca kitab gulungan Taurat. Setelah itu mereka dipotong rambutnya dan jadilah seorang Yahudi tulen. Semua didukung oleh pemerintah Israel, setiap hari senin ke 2 dan ke 4 mereka mengadakan upacara di sekitar tembok ratapan.

Akhir Zaman Dari Dulu Sampai Sekarang
Tuhan Yesus sudah mendengungkan tentang akhir jaman sejak 2000 tahun yang lalu,  saya cuman ngikutin aja. Kalau 2000 tahun yang lalu Tuhan Yesus sudah menceritakan tentang akhir jaman, apa salahnya saya juga menceritakan tentang akhir jaman yang memang sudah dekat sekali. Alkitab berkata ada 10 orang gadis yang sama-sama orang percaya, sama-sama mempersiapkan kedatangan Tuhan. Tapi yang satu acuh-acuhan dia pikir “Alaaa... sudahlah, paling nanti juga sampai!”. Dia tidak mempersiapkan dirinya dan pada saat itu dia ketinggalan. Lima orang yang sudah siap-siap menyambut kedatangan Tuhan hanya tinggal satu langkah tapi gagal masuk dalam kerajaan Allah hanya karena kehabisan minyak. Bukan berarti kita harus hidup dalam ketakutan tapi supaya berjaga-jaga dengan cara hidup kita dan yang kedua supaya kita menghasilkan buah sesuai dengan panggilan Tuhan, sehingga kita tidak bisa main-main lagi. Saya ingin menekankan mengapa perlunya bicara tentang akhir jaman, supaya saya bisa mempersiapkan orang-orang lebih baik untuk menghasilkan buah.

Berita tentang akhir jaman itu bukan sesuatu yang sesat bukan sesuatu yang salah bahkan itu adalah topik yang dibahas oleh Tuhan selama dalam 2 pasal dalam kitab Matius. Dalam Matius 24 dan 25, Yesus selalu menekankan akhir jaman. Jangan lupa seluruh kitab nabi-nabi juga bernubuat tentang tentang akhir jaman juga.

Mempersiapkan umat Tuhan dalam menantikan kedatangan Tuhan harus dimulai dengan belajar mengerti tentang tanda-tanda akhir jaman. Sekarang  kita sadar bahwa kita ini hidup dalam suatu generasi yang mungkin bisa dikatakan adalah generasi terakhir. Nah, sebagai the last generation kita akan melihat banyak penggenapan nubuatan dan tanda yang telah tertulis. Inilah waktunya kita lebih serius.

Ev. Peter Tjondro, pendiri Yayasan Mission Care (Yayasan Mitra Indonesia) yang membantu kehidupan hamba-hamba Tuhan di desa-desa. Saat ini sudah membantu lebih 3.883 orang hamba Tuhan. Visi dan misinya adalah membantu 5000 hamba Tuhan di Indonesia.


1 comment:

  1. Pembangunan bait suci Yerusalem sedang dilakukan menandakan akhir jaman sudah dekat

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com