Tuesday, February 14, 2012

PERGAULAN

Selamat!!! Selamat ya buat kamu-kamu yang udah keterima di sekolah or kampus baru.
Tahun ajaran baru, suasana baru, tempat baru… dan juga pastinya teman-teman baru. Hati-hati lho pilih-pilih teman or sohib lantaran firman Tuhan sendiri bilang: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik (1Korintus15:33). Trus gimana dong kita bisa pilih teman atau sahabat yang baik? Simak tips ngorek pribadi en milih temen baru buat dijadiin sohibn kamu:

1.    Dia punya kehidupan yang baik. Hati-hati dengan orang yang suka ngebo’ong, nyontek, ngomong jorok. Yeus bilang orang itu ketauan dari buahnya (perbuatannya) (Mat 12:33)
2.    Dia menghormati prinsip temannya. Misalnya kamu berprinsip (tentunya yang sesuai Firman Tuhan): “Nyontek itu dosa”, kalo dia tetep maksa or ngedorong kamu nyontek berarti dia bukan seorang teman baik.
3.    Dia suka memberi (dan juga mau menerima). Perhatian, bantuan dsb, ada saatnya dia ngasih ada saatnya juga dia dikasih ama kamu.
4.    Dia mau terima untuk saling “manajamkan”. Tuhan bilang: manusia menajamkan sesamanya (Ams 27:17). Kalo bentrokan dikit aja dia ngambek berkepanjangan berarti harus ada yang diberesin.
5.    Bisa saling menasehatin dan membangun (1Tes5:11). Teman yang baik selalu ingin temannya berhasil, maju, bukan memanipulasi atau memanfaatkan temannya.
6.    Dia bisa keep your secret. Kadang kita punya rahasia yang orang laen gak tau bahkan ortu kitapun gak tau, tapi temen baik kitalah yang tau.
7.    Dia memperlakukan orang lain dengan baik. Kalo dia suka memperlakukan tidak baik kepada orang lain maka suatu saat dia akan melakukannya padamu.
8.    Dia mau terbuka. Jika kita terbuka, saling mengaku jika ada dosa maka kita bisa saling mendoakan dan saling menjaga.

PERLU DIPERHATIKAN
Tentunya enak aja kita milih-milih temen buat kita jadiin sohib, itu berarti kitapun harus menjadi teman atau sohib yang baik bagi orang tersebut, so tips diatas buat kamu lakuin juga sebagai sohib.
Trus bukan berarti orang yang tidak memenuhi kriteria diatas kamu singkirkan, justru kamu harus jadi terang diantara mereka dan bahkan mungkin menjadi teman mereka sebatas apa yang dikatakan Firman Tuhan, hati-hati pengaruh teman sangat besar, mereka seperti tombol lift yang membawa kamu ke atas atau ke bawah.

“Ada teman yang mendatangkan kecelakaan tetapi adapula sahabat yang lebih karib daripada seorang saudara.” (Amsal 18:24).
(disadur bebas dari “Choosing Your Friends” Eastman Curtis)

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com