Saturday, June 2, 2012

MISTERI WARNA DI ALKITAB


MISTERI WARNA DI ALKITAB
Alkitab kita ternyata penuh misteri. Semua yang ada di Alkitab itu punya arti tersendiri, mulai dari nama, angka sampe warna. Jadi bukan suatu kebetulan kalo misalnya Tuhan nyuruh Musa pake warna tertentu buat bikin kemah suci, ato bukan kebetulan kalo ada beberapa warna muncul di Alkitab. Yuk, kita sama-sama liat warna apa aja yang ada di Alkitab en apa artinya?

Merah   
Merah berani. Bukan-bukan, itu sih kata orang Indonesia. Kalo di Alkitab merah itu ngelambangin penebusan. Kenapa penebusan? Coba baca lagi di Alkitab, dari zamannya Perjanjian Lama sampe Perjanjian Baru, tiap kali ada orang yang mo minta penebusan dari dosa, mesti ada binatang yang dikorbankan. Artinya mesti ada darah yang dikorbankan en darah itu warnanya… merah! Jadi nggak heran kalo merah itu di Alkitab identik sama yang namanya penebusan.

Biru
Kata orang warna biru itu artinya kalem, nggak meledak-ledak. Tapi di Alkitab warna biru itu muncul di kemah suci. Di Alkitab bahasa Indonesia warna biru emang nggak muncul, karena diterjemahin jadi ungu tua, tapi kalo di Alkitab bahasa Inggris, warna biru disebutin, kayak di Keluaran 26:31,36

Haruslah kaubuat tabir dari kain ungu tua (biru – bhs inggris), dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya; haruslah dibuat dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun....Juga haruslah kaubuat tirai untuk pintu kemah itu dari kain ungu tua (biru – bhs Inggris), kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya: tenunan yang berwarna-warna.

Nah, karena biru munculnya di kemah suci, makanya warna biru itu identik sama kemuliaan Tuhan.

Ungu
Ungu bukan warna jomblo ya... ungu di Alkitab itu lambangin kebangsawanan. Di Alkitab warna ungu itu cuman boleh dipake sama orang yang punya kedudukan tinggi ato bangsawan. Contohnya aja kayak Mordekhai waktu diangkat jadi warga kehormatan, dia pake jubah warna ungu (Ester 8:15). Di kemah suci warna ungu juga dominan, soalnya Tuhan kita itu ‘kan bangsawan segala bangsawan jadi Dia layak dong make jubah ungu kehormatan itu.

Putih
Kalo warna putih di bendera kita artinya suci, di Alkitab juga sama. Putih artinya suci. Hampir di semua ayat yang nyebutin kata putih, biasanya selalu ada hubungannya sama kekudusan ato kesucian. Contoh aja di Mazmur 51:7

Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!

Ato di Wahyu 19:8

Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)

Emas  
Di Alkitab, warna emas itu identik sama Tuhan. Liat aja gimana kemah suci Musa itu penuh sama emas, mulai dari hiasannya, tiang-tiangnya sampe Tabut Perjanjian. Semua dibuat dari emas. Malah ada salah satu buku yang bilang kalo kemah suci Musa itu kayak rumah emas di tengah padang gurun. Terus inget juga gimana bait suci Salomo yang dibuatnya dari emas, luar dalam. Terus dalam penglihatan Yohanes tentang Surga, kita liat kalo di Surga jalannya aja dari emas. So, nggak heran kalo warna emas di Alkitab itu ngelambangin kemuliaan Tuhan. 

Tembaga
Tembaga itu bukan logam asli, tapi logam campuran. Karena sifatnya yang campuran logam itu, warna tembaga dipake buat lambangin sesuatu yang nggak kudus ato dosa. Inget aja gimana pas orang Israel mengeluh en Musa bikin ular tembaga. Warna tembaga juga bisa dipake buat lambangin kekuatan manusia yang harus dikalahin sama Tuhan, coba bandingin sama baju zirah tembaga yang dipake sama Goliath yang akhirnya harus kalah sama Daud (1 Samuel 17:4-6)

Hitam
Di mana-mana warna hitam itu biasanya dipake buat lambangin sesuatu yang gelap, suram, negatif. Di Alkitab juga sama. Warna hitam di Alkitab lambangin kesedihan, hukuman, kematian. Contohnya ada di Ratapan 4:8

Pemimpin-pemimpin lebih bersih dari salju dan lebih putih dari susu, tubuh mereka lebih merah dari pada merjan, seperti batu nilam rupa mereka.Sekarang rupa mereka lebih hitam dari pada jelaga, mereka tidak dikenal di jalan-jalan, kulit mereka berkerut pada tulang-tulangnya, mengering seperti kayu.

So, jangan salah, nggak ada yang kebetulan di Alkitab. Semua ada artinya, biar cuman hal-hal kecil sekalipun. (dp)

 
Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

1 comment:

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com