Wednesday, June 13, 2007

KONTROVERSI LOGO PEACE

Dua surat protes datang ke kantor gue gara-gara gue muatin foto orang pake kaos bergambar logo peace/perdamaian di majalah gue. Yang satu bilang, lambang ini adalah lambang setan. Yang satu lagi bilang kalo lambang ini adalah lambang penghinaan terhadap Kristus (karena berasal dari salib terbaik yang dipatahkan). Ini bikin gue nyarinyari di internet, sejarah dari lambang yang terkenal itu. Ternyata ada perdebatan soal asal-usul lambang ini.

- Lambang ini katanya berasal dari huruf NDP (Campaign for Nuclear Disarmament) dari bendera semaphore sebagai simbol anti nuklir.
- Lambang ini katanya berasal dari 3 jari burung gagak lambang kematian yang digabung dengan lingkaran lambang kehidupan kekal. Simbol ini juga untuk kampanye anti nuklir.
- Lambang ini katanya berasal dari salib yang dipake untuk menyalibkan Petrus dan kemudian dipatahkan ole Kaisar Nero.
- Lambang ini katanya dipakai oleh komunis Nazi.
- Lambang ini katanya berasal dari lambang pemujaan setan yang dipake di abad pertengahan.

Nah, gue pusing deh mana yang bener. Tapi gue pikir, yang pasti lambang ini SEKARANG adalah lambang perdamaian, semua orang di dunia tau kalo ada yang pasang lambang ini, itu artinya lambang perdamaian, sekalipun asal-usulnya ‘gelap’. Apa yang lambang itu ‘represent’ sekarang lah yang penting. Apa yang diinterpretasikan orang sekarang lah yang dipake.

Kalo kita gak mau pake lambang itu gara-gara sejarah lambang itu dulunya buruk, it’s oke, tapi kalo begitu sebaiknya kita juga gak pake lambang salib, sebab salib dulunya adalah lambang kriminalitas dan kehinaan. Jadi kalo kita pake kalung salib, berarti kita penjahat dong? (F! http://www.budchrist.blogspot.com/)

No comments:

Post a Comment

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com


MamaOla