Tuesday, June 15, 2010

Sex & Love According to Videogames



Game pada dasarnya mengambil ide-ide kompleks untuk kemudian digodok menjadi sesuatu yang sederhana. Dalam prosesnya, ada banyak hal yang lost in translation. Tapi inti hidup ini: mission hidup kita harus jelas, meski 2nd choice selalu ada.

About life
Hidup bisa jadi sangat sederhana, tergantung dari misi yang diberikan. Cuman perlu ngurusin posisi balok-balok supaya matching satu sama lain - gampang kan? Atau membabat pesawat alien atau pergi menjelajah untuk menyelamatkan dunia. Yang jelas, misinya selalu gamblang, ngga ada pertanyaan “apa sih tujuan hidupku?”

About love
Cinta juga perkara mudah di sini. Selesaikan saja misinya - sering kali si misi memang menyelamatkan si pujaan hati. Kalau misinya lebih megah, seperti menyelamatkan dunia dari raja iblis, pasangan hidupmu bakal muncul. Kalau memang bisa terjadi sesuai skenario itu dalam hidup nyata, asyik ya?

it’s not always romantic
Dalam game Final Fantasy VI, Terra yang setengah manusia setengah esper berusaha mencari tahu apa itu cinta. Kalau skenarionya begini biasanya muncul semacam karakter “knight in shining armor” sebagai love interest, tapi ternyata Terra juga mengerti what love is saat ia melindungi sekumpulan anak-anak yatim piatu dari serangan monster.

about sex
Pada mulanya, dunia videogames ini murni. Lalu yang namanya produser berpikir untuk menaikkan penjualan. Maka hadirlah seks di dunia ini. Tapi para orang tua yang peduli merasa tergangggu, maka dimulailah perang panjang untuk menghalau seks dari video game. Ternyata demo para orang tua berdampak buruk bagi penjualan, maka si produser kini lebih berhati-hati.

not getting the girl = bad ending
Misalkan si game punya multiple ending berdasarkan jumlah calon pasangan yang bisa dipilih, ending di mana kamu berakhir tanpa pasangan selalu dianggap sebagai bad ending.

there’s always 2nd chance
Hidup jadi berantakan? Ngga usah kuatir. Tinggal tekan restart. Salah pilih pasangan? Tinggal nge-load. Ulang ulanglah hidupmu sesukamu!

1 comment:

  1. hello g fresh..
    aku mw numpank tanya nih..
    knp majalah g fresh nggak di jual lg??

    ReplyDelete

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com