Sunday, December 25, 2011

8 SIMBOL TUHAN



8 SIMBOL TUHAN
Di Alkitab kita bakal sering liat kalo Tuhan hobi banget buat nampilin diriNya lewat simbol-simbol ato lambang-lambang tertentu. Yang uniknya, tiap simbol yang Tuhan pilih buat nunjukkin diriNya itu selalu menggambarkan salah satu sifatNya. Nah di bawah ini GF! kasih liat 8 simbol yang Tuhan sering pake buat nunjukkin diriNya di Alkitab. (dp)

·          Api
“Sebab Allah kita adalah api...” Ibrani 12:29

Api itu panas (ya iyalah masa dingin...). En yang namanya panas itu selalu bikin orang nggak bisa diam. Coba aja taruh api di bawah kursi GF!ers dijamin nggak akan bisa diam. Nah Tuhan itu kayak api maksudnya Dia itu bukan Tuhan yang suka diam. Dia itu Tuhan yang aktif. Coba aja liat di Kejadian, gimana aktifnya Dia bikin dunia en isinya, ato di Keluaran, gimana Dia aktif ngurusin bangsa Israel, ato di kitab Injil, gimana aktifnya Dia menyelamatkan manusia. Makanya nggak salah kalo Dia pake api buat melambangkan diriNya. 

·          Singa
“Singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud” Wahyu 5:5

Siapa sih yang nggak kenal singa, si raja hutan? Sekali ‘auum’ semua binatang pada takut. Nah sama kayak singa yang dikenal sebagai raja hutan, Tuhan kita juga dikenal sebagai raja. Cuman bedanya kerajaan Tuhan bukan segede hutan kayak ‘kerajaan’-nya singa. Kerajaan Tuhan itu seluruh dunia, man.

·          Anak domba
“Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” Yohanes 1:29

Di Perjanjian Lama, anak domba dipake buat jadi korban pengampunan dosa. Tiap orang yang udah bikin dosa, mesti bawa satu anak domba buat dikorbanin, biar Tuhan nggak marah sama dia. Nah di jaman Perjanjian Baru, anak domba itu udah nggak perlu lagi, soalnya Yesus udah ambil alih tugasnya anak domba itu. Dia dikorbanin sebagai korban tebusan buat semua orang yang bikin dosa. Makanya Yesus sering disebut Anak Domba Allah.

·          Orang tua di tahta
“... duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba” Daniel 7:9

Simbol Tuhan yang satu ini emang agak kurang terkenal. Di Alkitab juga cuman sekali-kalinya Tuhan nunjukkin diriNya sebagai orang tua di tahta itu di kitab Daniel. Nggak ada lagi di kitab yang lain. Tapi dengan ngegambarin diriNya sebagai orang tua di tahta, Tuhan mo kasih liat kalo Dia itu Tuhan yang eksis. Biar Dia udah ada sejak jaman dunia belum ada (kebayang dong seberapa ‘tua’nya Tuhan kita), Dia masih eksis sampe sekarang. Buktinya di kitab Daniel aja Dia digambarin masih memerintah sebagai raja (biar udah tua juga).   

·          Matahari
“Sebab TUHAN Allah adalah matahariMazmur 84:12

Pernah dengar kalo Tuhan dilambangin sebagai matahari? Agak jarang ya. Tapi Dia emang menyatakan diriNya sebagai matahari. Sama kayak matahari yang kasih kehidupan sama kita-kita yang ada di bumi, Tuhan juga kasih kehidupan sama kita semua yang percaya sama Dia. Makanya nggak salah deh kalo Dia pake matahari buat gambarin diriNya.

·          Bapa
“Allah, Bapa kitaRoma 1:7

Di Perjanjian Baru, Tuhan sering nyatain diriNya sebagai bapa. Ini nunjukkin Sifat Tuhan yang penyayang, pemelihara, persis kayak bapa (ayah) di dunia. Yang namanya ayah itu ‘kan emang tugasnya menjaga, melindungi, memelihara keluarganya. Nah seperti itulah Tuhan kita. Dia yang bakal memelihara, melindungi dan menjagai kita. 

·          Merpati
“namanya... Raja Damai” Yesaya 9:6

Waktu Yesus dibaptis sama Yohanes Pembaptis, turunlah Tuhan ke atasNya dalam bentuk seekor burung merpati. Di mana-mana, di seluruh dunia orang suka pake burung merpati sebagai lambang perdamaian. PBB aja pake merpati sebagai lambang perdamaian. Makanya nggak salah kalo Tuhan juga pake burung merpati buat ngelambangin diriNya, soalnya Dia itu juga ‘kan disebut ‘Raja Damai’. 

·          Rajawali
“Laksana rajawali... demikianlah TUHAN” Ulangan 32:11-12

Tuhan sering pake rajawali buat gambarin diriNya karena emang ada banyak kesamaan antara Dia dengan rajawali. Contohnya, gimana tajamnya mata rajawali liat mangsa, sama tajamnya sama mata Tuhan yang liat kita. Cepatnya rajawali menyambar mangsa, sama dengan cepatnya Tuhan menolong kita. Tingginya rajawali bikin sarang juga sama dengan tingginya Tuhan kita punya ‘sarang’ (maksudnya Sorga). Makanya nggak salah kalo Dia pake rajawali buat gambarin diriNya.

1 comment:

copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com